Siapapun Bisa Melakukannya, Wajar Bila Banyak Yang Gemar Melakukan Kegiatan Ini!

Posted on

Camping merupakan kegiatan luar ruangan yang dianggap cocok bagi segala umur. Tak mengherankan jika kegiatan ini populer di tiap tahunnya.

Aktifitas harian kadang membuat kejenuhan bagi kebanyakan orang. Baik itu aktifitas bekerja, mencari ilmu dan lain sebagainya.

DISKON KURSUS 2 JUTAAN* Dan dapatkan hadiah merchandise menarik*. Buruan dapetin ▶ 💰 BURUAN KLAIM!Belajar Inggris di EF English First. Belajar semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Rutinitas yang biasa dilakukan ini memang bagus, Cuma ada satu waktu dimana Anda akan merasa kehilangan fokus. Hal ini dikarenakan oleh kejenuhan yang muncul sehingga mencari aktifitas lain dirasa penting untuk mengembalikan fokus Anda.

Aktifitas penyegaran otak ini bisa berupa apa saja. Misalnya adalah liburan, berkunjung ke rumah nenek/kakek, ikut kursus bahasa Inggris yang menyenangkan dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang belum memutuskan mau melakukan apa di waktu libur, berkemah adalah aktifitas yang bagus untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan oleh banyaknya manfaat yang akan Anda dapatkan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Camping/Kemah?

https://ireztia.com/

Siapapun familiar dengan camping/kemah. Kegiatan ini sudah lama dilakukan oleh orang, contohnya ketika duduk di bangku sekolahan.

Berkemah memang menjadi kegiatan yang biasa dirutinkan di sebuah instansi pendidikan. Minimal sekali dalam setahun pada hari-hari khusus.

Sementara bagi orang dewasa, camping ini bukanlah bagian dari rutinitas tahunan. Melainkan satu kegiatan yang dianggap baik dilakukan ketika memiliki waktu bebas.

Tentu aktifitas ini tidak dilakukan perorangan. Minimal, orang dewasa akan melakukan kegiatan ini bersama keluarganya. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan berkemah?

Kemah/camping merupakan kegiatan luar ruangan dengan tujuan untuk rekreasi. Kegiatan ini dilakukan untuk sejenak beristirahat dari penatnya perkotaan untuk menikmati keindahan alam sekitar. Kegiatan ini seakan berbaur dengan alam, membuat sebuah rumah darurat menggunakan tenda.

Berhubung kemah ini aktifitas luar ruangan, maka tempat yang digunakan adalah yang berada di lokasi terbuka. Dan yang terbaik adalah ruangan yang aman, memiliki pemandangan yang menarik untuk menyegarkan fikiran.

Manfaat Yang Didapatkan Ketika Berkemah

http://www.convicon.com/

Faktanya, banyak orang tertarik untuk berbaur dengan alam. Dan berkemah adalah salah satu cara yang bisa ditempuh untuk bisa menyatu dengan alam.

Mengenai manfaatnya, berkemah ini bisa dikatakan sangat menarik. Diantara manfaat berkemah antara lain:

– Menumbuhkan rasa cinta pada alam

Alam memberikan segalanya, baik itu suasana yang menyegarkan sampai hasil bumi yang ditawarkan semisal air, makanan dan lain sebagainya.

Kondisi alam yang baik akan menciptakan suasana yang menyenangkan, memberikan kesegaran, bahkan memberikan rasa aman bagi orang.

Ketika alam rusak, maka bencana alam bisa saja terjadi. Contohnya adalah banjir, longsor, maupun polusi akibat kebakaran.

Menyadari akan pentingnya alam, Anda tentu perlu turut berpartisipasi dalam menjaganya. Minimal Anda menaruh perhatian lebih pada alam. Bahkan bisa mengajari anak-anak untuk lebih cinta pada lingkungan. Salah satu cara mengajarkan kepedulian ini adalah dengan melakukan kegiatan camping.

– Menyehatkan tubuh

Manfaat camping yang lainnya adalah menyehatkan tubuh. Sehatnya tubuh lantaran orang yang berkemah akan selalu kontak langsung dengan suasana alam yang lebih bersahabat. Misalnya, Anda bisa menghirup udara segar dari alam.

Tak hanya itu saja, kegiatan yang dilakukan seperti berjalan, mengumpulkan kayu selama berkemah menjaga tubuh lebih aktif. Ini membuat sejumlah fungsi tubuh optimal.

– Memupuk sifat kerjasama

Dalam berkemah, Anda selalu pergi bersama orang lain. Minimal dua orang jika Anda berkemah secara pribadi seperti pergi bersama pasangan.

Di dalam menjalankan kegiatan ini, tentu ada banyak hal yang akan dilakukan bersama teman. Misalnya mendirikan tenda, melengkapi sesuatu yang ada di tenda dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya hal yang akan dilakukan, pembagian tugas dan saling menolong adalah solusinya. Dan ini diperlukan kerjasama yang besar untuk mewujudkan tempat yang baik di saat berkemah.

– Memupuk sifat disiplin

Selama menjalankan camping, ada aturan yang harus ditaati oleh setiap anggotanya. Contohnya adalah aturan jam tidur, jam bangun pagi, dan jam melakukan kegiatan yang bakalan dilakukan oleh setiap anggotanya.

Semua aturan ini harus dilakukan setiap anggota, tentunya dengan kedisiplinan tinggi supaya tidak berbenturan dengan kegiatan lainnya.

Hal Yang Sebaiknya Segera Dilakukan Ketika Berkemah

https://s3.amazonaws.com/

Kegiatan berkemah merupakan kegiatan outdoor. Lantaran dilakukan di luar ruangan, Anda perlu melakukan berbagai hal dengan segera. Diantaranya adalah sebagai berikut ini!

– Segera mendirikan tenda sebelum matahari terbenam
– Lakukan pemeriksaan di sekitar tenda untuk memastikan keamanannya
– Cek kondisi tanah untuk mengantisipasi datangnya hujan
– Jauhkan semua benda yang mudah terbakar
– Pastikan memberikan penerangan yang cukup

Beberapa hal tersebut wajib segera dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat berkemah. Selain memperhatikan hal di atas, Anda juga perlu menghindari beberapa hal. Diantaranya adalah jangan memilih tempat yang gelap, jangan berkeliaran di hutan sendirian, serta jangan meninggalkan makanan sembarangan.

Nah, jika Anda ingin mengisi waktu libur, berkemah di alam terbuka yang aman adalah pilihan tepat. Jadi, sudahkah Anda menentukan lokasi untuk Camping saat ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published.