Khusus Pemula, Sebaiknya Perhatikan Dulu Tips Memainkan Airsoft Gun Ini

arena airsoft gun

Bisa dibilang jika saat ini Airsoft Gun sudah menjadi salah satu permainan modern yang cukup populer di Indonesia. Permainan yang pada awal kemunculannya lebih identik dengan kaum pria, saat ini justru kian banyak diminati oleh para kaum hawa. Bisa dibilang, Airsoft Gun ini sama seperti belajar bahasa inggris yang awalnya hanya diminati oleh beberapa kalangan saja, tapi sekarang sudah diminati hampir seluruh orang.

Airsoft Gun pada dasarnya merupakan sebuah mainan replika senjata yang memiliki ukuran hampir sama dengan jenis senjata aslinya. Jadi mainan replika Airsoft Gun ini pun mengadopsi beragam jenis senjata-senjata yang ada di dunia, mulai dari pistol, submachine gun, revolver, sniper rifle, assault rifle, bazooka, sampai dengan shotgun.

Meskipun pada dasarnya termasuk kategori dari senjata mainan, tapi Airsoft Gun mampu untuk mengeluarkan peluru plastik bulat berikuran 6 mm atau yang sering disebut dengan bb baik secara satu persatu atau single action, semi otomatis, sampai dengan full automatic.

Bahkan untuk Airsoft Gun jenis tertentu bisa digunakan untuk memuntahkan peluru jenis BB alumunium besi dan juga tembaga. Oleh sebab itu, meskipun sebenarnya merupakan senjata tiruan atau mainan, kamu tetap harus berhati-hati saat menggunakannya ya.

Banyak yang ingin mencoba permainan ini lantaran dirasa lebih bisa memberikan tantangan baru serta melibatkan kemampuan yang positif. Contohnya saja latihan bekerja sama serta saling koordinasi dalam kelompok guna memenangkan sebuah misi.

Sejarah Permainan Airsoft Gun

Awal mula permainan Airsoft Gun ini berasal dari Jepang tepatnya di tahun 70-an. Permainan ini muncul didasari dari cukup ketatnya peraturan yang melarang kepemilikan dari senjata api di negeri Sakura tersebut.

Dari situlah kemudian mulai dikembangkan konsep permainan simulasi dunia militer dan kepolisian yang sampai saat ini dikenal dengan nama Airsoft Gun. Menariknya lagi, berbagai desain senjata yang digunakan dalam permainan ini nyaris mirip dengan aslinya.

Barulah dua dekade selanjutnya, Airsoft Gun mulai diperkenalkan di Eropa dan Amerika Serikat dan langsung menjadi salah satu jenis permainan simulasi yang perkembangannya terbilang cukup pesat di sana.

Perkembangan Airsoft Gun Di Indonesia

Kira-kira pada tahun 2000-an, Airsoft Gun mulai dikenal di tanah air sampai pada akhirnya mulai dikembangkan dalam berbagai jenis. Setelah itu, seiring dengan perkembangan zaman, ternyata permainan ini menjadi salah satu permainan yang paling banyak peminatnya di Indonesia. Hal ini disebabkan lantaran Airsoft Gun memiliki karakter kuat serta selalu menjaga prinsip keamanan dan juga kode etik yang wajib dipatuhi oleh para pemainnya.

Bahkan saking ketatnya, bagi para anggotanya yang terbukti melanggar kode etik permainan Airsoft Gun akan menerima resiko yang sangat berat. Banyak sanksi yang akan kamu terima dan bahkan resiko dikeluarkan dari anggota juga sangat besar jika kamu melanggar kode etik yang ada.

Tips Bermain Airsoft Gun Untuk Pemula

bermain airsoft gun
Image Source: lapakairsoft[dot]com
Salah besar jika mengira permainan Airsoft Gun ini hanya mengandalkan naluri untuk menghabisi lawan dan juga tindak kekerasan. Anggapan semacam ini selain tidak ada dasarnya juga belum bisa dibuktikan.

Justru permainan Airsoft Gun ini sangat menjunjung tinggi kode etik yang harus selalu ditaati oleh setiap pemainnya serta dijalankan secara kelompok. Jadi dalam hal ini kerja sama di dalam kelompok menjadi hal yang sangat penting untuk selalu dilakukan.

Selain itu, para pemainnya juga dituntut untuk paham tata cara penggunaan serta pengamanan jenis senjata yang dipegangnya. Meskipun pada dasarnya Airsoft Gun hanya berbentuk permainan simulasi.

Maka dari itu, kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal negatif yang dianggap dapat menyebabkan cidera. Kecuali jika pemainnya tidak mau menggunakan ataupun mematuhi aturan standar dari Airsoft Gun.

Di dalam bermain Airsoft Gun, kamu juga tidak bisa asal tembak dikarenakan ada alur ceritanya dan penerapan strategi yang wajib untuk diterapkan oleh setiap regu. Selain itu, setiap pemain juga memiliki peran masing-masing, ada yang sebagai sniper, pengintai, dan lain sebagainya.

Saat memainkan Airsoft Gun, para pemain juga diperbolehkan untuk saling bertukar peran. Sehingga kamu bisa merasakan sensasi baru dengan peran yang baru tersebut. Jadi permainan ini terbilang sangat fleksibel.

Yang paling penting untuk diperhatikan bagi para pemula adalah memainkan Airsoft Gun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan tanpa adanya panduan terlebih dahulu dari para ahli.

Jika kamu abai dengan hal semacam ini, maka resiko membahayakan diri kamu sendiri serta keselamatan orang lain sangatlah besar. Oleh sebab itu, jangan sampai kamu menyepelekan apa yang sudah diintruksikan oleh para instruktur sebelum memulai permainan ini ya.

Itulah sekilas mengenai sejarah kemunculan, bagaimana perkembangannya di Indonesia serta sedikit tips untuk para pemula. Semoga bermanfaat dan selamat bermain Airsoft Gun!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *