Suka Tantangan Tapi Tidak Berani Olahraga Paralayang? Coba Paramotor atau Paradigling Arlen Verta Ramadhan Atlet Paramotor Muda

paradigling

Tidak sedikit orang yang tertantang untuk main paralayang, khususnya mereka yang suka mencoba hal-hal baru. Sayangnya, banyak yang masih ragu. Bayangkan saja. Paralayang memiliki pengamanan yang bisa dikatakan tidak terlalu banyak. Dan olahraga ini sangat bergantung pada angin. Sangat riskan bagi sebagian orang.
Jika Anda punya alasan yang sama, Anda bisa coba paramotor.

Ini seperti paralayang yang dimodifikasi. Jadi, bentuknya sama seperti paralayang tapi ada motor penggeraknya. Jadi, bukan hanya angin saja yang menggerakkan paramotor ini tapi juga motor itu sendiri. Ada mesin baling-baling yang bisa dioperasikan sehingga paramotor ini bisa lebih mudah dikontrol. Tidak seperti paralayang yang 100% mengandalkan angin.

Jadi, lebih aman mana menurut Anda? Sekilas lebih aman paramotor, kan?

Apakah Harus Punya Lisensi Sebelum Melakukan Olahraga Paramotor?

Banyak yang mengajukan pertanyaan mengenai olahraga paramotor ini. Salah satunya mengenai lisensi. Apakah orang yang melakukan olaraga paramotor ini harus punya lisensi karena pada dasarnya ia adalah pilot?

Klik Link Temukan ▶ 🇬🇧 Bahasa Inggrisdan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Ternyata perlu. Pilot paralayang ini perlu mendapatkan lisensi. Hanya Ada regulasi yang sudah disepakati bersama oleh para pecinta paramotor. Contohnya saja ketinggian yang boleh dicapai. Pastinya, paramotor ini tidak boleh terbang terlalu tinggi, apalagi hampir sama dengan ketinggian helicopter, misalnya.

paradigling

Pilot paramotor tidak bisa sembarangan menerbangkan paramotor ini lho. Mereka harus mendapatkan training. Setidaknya mereka tahu bagaimana mengoperasikan paramotor ini. Setelah itu, baru mendapatkan lisensi.
Beruntung sekarang ini sudah banyak tempat kursus paramotor. Hal ini tidak lain karena banyaknya peminat olahraga ekstrim yang satu ini. Apakah Anda berminat untuk belajar menjadi pilot paramotor?

Jika Anda ingin merasakan bagaimana mengendarai paramotor, Anda sebenarnya tidak perlu menjadi pilot. Sekarang ini, banyak tempat wisata yang menyediakan fasilitas ini. Jadi, Anda hanya perlu duduk di paralayang bersama dengan pilot. Anda hanya perlu menikmati pemandangan dari atas saja, tidak perlu mengontrol atau mengoperasikan mesin baling-baling paramotor. Biarkan pilot yang melakukan tugas tersebut.
Akan tetapi, jika Anda ingin sekali menerbangkan sendiri, sebaiknya ikuti kelas kursus menerbangkan paramotor. Ini tidak hanya teori saja. anda juga akan langsung praktik. Jadi, tertarik untuk ikut kursus menerbangkan paramotor?

Seberapa Aman Olahraga Paramotor Ini?

Masih ragu dengan keamanan dari paramotor ini? Tentu itu bukan hal yang aneh. Bagaimanapun juga, terbang di ketinggian itu berisiko. Contohnya risiko jatuh dan akhirnya terluka. Bahkan ada juga yang akhirnya meninggal. Seperti yang terjadi Dandim Natuna Letkol Hendra Heryana. Beliau meninggal dunia ketika melakukan hobi paramotor. Pada saat itu tali parasut terlilit ke tubuhnya. Hingga akhrinya ia tidak bisa mengontrol paramator. Ia pun terjatuh lepas dan meninggal.

paradigling

Tentu saja risiko tersebut ada. Namun, risiko bisa diminimalisir. Dengan cara apa?

Berikut ini caranya agar aman melakukan olahraga paramotor.
1. Tidak Perlu Cepat
Paramotor ini bukan olahraga adu cepat. Ini olahraga santai. Tujuannya agar bisa melihat pemandangan dari atas. Maka dari itu, paramotor tidak perlu diterbangkan dengan begitu cepat.

Inilah yang membuat paramotor ini sebenarnya aman digunakan. Toh mesin baling-baling pada paramotor ini tidak didesain untuk adu cepat. Mesin hanya sebagai pendorong agar Anda sebagai pilot bisa mengarahkan kemana Anda ingin terbang.

Meskipun demikian, bukan tidak mungkin pada perkembangan nantinya, ada mesin baling-baling paramotor yang bisa digunakan untuk speeding. Hanya saja, untuk Anda pemula, sebaiknya jangan. Fokus pada tujuan awal, yaitu menikmati suasana dari ketinggian. Jadi, apakah Anda butuh speeding? Tidak saja tidak. Justru semakin santai semakin Anda bisa menikmati suasana.

2. Dilengkapi Alat Keselamatan
Anda yang ingin terbang dengan paramotor akan dipakaikan alat keselamatan. Ini hanya untuk jaga-jaga saja. Jika ternyata mesin mati, maka Anda bisa menggunakan parasut. Ini yang akan membuat Anda terjun dengan pelan dan selamat.

3. Tandem
Jika Anda tidak yakin bisa menerbangkan paramotor sendiri walaupun sudah ikut kursus, sebaiknya Anda tandem saja. Toh sebenarnya Anda hanya ingin menikmati suasana dari ketinggian, kan? Jadi, biarkan pilot yang mengendalikan paramotor. Anda tinggal menikmati suasana saja.

Jadi, kapan Anda akan mencoba olahraga ekstrim ini?

Ada beberapa tempat di mana Anda bisa menemukan fasilitas ini. Banyak tempat wisata yang sudah ada fasilitas olahraga paramotor ini. Biasanya, ini ditawarkan di daerah wisata yang ada bukit tingginya, seperti pantai yang bersandingan dengan bukit dan area pegunungan.
Subang menjadi tempat yang paling direkomendasikan untuk melakukan paramotor. Pasalnya, di Subang, ada area yang masih sangat asri yang sayang untuk dilewatkan untuk dinikmati dari ketinggian. Di Subang, ada area perkembangan teh yang sangat luas. Di sana ada fasilitas paralamotor. Anda bisa menyaksikan hamparan area penuh dengan tumbuh-tumbuhan teh yang bisa Anda nikmati dari atas.

Di Bromo, Malang juga ada. Dengan paramotor, Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Bromo dari ketinggian. Jadi, apakah Anda sudah yakin untuk mencoba?
Sebaiknya Anda gunakan pakaian yang ringan. Contohnya kaos dan juga celana pendek. Kenakan juga sepatu, jangan sandal. Anda akan diminta untuk memakai helm yang sudah disediakan oleh penyedia fasilitas paramotor. Selanjutnya, Anda hanya perlu mempersiapkan mental untuk terbang.

Jangan lupa untuk membawa kamera. Anda tidak ingin melewatkan momen di atas ketinggian untuk Anda rekam, bukan? Namun, pastikan kamera Anda pegang benar-benar kuat. Jangan sampai kamera jatuh saat Anda berada di atas ketinggian dengan paramotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *