Trik Dalam Freestyle Football Dan Cara Mempelajarinya Agar Lebih Mahir!

football

Kepopuleran Freestyle football memang tidak sebanding dengan sepakbola di lapangan hijau. Namun tetap saja keindahan mengolah bola ini tetap menjadi tontonan yang sangat menarik. Bahkan tak jarang bila orang yang ahlinya bisa mendapatkan uang dari skill yang dipertontonkan.

Menjadi seorang freestyler football tidaklah mudah. Butuh latihan yang intens, serta kesabaran dalam berlatih. Terutama untuk melatih variasi trik yang lebih rumit.
Buah dari kesabaran dan keuletan latihan, seorang freestyler bisa menunjukkan kebolehannya. Menariknya, telah ada kompetisi yang bisa diikutinya. Dari kompetisi ini, namanya akan lebih harum dan tentu saja bisa menghasilkan pundi-pundi uang kedepannya.

Jika Anda adalah seorang penggila bola, sesekali Anda mungkin pernah mencoba untuk meniru idola lapangan hijau yang full skill. Biasanya olahan bola dipraktekkan manakala sedang bertanding bersama sahabat.

"Alfatih dan Ashkar seneng banget bisa nikmati Belajar Inggris yang Fun di EF" ~ Iva. "Setiap Sabtu menjelang siang, Kyna selalu menunggu kelasnya mulai" ~ Acha. Buruan dapetin ▶ 💰 DISKONBelajar Inggris di EF English First. Belajar semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Ini sudah sangat baik. Kenapa? Setidaknya Anda memiliki modal untuk melanjutkannya ke jenjang selanjutnya. Yakni menjadi seorang pesepakbola atau menjadi seorang freestyler yang sudah tidak lagi dipandang sebelah mata.
Beberapa Trik Khusus Dalam Freestyle Football

Secara umum, trik football soccer ini terbagi menjadi tiga golongan. Masing-masing mempertontonkan keindahan sebuah seni mengolah bola. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Teknik Ground Move

Teknik ini banyak dimanfaatkan oleh pesepakbola manakala melakoni sebuah pertandingan. Teknik ini mengedepankan gerakan-gerakan kaki di sekitar bola untuk mengecoh lawan.

Di samping itu, teknik ini juga mengedepankan pengambilan keputusan yang sangat cepat untuk menghentikan bola sebelum jatuh ke tanah. Tentunya, teknik menghentikan bolanya bisa dilakukan dengan cara yang berbeda.
Pesepakbola kenamaan seperti Ronaldinho, CR7, Neymar menjadi pesepakbola yang bisa dikatakan memiliki teknik lengkap untuk urusan itu. Dan skillnya sering ditunjukkan untuk melewati lawan sampai akhirnya mencetak gol ke jala lawan.

2. Teknik Juggling

Teknik Juggling menjadi teknik yang paling menarik. Ini bakalan menjadi suguhan menarik manakala ditunjukkan oleh pesepakbola di tengah lapangan. Tercatat, Diego Maradona adalah seseorang yang dikenal memiliki kemampuan tersebut.

Nama-nama beken di dunia sepakbola juga memiliki kemampuan tersebut. Yakni memiliki kemampuan untuk mengontrol bola dengan kakinya ketika dipantul-pantulkan selama beberapa kali.

Tidak hanya dengan kaki saja, kepala, bahu, punggung juga menjadi andalan dari teknik ini. Dan bola tidak dibiarkan jatuh ke tanah.

Pada prakteknya, teknik ini sangat membutuhkan stamina, kecepatan dalam pengambilan keputusan, serta konsentrasi tinggi. Artinya, orang yang mampu melakukannya dengan sempurna adalah mereka yang benar-benar cerdas dan skillfull untuk urusan mengolah bola.

Menariknya, teknik Juggling inilah yang menjadi cikal bakal dari freestyle football. Semakin kedepan, teknik ini menjadi suguhan yang sangat menarik. Bahkan beberapa orang mampu berkreasi untuk menciptakan trik khusus dengan tingkat kerumitan tersendiri.

3. Teknik Balancing

Teknik yang ketiga adalah balancing. Teknik ini pada intinya adalah menyeimbangkan tubuh agar bola tidak jatuh ke tanah. Tentunya, ini sangat mirip dengan teknik Juggling.
Perbedaannya adalah penambahan suguhan akrobatis untuk menambah kesan dramatis manakala dipertunjukkan pada khalayak ramai. Gerakan-gerakan sulit namun bisa mengontrol bola menjadi nilai plus. Dan ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang telah lama berlatih.

Tips Menguasai Teknik Dalam Freestyle Football

Setelah menonton freestyler soccer, Anda tentunya punya keinginan untuk menirunya bukan? Nampaknya sangat keren kalau bisa melakukannya. Toh, Anda tidak butuh banyak peralatan untuk mendukung kegiatan tersebut.

Tapi tunggu dulu. Anda tetap butuh pegangan supaya hasil latihan Anda benar-benar sukses. Baru kalau sukses, Anda bisa menunjukkan kebolehan di sebuah komunitas ataupun di ajang bergengsi.

Ada beberapa tips yang bisa dipraktekkan bila ingin terjun di dunia Freestyle football ini. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Gunakan bola dan sepatu yang tepat
    Namanya juga seni mengolah bola, tentu saja hal yang harus disediakan adalah sepatu dan bola. Tapi Anda harusnya menyediakan keduanya sesuai dengan standar. Artinya, tidak menggunakan seadanya.
    Kenapa? Karena bisa jadi Anda akan kesulitan dalam melatih sebuah trik. Malahan, butuh waktu lama untuk melatih trik dasar. Akhirnya, Anda akan berhenti di tengah jalan.
  • Di sini, pastikan untuk membeli bola sepakbola yang baik standarisasinya. Kemudian, pastikan untuk membeli sepatu bola atau sepatu futsal yang biasa digunakan untuk bermain sepakbola.
    Sepatu ini memiliki banyak desain. Untuk mempermudah urusan mengolah bola, Anda butuh sepatu yang memiliki permukaan datar di bagian atas sepatu.
  • Awali dengan berlatih Juggling
    Juggling adalah sebuah aksi yang mempertontonkan kelincahan kaki dalam memantulkan bola secara berulang dan bergantian. Menguasainya bisa sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan mengolah bola dengan seluruh bagian tubuh. Kekuatan kaki dan ketepatan posisi bola saat dipantulkan dengan kaki akan membuat laju bola menjadi lebih terkendali. Dan dalam hitungan detik, seseorang bisa mengulanginya sampai beberapa kali.
  • Di sini, usahakan untuk menggunakan kedua kaki secara bergantian. Lakukan setiap hari, maka Anda akan mahir untuk menjuggling bola.
  • Mulailah untuk kombinasi trik dasar
  • Setelah mahir juggling, Anda bisa lanjutkan dengan mempelajari trik dasar. Diantaranya adalah ATW, HTW dan lain sebagainya. Kalau sudah, tingkatkan pembelajaran dengan trik MATW dan sejenisnya yang merupakan trik advance.
  • Kombinasikan keseluruhan trik tanpa juggling

Kalau semuanya telah dipelajari, saatnya Anda mengkombinasikan keseluruhan trik. Kombinasi trik ini akan menjadi atraksi yang sangat menarik. Ini harus dilatih supaya hasilnya sempurna.

Kesimpulannya, mulailah dari hal paling sederhana dari juggling. Baru kemudian tingkatkan berdasarkan urutan triknya agar hasilnya lebih bagus. Dengan cara seperti itu, Anda bisa menjadi seorang Freestyle football yang hebat kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *