Tren Workout Menjadi Olahraga di Rumah yang Paling Banyak Diminati

olahraga di rumah

Apakah kamu lebih senang olahraga di rumah? Olahraga apa saja yang dapat dilakukan di rumah? Mungkin jawaban yang paling familier yaitu workout.

Kian kemari workout menjadi tren olahraga di rumah yang paling banyak diminati oleh generasi millennial. Hal ini dikarenakan perkembangan arus teknologi yang cepat dapat menularkan kebiasaan-kebiasaan positif yang telihat dari banyaknya unggahan di sosial media.

Sejarah workout sebelum mendunia

olahraga di rumah

Sebenarnya, workout sudah dilakukan sejak lama sebagai aktivitas kebugaran yang berdampak baik terhadap kesehatan tubuh. Hal ini terbukti dari buku panduan bergambar yang memperlihatkan kegiatan seorang pria dan wanita yang tengah melatih bagian ototnya pada tahun 1861 di Inggris.

Aktivitas kebugaran pun berlanjut pada tahun 1951, ketika Jack Lalanne, guru kebugaran yang pada saat itu menyiarkan acara TV tentang aktivitas kebugaran seperti latihan tekukan ke samping dan angkat kaki. Berselang dari itu, katalog rumahan dan iklan TV ikut menawarkan berbagai produk industri kesehatan. Produk yang ditawarkan tersebut di antaranya menjanjikan bentuk tubuh yang ideal dengan berkurangnya berat badan, peningkatan kebugaran tubuh, dan lainnya yang berorientasi pada kesehatan dan kecantikan.

Hingga akhirnya, tutorial olahraga pun semakin berkembang yang disertai oleh kemajuan bisnis kesehatan dan kecantikan dengan memanfaatkan publik figur sebagai seseorang yang mempromosikan. Bahkan dengan memanfaatkan kanal Youtube, kini setiap orang dapat berkreasi semenarik mungkin dengan menebarkan isu pentingnya berolahraga dan cara melakukannya sendiri di rumah. Tentunya perkembangan dari aktivitas kebugaran yang terus berlanjut hingga sekarang ini dikarenakan mereka sudah memperoleh manfaat dengan membuktikannya sendiri.

Pengertian workout
Workout adalah bentuk latihan fisik yang praktis dan bisa kita lakukan di mana saja dengan mudah dan lebih efisien. Berbeda dengan olahraga di luar ruangan, workout dapat menjadi pilihan olahraga di rumah bagi yang tetap ingin olah fisik namun terkendala oleh waktu dan kesibukannya.

Manfaat workout
Setelah mengetahui pengertian workout, tentu secara logika pun sudah dapat kita ketahui manfaatnya untuk kesehatan, di antaranya yaitu:
1. Menurunkan berat badan
2. Meningkatkan kesehatan otot dan tulang
3. Meningkatkan energi dalam tubuh
4. Mengurangi risiko terkena penyakit
5. Meningkatkan fungsi otak
6. Menjaga daya ingat dan keterampilan
7. Menjaga kesehatan kulit
8. Meningkatkan kualitas tidur

Gerakan workout

Gerakan workout sebenarnya tidak terlalu sulit, oleh karena itu banyak sekali generasi millennial yang bersedia meluangkan waktunya untuk olahraga di rumah. Bagaimana sih cara melakukannya? Berikut ini adalah contoh gerakan workout yang bisa kamu tiru.

1. Push-up
Bagi pemula melakukan push-up sebanyak 10 kali saja pasti sudah lelah. Namun, dengan melakukannya secara rutin akan memperkuat otot dan tulang sehingga tidak akan terasa berat.

2. Plank
Gerakan plank saat olahraga di rumah bisa dilakukan dengan forearm plank dan side plank.

3. Squat
Squat adalah gerakan workout yang dirasa paling mudah dilakukan. Gerakan ini mendorong agar otot-otot pada tubuh bagian bawah dapat bekerja.

4. Lunge
Menduduki posisi setelah squat, atau sebaliknya, gerakan lunge juga mudah untuk dilakukan. Apa itu gerakan lunge? Lunge adalah salah satu gerakan untuk olahraga di rumah yang bertujuan untuk mengencangkan dan meningkatkan kebugaran tubuh.

5. Abdominal crunch
Menyerupai sit-up, gerakan crunch adalah latihan yang melibatkan otot perut, otot bahu, lengan, bokong, dan kaki agar lebih kuat.

Olahraga di rumah juga bisa kita lakukan dengan melakukan beragam jenis workout yang sedang trendi, seperti yoga, pilates, crossfit, dan zumba.

Referensi:
https://kumparan(dot)com
https://hot(dot)liputan6(dot)com
https://www(dot)sfidn(dot)com

Leave a Reply

Your email address will not be published.