Mencicipi Legitnya Olahan Ayam Bekakak Khas Sunda

ayam bekakak

Daftar Isi Lebih Detail

Jika berkunjung ke suatu daerah, kurang lengkap rasanya jika belum mencicipi olahan khas daerah tersebut. Berburu kuliner khas daerah tersebut sudah menjadi salah satu ritual yang wajib untuk dilakukan.

Jika suatu saat berkunjung ke tanah Sunda, jangan sampai lupa untuk mencicipi salah satu masakan khas Sunda yang dijamin bisa membuat lidah Anda bergoyang. Namanya adalah ayam bekakak.

Memangnya apa itu ayam bekakak? Ayam bekakak ini merupakan olahan ayam utuh yang cara masaknya dengan dibakar lalu diungkep dengan racikan bumbu manis. Untuk di Jawa Barat sendiri, umumnya ayam bekakak ini disajikan pada hari-hari istimewa, misalnya saja seperti sunatan dan pernikahan.

Namun meskipun umumnya olahan khas Sunda yang satu ini seringnya disajikan pada saat hari-hari besar saja, Anda masih tetap bisa menikmatinya dihari-hari biasa. Sebab banyak rumah makan di Jawa Barat yang menyediakan menu ayam bekakak ini.

Sejarah Ayam Bekakak

Image Source: resepmasakita.com

Sekilas jika belum pernah mendengarnya, nama ayam bekakak ini terdengar sedikit agak unik. Pasti banyak pikiran yang terlintas pada saat pertama kali mendengarnya. Mungkin Anda akan berpikiran jika ayam bekakak ini adalah nama dari jenis ayam tersebut.

Namun sebenarnya bukan seperti itu, kenapa makanan ini dinamakan ayam bekakak disebabkan pada masa lalu, masyarakat sering menyajikan ayam ini secara utuh tanpa dipotong-potong terlebih dahulu.

Dan biasanya waktu dulu ayam bekakak ditaruh di atas piring yang berukuran besar dengan posisinya yang terlentang ke atas kemudian dihiasi dengan garnish. Sampai di sini tentunya Anda sudah bisa membayangkan seperti apa ayam bekakak ini.

Sebab sebenarnya penyajian masakan dari ayam dengan model seperti ini banyak sekali. Khusunya di pulau Jawa. Umumnya ayam yang disajikan dengan model seperti ini pada saat sedang mengadakan selametan.

Selametan ini adalah sejenis ritual untuk meminta keselamatan kepada penguasa alam daerah setempat yang sering dilakukan oleh orang Jawa zaman dahulu. Namun setelah datangnya Islam, acara selametan ini dimasuki nafas Islam sehingga diganti dengan berdoa kepada Allah SWT.

Sedangkan untuk ayam bekakak sendiri seringnya disajikan diberbagai acara istimera, misalnya saja upacara pernikahan, sunatan, dan upacara adat lainnya. Jika disajikan pada saat upacara sunatan, biasanya ayam bekakak ini disantap oleh pengantin sunat bersama dengan teman-teman sebayanya yang diundang pada acara khitanan.

Jadi ayam bekakak bagi masyarakat Sunda sebenarnya disimbolkan sebagai sedekah dari yang punya khajat untuk masyarakat disekitar tempat tinggalnya. Jika memang seperti itu, apakah bisa menikmati ayam bekakak pada hari biasa?

Sebenarnya Anda bisa dengan mudah membuat ayam bekakak sendiri di rumah. Apalagi resep ayam bekakak pada dasarnya sama dengan racikan bumbu ayam bakar biasanya. Yang membedakannya hanya terletak pada saat penyajiannya dan juga tampilannya. Sama seperti belajar bahasa Inggris mudah yang bisa anda lakukan kapanpun dimanapun.

Sebab secara penyajian, ayam bekakak jika Anda lihat akan memiliki tampilan yang lebih mewah dikarenakan disajikan dalam kondisi ayam yang masih untuh. Selain itu untuk rasanya sendiri, ayam bekakak ini umumnya memiliki citarasa yang gurih dan juga manis, dan sudah pasti lezat.

Hal ini disebabkan ayam bekakak ini memiliki citarasa yang khas dengan balutan bumbu tradisioanal yang begitu meresap ke dalam daging ayam tersebut. Jika Anda penasaran untuk membuat ayam bekakak sendiri di rumah, berikut ini adalah resep tradisional ayam bekakak dari Sunda.

Cara Membuat Ayam Bekakak Manis Khas Sunda

Ingin membuat kreasi olahan ayam kampung yang berbeda? Anda bisa mencoba memasak ayam bekakak manis khas Sunda yang dijamin super lezat. Anda bisa menyajikannya dengan nasi kuning atau ketan kuning dengan tambahan taburan serundeng dan kering kentang balado. Maka dijamin seleraa makana Anda akan bertambah.

Bahan Membuat Ayam Bekakak Manis Khas Sunda

Pada saat ingin membuat ayam bekakak manis khas Sunda, beberapa bahan yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu adalah 4 sdm minyak gorang, lalu 400 ml air kelapa, kemudian 1 ekor ayam kampung dan belah menjadi dua melebar jangan sampai putus, lalu 2 sdm kecap manis, kemudian 1 sdm gula merah sisir, dan ½ sdm garam.

Sedangkan untuk bumbu ayam bekakak yang dihaluskan adalah 4 cabai merah besar, 2 siung bawang putih, 8 butir bawang merah, 2 cm jahe yang masih segar, ketumbar secukupnya, dan 4 butih kemiri.

Langkah Membuat Ayam Bekakak Manis Khas Sunda

Image Source doyanresep.com

Setelah persiapan dirasa selesai maka untuk proses pembuatan ayam bekakak sendiri adalah seperti ini:

1. Panaskan terlebih dahulu minyak gorang lalu tumis bumbu halus tadi sampai bau harumnya keluar. Lanjutkan dengan menuang air kelapa lalu aduk sampai rata dan tunggu sampai mendidih.

2. Lanjutkan dengan memasukkan ayam bekakak. Tunggu sampai ayam berubah warna. Jangan lupa masukkan juga kecap manis, garam, dan gula merah. Usahakan untuk memasaknya dengan api kecil dan tunggu sampai bumbunya meresap ke dalam daging baru Anda angkat.

3. Setelah itu Anda tinggal memanggang ayam tadi sambil dioles dengan sisa bumbu sampai ayam berwarna kecoklatan.

Sebenarnya sesimpel itulah memasak ayam bekakak ini. Tentunya Anda sudah pasti bisa membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencobanya dan semoga ayam bekakak buatan Anda rasanya gurih dan lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *