Menelusuri Sejarah dan Makna di Setiap Sajian Teh Inggris

teh chamomile

Daftar Isi Lebih Detail

Teh Inggris identik dengan sore hari yang santai, pemandangan taman dengan deretan pepohonan, dan hidangan sederhana seperti kue-kue lezat. Sebagai salah satu tradisi ikonik di Inggris, teh telah mencatat perjalanan panjang dari sesuatu yang eksotis hingga menjadi bagian penting dari budaya Inggris dan kehidupan sehari-hari. 

Asal Usul dan Perjalanan Teh ke Inggris

Sejarah teh di Inggris diawali dengan ditemukannya tanaman Camellia sinensis di Asia Timur, khususnya China. Teh telah dikonsumsi di Tiongkok selama ribuan tahun, sejak zaman kuno dan diyakini memiliki khasiat penyembuhan dan relaksasi yang luar biasa. Selain China, teh juga ditanam di India, terutama di wilayah Assam dan Darjeeling.

Pertemuan antara orang Tionghoa dan pedagang dari negara Barat membawa teh ke Eropa. Orang Tionghoa sudah mengenal teh sejak lama, namun baru pada abad ke-17 teh menjadi populer di Eropa dan khususnya di Inggris. Selama abad ini, British East India Company mulai memasarkan teh dari China dan India, dan teh mulai menjadi produk mewah dan eksklusif.  

Teh sebagai Minuman Bangsawan

teh dan bangsawan

Pada awalnya, teh dianggap sebagai minuman eksklusif dan mewah di Inggris. Hanya bangsawan dan orang kaya yang bisa menikmati teh. Harga teh yang tinggi menjadikannya simbol status bagi orang kaya saat itu. Mereka memiliki peralatan makan yang mewah, seperti teko perak, cangkir dan piring porselen yang indah.

Teh Inggris dan gaya hidup santai

teh chammomile

Namun pada akhirnya harga teh mulai menurun akibat meningkatnya impor teh dari India. Hal ini membuka kesempatan untuk menikmati teh bagi kalangan menengah dan rakyat biasa. Pada abad ke-19, teh menjadi minuman yang populer di seluruh masyarakat Inggris.

Teh telah menjadi bagian dari gaya hidup Inggris yang santai. “Afternoon tea” adalah tradisi di masyarakat Inggris, di mana orang berkumpul di sore hari untuk menikmati teh ditemani kue dan suguhan kecil lainnya. Tradisi ini merupakan waktu untuk bersosialisasi, bercengkeraman santai dan menghilangkan penat setelah beraktivitas.  

Makna Sosial dan Budaya Teh Inggris

meminum teh

Teh juga memiliki makna sosial dan budaya yang mendalam bagi masyarakat Inggris. Tradisi minum teh telah menjadi simbol keramahan, kesopanan, dan kehangatan Inggris. Selama perang dunia dan masa-masa sulit lainnya, teh adalah minuman yang menenangkan dan membangkitkan semangat. Bahkan saat ini, teh dianggap sebagai minuman pemersatu masyarakat Inggris.

Teh telah berkembang pesat dan menarik dalam sejarah Inggris. Dari minuman mewah para bangsawan hingga bagian integral dari gaya hidup nyaman dan tradisi sosial, teh telah hadir dalam peradaban Inggris selama berabad-abad.

Teh bukan sekedar minuman tetapi juga membawa makna yang lebih dalam. Sepanjang sejarahnya, teh telah menjalin hubungan emosional dengan masyarakat Inggris dan merupakan warisan budaya yang tak ternilai harganya. Saat menyesap secangkir teh Inggris yang enak, kami juga merasakan bagian dari sejarah dan makna sosial yang telah membentuk tradisi minum teh ini hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *