Bisa Self-Healing, Ini Pentingnya Camping di Gunung

self healing

Sering kali kita dihadapkan oleh situasi yang rumit hingga memberikan luka batin seperti trauma, gangguan psikologis, pengalaman buruk, dan yang lainnya. Kondisi ini perlu untuk diperhatikan untuk menjaga kesehatan mental bagi yang mengalaminya.

Hal ini pun mendorong pentingnya self-healing agar dapat melanjutkan hidup dengan lebih baik tanpa terganggu oleh beban pikiran. Siapapun yang melakukan self-healing pasti memiliki caranya masing-masing.

Apa itu Self-Healing?
Self-healing sering dikaitkan dengan penyembuhan diri bagi seseorang yang sedang mengalami masalah dan merasa lelah secara emosional. Terdapat beberapa hal yang memicu gangguan ini, di antaranya yaitu perasaan cemas, sedih yang berkepanjangan, kegagalan, harapan yang tidak sesuai dengan ekspektasi, dan masalah-masalah lainnya.

BELI KURSUS, GRATIS KURSUS! Dan dapatkan hadiah merchandise menarik*. Buruan dapetin ▶ 💰 DISKONBelajar Inggris di EF English First. Belajar semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Proses self-healing bukan hanya dapat menyembuhkan luka batin saja, karena disaat pikiran sudah kembali pulih dengan jiwa dan pikiran yang positif atas diri sendiri, maka hal ini dapat memberikan amunisi untuk kesehatan tubuh.

Masing-masing orang melakukan self-healing dengan caranya sendiri. Ada yang melakukannya dengan yoga, meditasi, dan lain-lain. Beberapa orang juga melakukan self-healing dengan pergi ke alam untuk sekedar mencari ketenangan. Di antaranya bahkan melakukan camping di gunung.

Manfaat Self-Healing Sambil Camping

camping

Mendengar kata camping, kerap dipandang sebagai kegiatan yang sangat melelahkan karena menguras banyak tenaga dan waktu. Akan tetapi, kegiatan ini memiliki banyak manfaat yang dapat membantu proses self-healing mu loh!

Dengan menghabiskan waktu di alam sendirian maupun bersama dengan teman dan keluarga bisa membuat kamu lebih bahagia. Namun pastikan bahwa tempat camping tersebut cocok dijadikan sebagai tempat healing seperti melakukan camping di gunung.

Ketika memilih tempat camping untuk self-healing, pastikan bahwa kamu telah melakukan riset secara menyeluruh, terutama untuk keamanan dan kenyamanannya. Jika kamu seorang pemula, jangan pernah berpikir untuk pergi camping ke gunung sendirian ya! Karena pada dasarnya terdapat beberapa aturan yang harus kita patuhi ketika pergi ke gunung.

Manfaat self-healing yang bisa kamu dapatkan ketika pergi camping ke gunung dapat dilihat berdasarkan jenis aktivitas yang dilakukan di dalamnya. Misalnya, kamu bisa melakukan trekking, berenang, menikmati sunrise dan sunset, menikmati sejuknya alam, serta hembusan angin yang dengan ramahnya dapat kamu rasakan.

Apakah dengan ini kamu bisa merasa lebih bahagia? Tentu bisa! Caranya adalah dengan melepaskan semua beban pikiran dan rasakan sejuknya alam yang menyapamu.

Rekomendasi Tempat Camping di Gunung
1. Gunung Putri, Bandung
gunung putri

Sering mendengar tentang kisah di Gunung Tangkuban Perahu? Apakah berarti kisah itu menggambarkan gunung yang berbentuk perahu? Untuk mendapatkan jawabannya, kamu bisa menggelar tenda di Gunung Putri sambil melihat kegagahan Gunung Tangkuban Perahu.
Gunung Putri ini memiliki ketinggian 1.587 mdpl sehingga cocok dijadikan sebagai tempat camping di Bandung untuk seorang pemula yang ingin mendaki gunung. Selain itu, Gunung Putri juga dikenal dengan sebutan Geger Bintang Matahari.

2.Batu Kuda Manglayang Campground, Bandunggunung manglayang

Apakah kamu pernah membayangkan ketika bangun tidur di pagi hari dan membuka tenda tepat di saat matahari terbit dan banyak awan yang berkumpul untuk menyambutmu?
Tentunya suasana ini akan kamu dapatkan ketika camping di Bandung, tepatnya di Batu Kuda Manglayang.

3.Gunung Papandayan, Garut
gunung papandayan

Gunung Papandayan akan membuat kamu takjub dengan keindahan yang ditawarkannya. Bagaimana tidak? Banyak sekali spot indah seperti hamparan Edelweis, hutan mati, dan kawah.

Di jamin deh kamu akan takjub setelah menikmati pemandangan yang tersaji di atasnya!

Sebenarnya, self-healing sambil berkemah bukan hanya dapat kamu lakukan di gunung saja. Kamu juga bisa melakukannya di alam terbuka seperti hutan dan pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.