Kue Lapan Jam, Kue Legit Asli Palembang

Daftar Isi Lebih Detail

Kue lapan jam ini merupakan salah satu kue tradisional asli dari kota Palembang. Kue yang satu ini bisa disebut sebagai salah satu kekayaan kuliner yang sampai sekarang masih dilestarikan oleh masyarakat yang ada di daerah Sumatera Selatan.

Akan tetapi sayangnya tidak mudah untuk menemukan kue lapan jam ini sehari-hari. Hal ini dukarenakan hanya pada moment tertentu saja kue yang satu ini dibuat. Jadi jangan heran jika Anda tidak bisa dengan mudah menemukan kue lapan jam di Palembang.

Bagi para pecinta makanan manis, kue lapan jam ini bisa menjadi rekomendasi untuk segera Anda nikmati. Yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah kenapa kue yang satu ini dinamai lapan jam?

Apa Itu Kue Lapan Jam & Asal Mulanykue lapan

Image Source: https://cdn.tmpo.co/data/2017/06/25/id_618906/618906_620.jpgPada masa lalu, kue lapan jam ini termasuk salah satu jenis makanan yang tidak sembarang orang boleh memakannya. Kuwe ini dulunya hanya boleh dinikmati oleh kalanagan bangsawan Palembang saja.

Maka dari itu bisa dikatakan dulunya kue ini merupakan salah satu olahan elit yang tidak semua orang bisa makan. Namun saat ini kue dengan ciri khas warna kecokelatan yang satu ini sudah bisa dinikmati oleh siapa saja. Seperti belajar bahasa inggris dasar yang bisa dilakukan semua orang.

Dengan begitu sudah pasti jika kue yang satu ini memiliki cita rasa kelas atas. Sebab pada mulanya kue ini hanya diperuntukkan untuk para bansawan yang ada di Palembang. Namun sayangnya kue lapan jam ini tidak bisa didapatkan dengan mudah setiap harinya. Umumnya kue ini hanya dijual pada saat hari raya idul fitri saja.

Alasan kenapa dinamanak kue lapan jam adalah terinspirasi dari proses pembuatannya, yaitu 8 jam. Butuh waktu 8 jam untuk membuat kue yang satu ini. Untuk bahan utamanya adalah telur bebek, mentega, gula, dan susu kental manis.

Jika dilihat dari proses pembuatannya, kue lapan jam ini bisa dinobatkan sebagai kue dengan proses pembuatan terlama yang ada di dunia. Namun lamanya proses pembuatannya bisa terbayar dengan rasa yang ditawarkan oleh kue yang satu ini.

Resep Kue Lapan Jam

Image Source: blogspot.com

Sebenarnya kebanyakan masyarakat Palembang asli tidak menggunakan tepung pada saat membuat kue lapan jam. Dan bahan utama yang digunakan untuk membuat kue yang satu ini adalah telur, bisa menggunakan telur ayam atau bebek. Namun telur bebek lebih diprioritaskan.

Supaya kue lapan jam ini memiliki rasa manis yang pas di lidah, selain menggunakan gula pasir dan susu kental manis, Anda jangan sampi lupa untuk menambahkan mentega yang sudah dicairkan terlebih dahulu.

Namun jika diperhatikan, untuk saat ini banyak modifikasi resep kue lapan jam yang ditambahkan supaya tekstur kue bisa lebih kenyal lagi. Bahkan ada pula yang menambahkan sedikit tepung terigu supaya bentuk kuenya menjadi lebih kokoh.

Akan tetapi yang paling sering diganti adalah dalam hal takaran dari gula pasir. Sebab ada yang tidak suka dengan kue lapan jam yang terlalu manis atau memiliki riwayat penyakit gula darah.

Sebelaum membuat kue lapan jam, beberapa bahan yang harus Anda persiapkan terlebih dahlu diantaranya adalah:

1. Telur bebek 20 butir.
2. Gula 500 gram atau sesuai dengan selera Anda.
3. Susu kental manis ½ kaleng
4. Vanilla secukupnya
5. Dan Margarin 100 gram

Setelah bahan-bahan di atas Anda siapkan, barulah kue lapan jam siap dibuat. Untuk cara membuat kue lapan jam adalah sebagai berikut ini:

1. Pecahkan telur pada wadah yang cukup besar. Kemudian masukkan gula pasir lalu kocok sampai tercampur rata. Ingat jangan sampai telur mengembang, jadi cukup sampai gula larut saja.
2. Selanjutnya masukkan margarin yang sebelumnya sudah dicairkan dan susu kental manis. Lalu campurkan dan kocok pelan saja. Kemudian masukkan vanili dan aduk lagi hingga rata.
3. Lalu tuangkan adonan tadi ke dalam loyang yang sebelumnya sudah diolesi mentega. Jangan lupa tutup bagian atas loyang dengan menggunakan aluminium foil atau bisa juga dengan serbet bersih atau plastik tahan panas juga bisa. Ingat, kue ini akan dikukus selama delapan jam, jangan biarkan ada terlalu banyak uap air yang menetes ke kue.
4. Kukus selama delapan jam dengan menggunakan api yang sedang. Ingat untuk selalu mengecek keadaan air kukusannya. Jika air mulai kering langsung saja tambah lagi airnya. Supaya suhu kukusan lebih stabil, disarankan untuk menambahkan air yang sudah panas. Dan setelah dikukus selama delapan jam segera angkat kue lalu dinginkan.
5. Yang terakhir Anda tinggal memotong kue lapan jam sesuai dengan selera.

Sebenarnya sangat mudah untuk membuat kue lapan jam ini. Yang menyusahkan hanyalah pada saat mengukusnya. Namun satu hal yang pasti adalah hasil akhir tidak akan pernah menghianati perjuangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *