Teh Talua Si Penambah Stamina dari Sumatera Barat

teh telur dari padang

Teh Talua adalah minuman populer di Sumatera Barat. Minuman ini memiliki manfaat untuk menambah stamina pria. Nah hingga sekarang, minuman ini masih sering diminum oleh masyarakat dan oleh siapa saja. Padahal dulu, minuman ini hanya dikhususkan untuk kaum bangsawan saja loh. Sama seperti belajar bahasa inggris yang dulu cuman boleh dipelajari oleh kalangan tertentu saja, dan sekarang siapapun boleh mempelajarinya.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

Nah bisa dibilang minuman ini minuman khas orang-orang terpandang ya! Tapi pada penasaran gak sih Apa Itu Teh Talua? Dan kenapa ya bisa dinamakan Talua? Penasaran ingin coba juga? Tenang, pertanyaan kamu akan terjawab disini. Bonus cara membuat buat kamu yang ingin juga mencobanya dirumah. Yuk simak penjelasannya!

Kenapa Dinamakan Dengan Teh Talua?

Nah tadi udah pada penasaran kan kenapa namanya Teh Talua? Ternyata karena teh ini terbuat dari teh dan Talua. Talua itu apa sih? Jadi Talua adalah telur dalam bahasa Sumatera Barat. Wah unik ya!

Bisa dibayangkan sendiri kan kalau paduan ini memang sempurna. Teh punya manfaat yang baik untuk kesehatan, sementara telur sering dimanfaatkan sebagai penambah stamina. Apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Walaupun mungkin kamu merasa asing dengan campuran minuman ini, tapi ternyata Teh Talua ini memiliki rasa yang enak loh. Karena di dalamnya juga mengandung bahan-bahan lain seperti gula dan susu kental manis. Tapi, kalau jaman dahulu, hanya gula saja yang digunakan karena belum adanya susu kental manis.

Biasanya, minuman ini diminum menjelang aktifitas harian atau di pagi hari. Namun tak jarang juga, diminum setelah beraktifitas untuk mengembalikan energi yang terkuras. Artinya setelah bekerja seharian, masyarakatnya juga sering meminum minuman ini.

Mengingat hampir sebagian masyarakat Minang memiliki mata pencaharian Bertani yang membutuhkan energi ekstra, minuman khas inilah yang dijadikan sebagai penambah energi selain menu makanan utama. Sejauh ini, teh telur ini banyak dijajakan di setiap sudut kota. Terutama di warung-warung ataupun kedai. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan masyarakat Minang yang selalu membutuhkan minuman tersebut.

teh talua dari padang
Image Source: masakandapurku[dot]com
Mengenai bahan utamanya yang berupa telur, telurnya tidak dipilih sembarangan loh. Biasanya telur ayam kampung menjadi pilihan tepat. Bisa dibayangkan bukan khasiat minuman yang dicampur dengan telur ini?

Di Jawa sendiri, minuman yang sudah diracik dengan telur menjadi minuman pas untuk meningkatkan vitalitas. Tak heran jika orang yang menikmatinya mayoritas adalah kaum lelaki. Bahkan, ada juga yang hanya mengkonsumsi telur secara langsung.

Telur yang dimanfaatkan juga sama, yaitu telur ayam kampung. Kemudian telur yang dimanfaatkan adalah kuningnya saja.

Meskipun begitu, manfaatnya juga sama. Cuma cara penyajiannya saja yang sedikit berbeda. Dan penyajian seperti di Minang nampak lebih menarik, terutama dengan penambahan bahan-bahan yang membuat minuman ini mudah dan lebih lezat untuk dikonsumsi.

Cara Membuat Teh Talua

Membuat teh talua ini gampang kok, kalau penasaran kamu bisa dengan mudah meraciknya sendiri di rumah. Yang terpenting, jangan lupa sediakan bahan utamanya, yakni telur dan teh. Dan juga gula dan susu kental manis sebagai pelengkap. Kalau kamu ingin membuatnya, kamu bisa mengintip caranya dibawah ini.

Persiapkan Bahan Baku

Bahan bakunya adalah teh, kuning telur, gula, susu kental manis dan perasan jeruk nipis.

Racik Bahan Baku dengan Air Hangat

Untuk proses meraciknya dimulai dengan menghangatkan air teh. Ini bisa dilakukan seperti saat kamu mau membuat teh seperti biasa. Sisihkan terlebih dahulu.

Pisahkan Kuning dan Putih Telur

Selanjutnya, ambil kuning telur ayam kampung. Kalau bisa, pastikan seminimal mungkin ada putih telur yang ikut ya. Setelah itu kamu bisa tambahkan gula dan kocok sampai berbusa.

Seduh dengan Air Teh yang Sudah Di Buat

Setelah terlihat busanya, seduhlah dengan air teh yang sudah disisihkan tadi. Tambahkan dengan susu kental manis agar berasa manis. Kemudian berikan perasan air jeruk nipis sedikit saja.

Pemberian perasan jeruk nipis ini agar dapat menghilangkan bau amis dari kuning telur. Tapi kamu tidak harus menggunakannya kok. Jika sudah selesai, sajikan dan nikmati di pagi hari menjelang beraktifitas di luar rumah.

Beberapa masyarakat kadang juga menambahkan pinang di dalamnya. Pinang ini ditujukan untuk memberikan rasa yang lebih kuat. Kalau kamu suka, bisa juga loh menambahkannya.

Manfaat Teh Telur

Teh talua ini punya banyak manfaat. Jika dilihat dari bahan dasarnya telur, tentu bisa ditebak apa saja manfaatnya.

Diantara manfaatnya adalah menambah stamina, mengembalikan energi setelah kekelahan bekerja, dan menunda rasa lapar. Selain itu, minuman ini juga dimanfaatkan untuk menambah stamina kaum lelaki dewasa saat bersama istrinya.

Selain menambah stamina, minuman ini juga bagus untuk kesehatan. Karena di dalam telur sendiri mengandung banyak nutrisi seperti misalnya protein yang akan menambah massa otot.

Biasanya telur ini dimanfaatkan oleh para binaragawan. Terutama untuk memudahkan mereka dalam membentuk tubuhnya. Tentunya tanpa mengesampingkan manfaatnya dalam mengembalikan energi di dalam tubuh.

Nah, jadi kalau kamu merasa lemas atau tidak bertenaga, teh telur ini bisa dimanfaatkan. Untuk caranya, bisa kamu lihat jabaran diatas. Penasaran dengan rasanya? Ayo buat dan coba sendiri Teh Talua ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *