Simaksi Hingga Sweeper, Ini Istilah Mendaki Gunung yang Perlu Kamu Tahu

mendaki gunung

Apakah kamu gemar mendaki gunung atau camping? Sudah tahu istilah-istilah mendaki gunung, seperti survival, survivor, dan navigator?

Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan dan digemari oleh banyak orang meski saat ini mulai merebak trend camping dengan menggunakan campervan namun experience yang didapatkan dari Hiking tentu akan sangat berbeda. Merasakan sejuknya udara yang segar, pohon yang rindang, hingga melihat keindahan alam dari puncak gunung merupakan hal yang paling dinanti ketika mendaki gunung.

DISKON KURSUS 2 JUTAAN* Dan dapatkan hadiah merchandise menarik*. Buruan dapetin ▶ 💰 BURUAN KLAIM!Belajar Inggris di EF English First. Belajar semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Hobi mendaki gunung ternyata dapat memberikan efek yang positif bagi tubuh. Apa manfaat dari kegiatan mendaki gunung? Manfaat tersebut di antaranya adalah meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, menghilangkan stres, menguatkan otot, melatih daya ingat, emosi, dan bisa melakukan self-healing.

Di samping kegiatannya yang mengasyikkan, terdapat beberapa istilah mendaki gunung yang harus kamu tahu agar bisa menjadi anak gunung sejati. Apa saja kah itu? Simak artikel ini sampai tuntas ya! 😉

Simaksi

Apa itu Simaksi? Simaksi merupakan singkatan dari Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi yang harus diperhatikan oleh para pendaki. Simaksi bisa diurus secara online maupun offline di loket. Ibarat tiket masuk gunung, pendaki tidak bisa masuk Kawasan tanpa adanya simaksi.

Hiking

Hal pertama yang terlintas di benak kita ketika mendaki gunung adalah istilah hiking. Sebenarnya, apa itu hiking?

Apa itu Hiking? Hiking adalah kegiatan berjalan kaki di alam bebas, salah satunya di gunung. Biasanya kita akan menyebut hiking sama dengan kegiatan mendaki gunung. Padahal istilah hiking juga bisa digunakan saat kamu sedang berjalan menyusuri danau, air terjun, dan alam bebas lainnya.

Trekking

Apakah tracking dan hiking itu sama? Jawabannya jelas berbeda!

Apa itu Trekking? Trekking merupakan istilah yang digunakan ketika berjalan kaki mendaki gunung. Trekking juga berkaitan dengan perjalanan panjang saat mendaki gunung. Misalnya ketika kamu sedang berada di pos A dan ingin ke pos B maka istilah trekking akan sering muncul di sini, sehingga trekking dapat diartikan sebagai perjalanan panjang dengan berjalan kaki.

Mountaineering

berkemah di atas gunung

Istilah ini digunakan untuk kegiatan mendaki gunung yang kerap dilakukan oleh seorang pendaki profesional. Biasanya mereka yang mendaki gunung memiliki keahlian dan peralatan khusus serta fisik yang kuat.

Tik-tok

Bagi pendaki yang mendaki gunung dengan jarak tempuh puncak sekitar 2-3 jam dan tidak berkemah atau menginap disebut dengan istilah tik-tok.

Dalam kata lain, tik-tok berarti naik turun gunung yang dilakukan dalam satu hari.

Summit attack

Apa itu Summit attack? Summit attack merupakan istilah yang digunakan ketika para pendaki menapaki trek menuju puncak gunung.

Trekking pole

trekking di gunung

Sering melihat pendaki menggunakan tongkat hiking? Tongkat tersebut biasanya digunakan untuk area medan yang sulit. Tongkat ini juga disebut sebagai trekking pole.

Shelter

Apa itu Shelter? Shelter merupakan istilah yang merujuk pada tempat peristirahatan. Biasanya para pendaki akan bermalam di shelter yang cenderung lapang dan dekat dengan sumber air.

Gaiter

Kegiatan mendaki gunung pasti memerlukan sepatu yang nyaman. Bagi para pendaki yang sudah terbiasa mendaki gunung pun akan sering mengenakan pelindung sepatu atau kaki yang berfungsi untuk menjaga sepatu dari masuknya batu, kerikil, debu, lumpur, dan melindungi angkel. Pelindung inilah yang disebut sebagai gaiter.

Ranger

Ranger akan sering kita temui saat mendaki gunung. Istilah ini digunakan untuk menyebut penjaga Taman Nasional Gunung yang bertugas untuk menjaga hutan hingga memberikan beberapa informasi penting saat mendaki gunung.

Porter

Apa itu Porter? Porter merupakan seorang pendaki dalam kelompok yang membantu membawa barang-barang pendaki lainnya. Porter juga merupakan orang yang bertugas untuk menyiakan makanan untuk para pendaki.

Sweeper

pendaki gunung

Terdapat urutan bagi kelompok pendaki saat menaiki gunung. Anggota yang paling depan disebut sebagai leader karena Ia bertugas untuk memimpin kelompok dan membimbingnya agar sampai ke tempat tujuan dengan selama, sehingga seorang leader harus mengetahui jalur pendakian dan sudah berpengalaman dalam hal mendaki gunung.

Sementara anggota yang paling belakang disebut sebagai sweeper. Ia merupakan sosok yang sangat dibutuhkan saat mendaki gunung. Sweeper bertugas untuk mencegah barang pendaki di depannya tertinggal. Kehadiran sweeper juga penting untuk memastikan keamanan seluruh pendaki dan memastikan agar tidak ada pendaki yang tertinggal.

Itulah beberapa istilah dalam mendaki gunung yang harus kamu tahu. Mengetahui istilah pendakian ini merupakan hal yang penting bagi para pendaki, apalagi bagi pendaki yang pemula. Oleh sebab itu, pastikan sebelum mendaki gunung kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dulu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.