Mengenal Sejarah Tentang Lontong Sayur Khas Betawi

Posted on

Lontong Sayur Khas Betawi tidaklah sulit ditemukan di ibu kota, keberadaan kuliner ini menunjukkan kalau makanan ini memang mencirikan kekhasan budaya Betawi yang mendiami kawasan tersebut untuk pertama kalinya.

Bicara mengenai kuliner, memang tidak akan lengkap jika Anda tidak mengetahui sejarahnya. Sejarah tentu menjadi penanda kalau kuliner tertentu ambil bagian dalam menentukan siapa yang memilikinya. Mempelajari sejarah kuliner sama pentingnya dengan belajar bahasa Inggris.

BELI KURSUS, GRATIS KURSUS! Dan dapatkan hadiah merchandise menarik*. Buruan dapetin ▶ 💰 DISKONBelajar Inggris di EF English First. Belajar semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Anda tidak pernah tahu apa yang terjadi di kemudian hari. Bisa saja, kuliner ini dianggap sebagai kuliner khas daerah lain.

Ini yang sebenarnya perlu diluruskan. Toh kenyataannya, kuliner ini menjadi penanda kalau Indonesia kaya akan suku bangsa, menandai adanya keragaman budaya yang mana mencirikan kekhasan Indonesia yang menjadi Negara kepulauan.

Salah satu pemerkaya kekhasan kuliner nusantara, kita mengenal yang namanya Lontong Sayur Khas Betawi. Seperti apa sejarah kemunculan kuliner tersebut?

Sejarah Mengenai Kemunculan Lontong Sayur Khas Betawi

blogspot.com

Cikal bakal kota metropolitan adalah Betawi. Betawi sendiri merupakan sebutan bagi penduduk asli yang menetap di Jakarta di masa lalu sampai saat ini.

Penduduk Betawi asli memiliki keragaman budaya yang dinamis. Bisa dilihat dari cara berbicaranya, sampai cara hidupnya, bangunan rumahnya, bahkan masakan khasnya.

Ikuti Video Wisata Jakarta bersama Iona dan Ebba (Sweden) : EF.ID/wisatajakarta

Seiring dengan perkembangan zaman, betawi memang mulai terpinggirkan. Banyak sekali bangsa yang masuk ke kota metropolitan dari dulu. Contohnya adalah bangsa portugis, arab, cina, dan lain sebagainya.

Kehadiran bangsa-bangsa ini kemudian memunculkan percampuran budaya. Tak mengherankan jika Jakarta memiliki budaya yang sangat beragam.

Dan betawi yang merupakan penduduk asli Jakarta mulai terpinggirkan. Bahkan nyaris punah ditelan waktu.

Meskipun begitu, keeksisan masyarakat betawi masih bisa terlihat sejauh ini. Contohnya adalah dengan bertahannya masakan khas yang dibuat oleh masyarakat betawi.

Contoh masakan yang masih bertahan adalah kerak telor, pindang, bahkan Lontong Sayur yang cukup mudah untuk Anda jumpai.

Kerak telor sendiri banyak sekali dijajakan oleh pedagang kaki lima. Sementara lontong sayur ini biasanya dijajakan di warung-warung.

Dulunya, lontong sayur ini hanya muncul pada perayaan hari besar seperti ketika tiba hari raya idul fitri dan idul adha.

Namun sekarang, lontong sayur tidak hanya tersedia di hari-hari besar. Melainkan telah tersedia di hari-hari biasa sebagaimana yang Anda jumpai saat ini.

Jika Anda memang berkunjung di Jakarta, amat disayangkan jika Anda tidak pernah mencicipi masakan khas betawi ini.

blogspot.com

Rasanya yang enak, dibuat oleh penduduk asli yang biasanya menghasilkan cita rasa yang lezat, membuat selera makan Anda semakin tinggi.

Lontong sayur khas ini juga bisa berupa ketupat. Ketupat atau lontong dipotong-potong, kemudian ditaburi dengan kuah yang membuat sajian ini terasa lebih nikmat.

Dalam pembuatannya, sayur yang dipergunakan biasanya memanfaatkan sayur labuh. Atau bisa menggunakan pepaya muda yang diiris-iris.

Sayuran ini menggunakan santan, dengan racikan bumbu penyedap khas betawi, tambahan kerupuk dan suiran ayam menjadikan sajian khas ini terlihat sangat komplit.

Ditinjau dari sisi kesehatan, Anda tentunya bisa melihat kalau sajian ini mengedepankan sayuran yang segar. Tentunya bagus untuk menjaga kesehatan Anda.

Bagaimana Cara Membuat Lontong Sayur Khas Betawi

i.ytimg.com

Ketupat sayur khas betawi ini memang hampir punah setelah Jakarta digerus oleh zaman seperti saat ini.

Kemoderan kawasan memaksa para penduduk aslinya agak menjauh dari keramaian. Tentunya, sajian khas ini juga mulai tersisihkan, terutama dengan lahirnya masakan khas eropa atau masakan instan lainnya.

Meskipun lahirnya masakan-masakan baru, lontong sayur ini tetap bertahan. Normalnya, sajian ini dijajakan oleh penduduk aslinya dengan membawa pikulan.

Bagi Anda yang ingin melestarikan sajian tersebut, tidak salah bila Anda perlu membiasakan untuk mengkonsumsinya. Salah satunya adalah dengan mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah.

Kami akan tunjukkan pada Anda bagaimana cara membuatnya. Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut ini.

– Bahan lontong sayur betawi

Bahan-bahannya cukup banyak. Diantaranya adalah kacang panjang, ebi kering, santan, serai dimemarkan, lengkuas, daun salam, minyak goreng serta kaldu bubuk rasa ayam.

Untuk bumbu yang harus dihaluskan antara lain cabe merah besar, bawang putih, bawang merah, terasi goreng, garam dan merica bubuk secukupnya.

Sebagi pelengkapnya, Anda membutuhkan ketupat atau lontong serta irisan bawang goreng dan kerupuk.

– Cara membuat sayur khas betawi

Pertama kalinya adalah panaskan minyak dalam panci. Kemudian tumis bumbu halus sampai harum.

Masukkan ebi, serai, lengkuas, daun salam bersamaan dengan santan untuk dididihkan. Baru kemudian masukkan pepaya muda yang telah diiris kecil-kecil, kacang panjang serta kaldu ayam tadi.

Masak sampai harum, angkat dan taburkan ke dalam mangkuk yang diisi dengan ketupat atau lontong yang telah dipotong.

Taburi bawang goreng dan kerupuk di atas lontong tersebut. Baru setelah itu Anda nikmati selagi masih hangat.

Demikianlah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat Lontong Sayur Khas Betawi ini. Jadi, sudahkah Anda menyiapkan seluruh bahannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *