Kenalan Sama Udon, Yuk! Makanan Jepang Ini Wajib Kamu Coba!

makanan jepang

Apa saja makanan di jepang yang kamu tahu? Mungkin di antaranya adalah sushi, sashimi, shabu-shabu, takoyaki, dan sebagainya. Tapi, apakah kamu sudah pernah mencoba udon?

Apa itu Udon? Udon adalah makanan khas Jepang yang terbuat dari tepung terigu dan diolah dengan beragam macam variasi sehingga menghasilkan cita rasa yang khas.  Berbeda dengan mi pada umumnya, udon memiliki bentuk yang tebal dan lebih kenyal. Biasanya udon diolah dengan kuah bening atau kuah kaldu ashi, shoyu, dan miso.

Meskipun terlihat mirip dengan soba karena bentuknya yang tebal, udon memiliki warna yang cenderung putih karena terbuat dari tepung terigu. Sementara soba berciri khas warna yang lebih gelap karena terbuat dari tepung soba.

Jenis udon berdasarkan cara masak

mi udon

Sejak dulu udon merupakan makanan khas bagi orang Jepang karena harganya yang murah dan dapat dijadikan sebagai pengganti nasi. Biasanya udon akan disajikan dengan kuah yang variasi atau cara masak yang berbeda-beda. Ada yang disajikan panas maupun disajikan dingin.

Udon yang disajikan panas-panas di antaranya adalah udon rebus, kama-age udon, bukkake udon, dan nikomi udon. Sementara udon yang disajikan dingin yaitu hiyashi udon, zaru udon, dan sarada udon.

Udon rebus

udon jepang

Udon rebus merupakan cara memasak udon dengan meniriskannya dan diletakkan di dalam mangkok. Kemudian udon diberi kuah yang panas dan dilengkapi dengan lauk di atasnya.

Udon rebus yang tidak diberi tambahan lauk di atasnya disebut dengan Kakeudon (daerah Kanto), dan Su-udon (daerah Kansai).

Kama-age udon

Jika udon rebus melalui proses penirisan terlebih dahulu, kama-age udon dapat langsung disajikan dalam pancinya tanpa ditiriskan. Cara memakannya yaitu dengan mengambil udon menggunakan sumpit dan celupkan ke dalam kuah yang ada di mangkok terpisah.

Bukkake udon

udon

Setelah direbus, udon dicuci dengan air dingin. Tujuannya yaitu untuk menghilangkan lendir pada mi udon. Bukkake udon bisa disajikan saat hangat maupun dingin. Kuah yang diberikan untuk bukkake udon lebih kental karena terbuat dari dashi kombu dan kecap asin.

Cara makan bukkake udon yaitu dengan mengaduk udon terlebih dahulu kemudian hias atasnya dengan telur puyuh mentah dan katsuobushi.

Nikomi udon

Nikomi udon merupakan jenis udon yang disajikan langsung di hot pot dengan kuah miso yang kental.

Hiyashi udon

Setelah direbus, udon didinginkan terlebih dahulu dengan air es. Kemudian udon disajikan di dalam mangkok dengan saus tsuyu yang dingin. Hiyashi udon dilengkapi dengan penyedap daun bawang, jahe, wijen, dan myoga.

Zaru udon

Setelah direbus, zaru udon didinginkan dengan air es dan langsung ditiriskan. Zaru udon disajikan di atas nampan yang terbuat dari bambu atau zaru.

Sarada udon

Sarada udon disajikan dengan meletakkan udon dingin di atas sayur seperti ketimun, salada, dan tomat. Saus yang dipakai untuk sarada udon yaitu mayones atau cuka dan kecap asin.

udon kare

Sebenarnya, terdapat berbagai jenis menu udon sebagai makanan Jepang yang wajib kamu coba. Bukan hanya dibedakan dari cara masaknya saja, udon juga dibedakan berdasarkan lauk atau bumbu yang ada di dalamnya, seperti su-udon, kayaku udon, kitsune udon, tsukimi udon, tempura udon, tanuki udon, kare udon, niku udon, chikara udon, shippoku udon, dan ankake udon.

Nah sekarang kamu sudah mengenal udon dan jenisnya, sehingga ketika kamu ingin memesan udon di restoran khusus makanan Jepang maka kamu sudah tahu mana udon yang sesuai dengan seleramu.

Selamat mencoba!

Referensi:
https://id(dot)wikipedia(dot)org/

Leave a Reply

Your email address will not be published.