Timus, Kuliner Asal Jogja Yang Bisa Menemani Dinginnya Malam!

Pernah mencicipi Timus? Jika belum, sangat disayangkan. Karena rasanya cukup enak, dibuat dari bahan-bahan yang banyak tersedia di nusantara.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

Kuliner tradisional memang cukup unik. Kuliner ini bisa menjadi makanan khas daerah di nusantara. Tentunya, rasa yang ditawarkan sesuai dengan lidah masyarakat setempat.

Meskipun dikatakan sesuai lidah warga setempat, Anda yang bukan berasal dari warga setempat tetap bisa menikmati kuliner tersebut. Anda bisa coba kalau tidak percaya. Terutama ketika Anda datang di Jogjakarta.

Rasa memang tidak pernah bohong. Rasa khas dari makanan ini lebih manis. Teksturnya juga lembut dan punya manfaat bagi kesehatan. Hal ini disebabkan oleh bahan bakunya berasal dari bahan baku alami, sangat pas untuk menemani Anda belajar bahasa Inggris.

Sekilas Mengenai Timus

timus
http://www.masakankoki.com

Bentuk dari Timus itu lonjong, atau seperti bulatan-bulatan. Dibuat dari bahan dasar ubi jalar. Ubi jalar yang digunakan bisa jenis apa saja.

Ubi jalar nantinya akan diolah menjadi kuliner khas tersebut. Awal mulanya, ubi direbus sampai matang. Prosesnya berlanjut dengan menghaluskan, kemudian ditambah bumbu dan digoreng menjadi sajian enak.

Untuk masalah rasa, rasa manis tentu paling dominan. Lantaran ubi jalar sendiri punya ciri khas pada rasa manisnya. Kemudian bumbu seperti gula yang ditambahkan di dalamnya menambah rasa manis di dalam jajanan khas tersebut.

Ikuti Video Wisata Jakarta bersama Iona dan Ebba (Sweden) : EF.ID/wisatajakarta


Anda tidak perlu khawatir jika rasa manis ini bisa berbahaya bagi kesehatan. Pasalnya, rasa manis ini berasal dari ubi, serta gula jawa yang terbukti bagus untuk kesehatan. Masuk akal sekali jika jajanan khas Jogjakarta ini disebut sebagai jajanan tradisional yang murah tapi sehat.

Kuliner khas Jogjakarta ini normalnya cocok dikonsumsi di malam hari. Malam hari menjadi waktu yang pas. Satu gigitan kuliner ini tambah nikmat dengan rasa dan teksturnya. Apalagi jika jajanan ini baru matang. Tentu suasana malam yang dingin akan lebih berkesan.

Selain di malam hari, sensasi mengkonsumsi timus yang pas adalah ketika hujan turun. Dengan paduan wedang, makanan ini akan lebih sempurna. Dan akan tambah lebih nikmat bila jajanan ini dinikmati bersama dengan keluarga.

Cara Membuat Timus Khas Jogjakarta

http://widhiaanugrah.com

Pemanfaatan ubi jalar memang banyak sekali. Ada yang suka membakar ubi, ada juga yang menggorengnya. Tapi untuk timus, cara pemanfaatannya adalah dengan dikukus terlebih dahulu, baru kemudian digoreng.

Penasaran tentang cara membuatnya? Kami akan tunjukkan bagaimana cara Anda dalam membuatnya. Jadi, simaklah caranya di bawah ini!

Pertama kali, Anda siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan utamanya adalah ubi jalar, tepung tapioka serta gula jawa yang telah dihaluskan. Tambah sedikit garam untuk penambah rasa.

Kedua kalinya, Anda perlu mengukus ubi jalar terebih dahulu. Ubi jalar dipisahkan dari kulitnya, dicuci sampai bersih. Baru setelah itu, kukus ubi jalar tersebut.

Supaya cepat matang, ada baiknya jika ubi jalar ini dipotong-potong kecil. Kalaupun tidak sempat, Anda tetap bisa memasukkan langsung untuk dikukus. Cuma, waktunya agak lama.

Ketiga kalinya, tumbuk halus ubi jalar. Ubi jalar yang telah matang diangkat. Setelah dingin, Anda bisa menumbuk ubi jalar menjadi lebih halus.

Setelah ubi jalar terlihat lebih halus, tambahkan gula jawa yang telah dihaluskan. Jangan lupa menambahkan garam secukupnya. Jangan terlalu banyak, berikan garam sekiranya tidak membuat rasa menjadi lebih asin.

Aduklah secara merata menjadi adonan yang halus. Bentuk adonan menjadi seperti telur, atau bisa dibuat agak lonjong sebagaimana kekhasan timus Jogjakarta tersebut.

Keempat kalinya, masuk tahap penggorengan. Sebelum menggoreng timus, tepung tapioka ini dicampur dengan air sedikit. Bentukan timus kemudian dicelupkan di dalam tepung tapioka tersebut. Baru setelah itu digoreng sampai warna kecoklatan.

Terakhir, Anda bisa menyajikannya di atas piring. Tata serapi mungkin, sajikan sebagai camilan yang mengenyangkan di atas meja. Anda bisa menikmatinya bersama keluarga.

Cara Menikmati Timus Yang Pas

timus
blogspot.com

Bicara mengenai cara menikmati jajanan ini tentunya didasarkan pada selera masing-masing. Anda bisa menikmatinya secara langsung. Ambil satu buah timus, kemudian gigit dan nikmati rasanya.

Namun bagi yang suka dengan cara penyajian yang lebih enak, Anda perlu minuman pendamping. Salah satunya adalah wedang kopi atau teh.

Wedang kopi menjadi pendamping pas untuk timus. Normalnya, timus akan membuat Anda haus lantaran tekstur ubi jalar ini membuat tenggorokan agak kering. Minuman yang pas adalah kopi.

Layaknya seperti sajian dari bahan dasar ketela ataupun ubi, sensasi yang didapatkan dari perpaduan makanan berbahan dasar ubi dengan kopi cukup tepat. Dan perpaduan ini sebenarnya telah dicontohkan oleh orang terdahulu. Anda bisa mencoba nikmatnya memadukan timus dengan kopi, atau minuman lainnya.

Intinya, selera Anda menentukan bagaimana nikmatnya makanan tersebut. Namun yang pasti, Anda membutuhkan air untuk membantu dalam melarutkan makanan tersebut di saluran pencernaan. Jadi, mari nikmati Timus ini bersama dengan wedang kopi atau minuman lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *