Tunjukkan Keberanianmu dengan Melakukan Scuba Diving Di 6 Tempat Ini

spot scuba diving taman laut

Scuba diving merupakan kegiatan menyelam di bawah permukaan air dengan menggunakan alat bentu pernafasan dengan menggunakan tabung udara. Kata Scuba sendiri merupakan singkatan dari Self Contained Underwater Breathing Apparatus. Nah, kalau kamu masih bingung artinya apa, tandanya kamu harus mulai belajar bahasa inggris nih.

Nah, pada intinya, scuba diving adalah si penyelem membawa sendiri alat untuk membantunya bernafas dibawah air. Dengan adanya tabung udara yang dibawa sendiri saat melakukan penyelaman, membuat penyelam menjadi lebih bebas untuk beraktivitas di dalam air serta bisa menyelam lebih lama lantaran adanya tambahan asupan oksigen.

Jadi scuba diving memerlukan alat yang lebih banyak jika dibandingkan dengan free diving mapun snorkeling. Selain itu, sebelum bisa melakukan kegiatan scuba diving, kamu diharuskan untuk memiliki sertifikat terlebih dahulu.

Apa Sih Yang Membedakan Scuba Diving, Snorkeling, Dan Free Diving?

Sebelum kamu memilih melakukan kegiatan penyelaman, terlebih dahulu haru tahu tentang perbedaan antara scuba diving, snorkeling, dan free diving. Kenapa? sebab ini merupakan awal mula kamu memilih jenis penyelaman yang akan kamu pilih.

Terkait dengan apa itu scuba diving sudah sangat jelas diulas di atas. Tinggal mengetahui apa itu snorkeling dan free diving. Nanti ketika sudah tahu keduanya, maka nantinya kamu akan bisa dengan mudah membedakan diantara ketiganya.

Snorkeling ini bisa dibilang sebagai sebuah aktivitas berenang di permukaan air yang sekaligus juga melihat apa yang ada di bawah permukaan air. Kemudian untuk alat yang digunakan hanyalah masker, snorkel, dan juga fin.

Jadi pada dasarnya, snorkeling ini hanya dilakukan dipermukaan saja dan peralatan yang digunakan juga terbilang sangat standard. Selain itu, snorkeling ini hanya bisa dilakukan siang hari, sebab kegiatan ini sangat mengandalkan sinar matahari.

Sedangkan free diving ini adalah sejenis kegiatan menyelam dengan cara menahan nafas selama beberapa waktu di bawah permukaan air. Jadi sangat berbeda jika dibandingkan dengan scuba diving yang menggunakan tabung udara ketika menyelam.

Free diving ini hanya mengandalkan udara yang terdapat di paru-paru kamu. Oleh sebab itu, melakukan free diving seperti ini dituntut untuk memiliki kemampuan menahan nafas yang sangat baik dan benar.

Tempat Di Indonesia Yang Keren Untuk Scuba Diving

Siapapun pastinya sepakat tentang keindahan alam bawah laut Indonesia. Oleh sebab itu, sangat wajar jika banyak yang memilih melakukan scuba diving di laut Indonesia. Bagi kamu para pecinta kegiatan ini, dijamin ketagihan jika mencoba 6 lokasi scuba diving terbaik yang ada di Indonesia ini:

Raja Ampat

diving di raja ampat
Image Source: papuaexplorers[dot]com
Mungkin saja sampai saat ini Raja Ampat masih menjadi lokasi scuba diving yang paling banyak diperbincangkan. Tentunya bukan tanpa alasan, birunya laut ditambah keindahan biotanya menjadi magnet tersendiri bagi para penyuka olahraga selam.

Dengan luas mencapai 4.6 juta hektar, lautan Raja Ampat diklaim memiliki 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, dan 700 jenis moluska. Bahkan disinyalir 75% jenis spesies laut di seluruh dunia terdapat di lautan Raja Ampat ini.

Kepulauan Bunaken

diving di taman bunaken
Image Source: limakaki[dot]com
Kepulauan yang berlokasi di Teluk Manadi Sulawesi Utara ini diklaim memiliki 20 titik diving yang bisa kamu coba. Selain itu, di sini terdapat kurang lebih 13 jenis terumbu karang, 91 variasi ikan, serta masih banyak lagi moluska lain yang terbilang unik, misalnya saja seperti ikan kepala kambing dan tunikates.

Pulau Derawan

diving di pulau derawan
Image Source: disbudpar[dot]beraukab[dot]go[dot]id
Selain dikenal dengan pasir putih dan biru jernih air lautnya, alam bawah laut pulau Derawan juga dihuni sekitar 460 jenis terumbu karang, 870 jenis ikan, termasuk diantaranya manta raksasa sampai kuda laut kerdil. Selain itu, di sini terdapat 28 titik penyelaman yang menawarkan keseruan yang berbeda-beda juga loh.

Taman Nasional Wakatobi

spot diving taman naisonal wakatobi
Image Source: paradiso[dot]co[dot]id
Taman Nasional Wakatobi merupakan spot untuk scuba diving yang tidak boleh kamu lewatkan. Bukan hanya memiliki keindahan terumbu karang saja, tapi juga sering disinggahi oleh paus sperma pada saat-saat tertentu. Jika kamu ingin melihat paus sperma, maka datanglah ke pulau ini pada bulan November.

Taman Nasional Komodo

spot diving taman nasional komodo
Image Source: traveltodayindonesiadot]com

Coba datang ke Taman Nasional Komodo untuk melakukan kegiatan scuba diving, dijamin kamu akan dihipnotis dengan beragamnya biota bawah laut serta begitu lembutnya pasir lautnya. Selain itu, di sini kamu setidaknya bisa menyaksikan 385 jenis terumbu karang, sepuluh jenis ikan lumba-lumba, enam macam ikan paus, hiu, ikan pari, penyu hijau, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Karimun Jawa

diving di karimun jawa
Image Source: youtube[dot]com
Karimun Jawa juga dikenal memiliki sensasi alam bawah laut yang sangat menakjubkan. Kenapa tidak, di sini kurang lebih terdapat 90 jenis terumbu karang serta 242 aneka ikan hias yang sangat cantik. Selain itu, di sini juga banyak terdapat spot scuba diving yang bisa kamu nikmati.

Bagi kamu pecinta scuba diving, laut Indonesia memang menjadi surga tersendiri. Saking besar dan kaya nya laut Indonesia, dijamin, kamu pasti tidak akan kehabisan tempat jika dilakukan di laut Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *