Resep Warisan Batagor Spesial Asli Bandung

batagor

Daftar Isi Lebih Detail

Siapa yang tidak kenal dengan batagor. Kuliner khas Bandung yang satu ini bisa dengan mudah ditemukan dihampir setiap titik Kota Bandung. Namun bagi Anda yang belum sempat berkunjung ke Bandung, sebenarnya Anda bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah.

Apa itu Batagor? Batagor yang merupakan akronim dari bakso tahu goreng adalah salah satu jajajan khas Bandung yang mengadaptasi gaya dari Tionghoa-Bandung. Saat ini batagor sudah dikenal hampir di seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Secara umum, jajajan khas Bandung yang satu ini dibuat dari tahu yang kemudian dilembutkan dan diisi dengan adonan berbahan ikan tenggiri dan tepung tapioka lalu dibentuk menyerupai bola kemudian digoreng dalam minyak panas hingga matang.

Sejarah Awal Mula Batagor

Image Source: blogspot.com

Menurut sejarahnya, batagor ini bermula dari seseorang yang bernama Isan yang memulai usaha baru di rumah kontrakannya yaitu di Gang Situ Saeur, Bandung sekitar tahun 1970-1980-an.

Isan muda ini sebenarnya adalah anak perantauan yang berasal dari Purwakarta, Jawa Tengah yang kemudian mencoba mengadu nasib di Kota Bandung dengan niatan untuk mencari pekerjaan.

Dan ternyata mencari pekerjaan di Bandung bukanlah perkara yang mudah. Dan di sisi lain ia juga menyadari jika dirinya kurang memiliki ketrampilan. Dirinya sempat lontang-lantung selama tiga bulan.

Bisa Belajar Bahasa Inggris Cepat di sini!

Untuk mengisi waktu supaya tidak mengaggur, Isan kemudian memutuskan untuk ikut jualan bakso keliling. Suatu ketika, dagangannya tidak habis. Setelah itu Isan memiliki ide untuk menggorang bakso yang tidak habis tadi.

Lalu hasil gorengannya dibagi-bagikan secara cuma-cuma ke tetangga sekitar kontrakannya. Dan pada saat dagangannya tidak habis Isan selalu melakukan hal seperti ini. Dan ternyata hal ini menjadikan para tetangganya mulai ketagihan dengan bakso goreng buatannya.

Bahkan suatu hari banyak tetangganya yang bermaksud ingin membeli dan tidak mau lagi mendapatkan gratisan. Sejak itulah Isan dan juga para tetangganya menyebut bakso tahu goreng buatan Isan dengan akronim “batagor”.

Bahan Resep Batagor Spesial Bandung

Ingin membuat batagor spesial asli Bandung, berikut ini adalah beberapa bahan yang harus Anda persiapkan:
1. Siapkan daging ikan tenggiri atau fillet-nya sebanyak 250 gram lalu cuci bersih dan haluskan.
2. 100 gram tepung sagu.
3. 1 butir telur ayam.
4. 50 ml santan encer.
5. 2 sendok makan merica yang sudah dihaluskan.
6. 1 sendok teh garam
7. 1 sendok teh gula pasir
8. 3-4 siung bawang putih. Kupas dan iris tipis-tipis untuk tumisan.
9. 1 sendok makan kecap kental manis.
10. 15 lembar kulit pangsit.
11. Minyak gorang secukupnya.

Proses Pembuatan Batagor Spesial Asli Bandung

Setelah semua bahan dipersiapkan, untuk proses pembuatannya adalah seperti ini:
1. Tumis terlebih dahulu bawang putih, merica halus, garam, gula pasir, dan kecap manis.
2. Ambil wadah yang cukup besar lalu masukkan bumbu-bumbu yang Anda tumis tadi lalu campurkan dengan ikan tenggiri yang sebelumnya sudah Anda haluskan. Kemudian aduk sampi rata.
3. Selanjutnya masukkan telur, tepung sagu, santan encer, dan satu sendok makan minyak gorang. Setelah itu aduk dan campur sampai merata.
4. Kemudian siapkan kulit pangsitnya. Lalu buka dan rentangkan kulitnya kemudian isi dengan adonan yang sudah Anda buat tadi. Setelah itu lipat kembali dan ujungnya sedikit dilipat.
5. Yang terakhir adalah siapkan penggorangan dan usahakan minyaknya yang banyak supaya batagor bisa terendam semua. Usahakan pada saat menggorang apinya jangan terlalu besar. Tunggu sampai batagor berubah warna kuning kecoklatan.

Bahan untuk Membuat Bumbu Kacang Batagor Spesial Bandung

Image Source: unycommunity.com

Untuk membuat bumbu kacang batagor, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut ini:
1. 100 gram bumbu kacang yang sudah dihaluskan. Bisa membuatnya sendiri atau membelinya dalam bentuk yang sudah jadi.
2. Cabai merah secukupnya.
3. Bawang putih secukupnya.
4. 2 sendok gula pasir.
5. 1 sendok teh garam dapur.
6. Kecap manis sesuai selera.
7. Jeruk nipis secukupnya. Peras dan ambil airnya.
8. Air panas secukupnya.
9. Dan minyak gorang untuk menumis.

Cara Membuat Bumbu Batagor Spesial Bandung

Tanpa bumbu kacang, rasa batagor tidaklah sempurna. Sebab bumbu kacang ini bisa dibilang penyedap rasa dari batagor ini. Untuk cara membuatnya adalah sebagai berikut ini:
1. Tumis terlebih dahulu bawang putih dan cabai sampai baunya harum.
2. Tambahkan garam dapur, gula pasir, kecap manis, dan kacang goreng yang sudah Anda haluskan sebelumnya. Tambahkan air secukupnyan dan tunggu sampai kental.

Sebenarnya sesimpel itulah cara membuat batagor spesial asli Bandung ini. Tentunya Anda bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah. Namun apabila berkunjung ke Kota Bandung, jangan sampai Anda melewatkan makanan khas Kota Bandung yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *