Resep Turun-temurun Gulai Balak Khas Lampung

gulai balak

Daftar Isi Lebih Detail

Salah satu kekayaan kuliner yang ada di Indonesia adalah gulai balak. Memang terdengar sedikit agak unik dari segi namanya. Namun dari segi rasa dijamin Anda pasti ketagihan, Apalagi bagi Anda para penyuka gulai.

Pada saat mendengar gulai balak tentunya yang langsung terlintas dipikiran adalah gulai untuk menolak balak. Atau bahkan gulai yang bisa mendatangkan balak. Atau mungkin pikiran-pikiran aneh lainnya.

Padahal gulai balak ini tidak ada sangkut-pautnya sedikitpun dengan hal-hal semacam itu. Lantas sebenarnya Apa Itu Gulai Balak? Kemudian kenapa dinamakan dengan gulai balak? Lantas bagaimana cara membuatnya?

Gulau balak ini sebenarnya merupakan masakan khas Lampung yang dibuat dengan menggunakan daging kambing atau bisa juga dengan menggunakan daging sapi. Setelah itu dimasak dengan menggunakan santan dan rempah-rempah khas daerah Lampung.

Gulai sendiri sebenarnya merupakan sejenis makanan dengan bahan utama bisa dari kambing, sapi, aneka jenis ikan, daging ayam, jeroan aneka jenis daging lain, atau bahkan juga ada yang berbahan utama sayuran seperti daun singkong dan nangka muda yang dimasak dalam kuah bumbu rempah.

Ciri khas dari gulai ini adalah dari bumbunya yang kaya sekali akan rempah. Contohnya saja seperti jahe, lengkuas, kunyit, lada, ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabai merah, pala, adas, kayu manis, serai, dan jintan yang dihaluskan yang dicampur lalu dimasak dalam santan.

Belajar Bahasa Inggris Online di sini!

Gulai ini juga memiliki ciri khas berwarna kuning dikarenakan perngaruh dari kunyit. Masakan ini dianggap juga sebagai bentuk lain dari kari. Di dunia internasional, gulai ini sering sekali disebut dengan kari ala Indonesia.

Awal Mula Penamaan Dari Gulai Balak

Dari segi bahasa, balak ini memiliki arti besar di dalam bahasa Indonesia. Jadi secara harfiah, gulai balak ini memiliki arti gulai besar. Meskipun pada kenyataannya tidak sebesar yang dibayangkan.

Arti dari balak di sini sebenarnya adalah makan besar. Sebab umumnya gulai balak ini sering disajikan dalam sebuah perayaan atau hajatan khas daerah Lampung yang disebut dengan Nyerit.

Dikarenakan gulai yang satu ini sering ditemukan pada saat perayaan besar yang ada di daerah Lampung maka lama kelamaan gulai yang satu ini dikenal dengan nama gulai balak. Yang berarti gulai yang sering disajikan di dalam acara besar.

Cara Membuat Gulai Balak

Sebenarnya untuk membuat masakan gulai balak ini cukup mudah. Sebab untuk membuat masakan tradisional seperti ini, bahan dan juga bumbunya banyak tersedia dan mudah sekali untuk didapatkan.

Image Source: farlys.com

Jika Anda ada keinginan untuk membuat gulai balak, di bawah ini adalah resep gulai balak asli Lampung yang bisa Anda ikuti. Dan selamat mencobanya.

Bahan-bahan untuk Membuat Gulai Balak

Pada saat Anda ingin membuat gulai balak sendiri di rumah, beberapa bahan yang haris Anda pesiapkan adalah 3 sendok makan minyak goreng, 3 siung bawang putih rajang dan haluskan, 5 siung bawang merah rajang dan juga haluskan.

Jangan lupa untuk menyiapkan 1 buah kapulaga, lalu ½ buah pekak, kemudian ¼ butir biji pala, lalu 5 butir cengkih, kemudian 3 sendok teh cabai giling, lalu 1 sendok makan bumbu gulai siap pakai, 700 ml santan, dan 750 gram daging kambing lalu potong susuai selera.

Bumbu-Bumbu yang Dihaluskan untuk Membuat Gulai Balak

Setelah Anda menyiapkan bahan-bahan untuk membuat gulai khas Lampung ini, lanjutkan dengan menyiapkan bumbu-bumbu yang dihaluskan saat ingin membut gulai balak. Langsung saja haluskan 1 cm jahe, 1 cm kunyit, dan 1 cm lengkuas.

Selain itu, tambahkan juga 5 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, lalu 1 sendok teh gula pasir, kemudian tambahkan juga 1 ½ sendok teh garam, dan yang terakhir adalah tambahkan penyedap rasa jika Anda suka.

Cara Membuat Gulai Balak

Setelah persiapan di atas selesai, selanjutnya adalah proses pembuatan gulai balak istimewa khas Lampung. Langkahnya adalah seperti berikut ini:

1. Panaskan terlebih dahulu minyak gorang di dalam wajan lalu tumis terlebih dahulu bawang merah dan bawang putih hingga mengeluarkan bau yang harum.

2. Lanjutkan dengan memasukkan kapulaga, biji pala, pekak, cabai giling, cengkih, dan bumbu-bumbu gulai. Setelah itu tambahkan bumbu yang dihaluskan tadi lalu aduk-aduk hingga mengeluarkan bau yang harum dan matang.

3. Selanjutnya masukkan potongan daging kemudian aduk-aduk sampai daging berubah warna.

4. Yang terakhir, tutup wajan dan kecilkan api. Tunggu sampai airnya habis. Kemudian tuangkan santan lalu tunggu sampai dagingnya empuk.

5. Setelah dirasa matang lalu angkat dan bisa disajikan dengan bahan pelengkap lainnya.

Sebenarnya sesimpel itulah cara memasak dari gulai balak khas Lampung ini. Anda juga bisa meniru budayanya juga, yakni menyajikan gulai balak ini pada saat ada hajatan besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *