Serba Serbi Tentang Kata Slang Yang Buat Kamu Makin Gaul

Posted on
kata gaul dalam bahasa inggris

Kalian pasti sudah pada tahu kan yang lagi viral akhir-akhir ini? Yap betul banget! Ngomong campur-campurnya anak Jaksel alias Jakarta Selatan yang which is campur campur Indonesia English gitu deh. Tuh kan jadi aja ikutan! Tapi tau gak sih? Walaupun banyak yang bilang itu sosoan, tapi ternyata hal itu bagus loh untuk kamu agar bisa membiasakan diri kamu dalam belajar bahasa Inggris.

Nah biar lebih afdol lagi belajarnya, kamu juga harus banget nih belajar bahasa gaul dalam bahasa Inggris atau yang biasa disebut Slang! Biar bukan cuma ngandelin campur sari aja, tapi kamu juga bisa nunjukkin kaya-nya pengetahuan kamu dalam bahasa Inggris.

Definisi Slang

Sebelum kamu tahu slang apa yang ada didalam Bahasa Inggris, kamu harus tahu dulu dong Apa Itu Slang bukan? Menurut Oxford Dictionaries, “slang is a type of language consisting of words and phrases that are regarded as very informal, are more common in speech than writing, and are typically restricted to a particular context or group of people.”

Atau Slang adalah salah satu jenis bahasa yang terdiri dari kata dan kalimat yang dianggap tidak formal dan lebih sering digunakan untuk berbicara dibanding menulis, dan biasanya hanya digunakan oleh kelompok orang tertentu. Perlu kamu pahami ya, kalau kamu tidak bisa menggunakan slang ini kepada sembarang orang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahasa ini terhitung tidak formal dan sering dianggap rude atau kasar oleh beberapa orang khususnya orang tua. Karena yang menggunakan bahasa ini rata-rata adalah remaja. Karena itu hanya gunakan slang saat kamu sedang bersama teman-teman kamu saja ya.

Walaupun tidak ada waktu pasti atau nama penemunya, slang diperkirakan muncul pertama kali di pertengahan abad ke 18. Lumayan lama juga ya!

Pengaruh Slang Terhadap Masyarakat

Nah slang ini juga ternyata memiliki pengaruh-pengaruh loh. Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa Inggris merupakan perpaduan yang kompleks dari bahasa Yunani, Latin, Jerman dan Perancis. Seiring dengan berkembangnya zaman, bahasa Inggris juga mengalami banyak perubahan dan penyesuaian kata.

Berubahnya zaman, perang dan politik merubah bentuk masyarakat dan juga turut merubah bahasa yang ada. Hal positif dari adanya slang adalah slang secara tidak langsung membuat bahasa berkembang. Saat sebuah masyarakat berubah, muncul slang-slang baru. Sehingga menambah variasi dan keragaman didalam bahasa Inggris. Selain itu ada beberapa pengaruh positif yang bisa kamu dapat jika kamu mengerti atau tahu banyak tentang slang.

manfaat slang

Membantu proses belajar

Dalam belajar sebuah bahasa baru, tidak ada yang lebih dibanding mencoba langsung bahasa tersebut. Buku, film dan musik sering menjadi media belajar yang baik dan ampuh untuk kamu yang ingin belajar suatu bahasa baru. Khususnya dalam bahasa Inggris, ternyata dengan memahami slang dapat membantu kamu meningkatkan kemampuan kamu dalam bahasa Inggris terutama dalam memahami konteks suatu kalimat.

Membuat kamu up-to-date

Kata-kata slang menjadi salah satu bagian yang tidak bisa kita hindari terutama jika kita merupakan pengguna aktif platform-platform online seperti Twitter. Penggunaan slang yang banyak digunakan oleh seluruh pengguna di seluruh dunia, menunjukkan besarnya penyebaran slang.

Mengikuti atau tahu tentang Slang dapat membantu kamu untuk tetap update, bukan hanya mengenai apa yang terjadi di seluruh dunia tapi juga membantu kamu untuk mengetahui perubahan apa yang terjadi dalam bahasa yang sedang kamu pelajari.

Membantu kamu menghindari “Faux Pas”

Selain dapat membantu kamu untuk berbaur didalam pergaulan, mengerti slang juga dapat membantu kamu mengerti konteks dan perbedaan bahasa yang ada. Dengan mengetahui slang bahasa-bahasa tertentu, kamu bisa menghindari ucapan yang ofensif terhadap lawan bicara kamu. Misalnya saja, kata Chick. Di Amerika, Chick dapat digunakan sebagai sebutan untuk seorang wanita yang sangat umum ditemukan di film ataupun buku, tapi di Inggris, kata Chick dapat berarti berbeda. Dengan mengetahui arti-arti kata tertentu, dapat membantu kamu untuk tahu apa yang harus dan tidak harus kamu ucapkan. Sehingga bisa menghindarkan kamu dari situasi canggung jika kamu tidak sengaja mengucapkan sesuatu yang sebetulnya tidak kamu maksud untuk ucapkan.

15 Slang Yang Bisa Kamu Pelajari

Dope

Jika berbicara tentang Slang, kamu bisa mengucapkan Dope yang memiliki arti yang sama dengan kata Good atau Excellent. Seperti misalnya, kamu melihat temanmu menggunakan jaker baru yang keren, kamu bisa mengucapkan “Hey! Your new jacket is dope!

Tapi, disisi lain, dope juga bisa berarti bodoh loh. Jadi saat mengucapkan ini kamu harus tahu konteks yang dibicarakan ya!

AF

Mungkin sebagian dari kamu sudah cukup familiar dengan kata ini. Karena kata ini memang banyak digunakan di Twitter atau Instagram atau bahkan diucapkan. Nah untuk kamu yang belum tahu, biasanya kata ini digunakan saat kamu ingin menekankan sesuatu. Misalnya kamu ingin bilang seseorang sangat pintar, kamu bisa menggunakan “He is smart AF.”

kumpulan slang

Bae

Nah kata satu ini sering disalah artikan sebagai singkatan untuk kata “Babe” atau “Baby” padahal bukan loh. Hayo jangan-jangan kamu nih salah satunya yang berpikir demikian? Jadi Bae adalah singkatan dari “Before Anyone Else.” Nah sebutan ini biasanya digunakan untuk menunjukkan pasangan kamu atau orang lain. Misalnya kamu ingin mengupload foto bersama pasangan kamu, kamu bisa loh menulis “Time with Bae” sebagai captionnya.

Extra

Sebenarnya arti slang ini tidak jauh berbeda dari arti kata Extra di kamus. Lalu apa yang membedakannya? Yang membedakan arti kata Extra di kamus dan sebagai slang adalah sebagai slang, kata Extra lebih sering memiliki arti yang sedikit negatif. Kamu bisa menggunakan kata Extra jika ingin menjelaskan sesuatu yang terlalu berlebihan atau bahasa Indonesianya sih lebay. Misalnya, teman kamu berbelanja baju baru hanya untuk belajar bersama, kamu bisa mengatakan “Oh she is so extra.

GOAT

Well arti goat disini bukan kambing loh ya! GOAT disini merupakan sebuah singkatan, yaitu “Greatest of All Time.” Biasanya GOAT digunakan saat orang berbicara mengenai olahraga. Misalnya kamu dan teman kamu berdebat siapa yang lebih hebat antara Kaká dan David Beckham, jika kamu menganggap Beckham lebih baik, kamu bisa mengatakan “Well David Beckham is the GOAT.”

slang dan artinya

Low Key

Nah kamu bisa menggunakan kata Low Key saat kamu diam-diam menikmati sesuatu. Misalnya, kamu sedang menyukai seseorang, kamu bisa mengatakan ini saat curhat dengan teman kamu tentang orang tersebut, “I think, I’m low key in love with her.

Dead / Dying

Tenang-tenang, slang ini bukan untuk menyumpah seseorang untuk mati atau untuk mengatakan mati kepada seseorang. Ternyata, didalam slang, dead atau dying memiliki arti sangat terkejut atau senang sekali. Misalnya, teman kamu ada yang memberikan jokes yang sangat lucu sehingga kamu tertawa, kamu bisa ngomong ini ke temen kamu: “You’re so funny, I’m dying from laughter.

Hundo P

Hayo ada yang bisa tebak apa arti Hundo P? Yap, arti dari Hundo P adalah 100% yang bisa kamu gunakan saat kamu setuju atau sependapat dengan seseorang. Misalnya, kamu setuju dengan salah satu teman kamu, kamu bisa mengatakan “Don’t worry, I’m with you hundo p!

Lit

Kata ini memiliki arti cool atau keren. Umumnya digunakan saat kamu menghadiri sebuah acara atau pesta. Misalnya kamu menghadiri pesta ulang tahun teman kamu, dan pestanya sangat keren dan seru, kamu bisa mengucapkan ini pada teman kamu. “Last night party was lit!

On fleek / Snatched

Kedua kata ini digunakan saat kamu ingin menjelaskan sesuatu yang keren atau on point. Misalnya kamu menyukai salah satu mainan action figures milik teman kamu, kamu bisa mengatakan, “that action figures is snatched! Where you buy it?

Yass

Yass sebenarnya merupakan slang word untuk kata Yes. Biasanya orang-orang menggunakan kata slang ini saat merasa antusias dengan suatu hal. Misalnya, orang tua kamu mengajak kamu liburan ke tempat impian mu, saat hari liburan tiba dan kamu sudah sampai ditempat tujuan, kamu bisa dengan semangat berteriak “YAAAAS! We are finally on holiday”.

Wicked

Wicked dalam slang berarti excellent. Seperti saat kamu selesai menonton DJ misalnya, kamu bisa mengatakan “that DJ is wicked, man!” jika kamu merasa terhibur dengan performa DJ tersebut. Namun, kata ini memiliki arti lain yang cukup negatif. Di kamus, wicked dianggap sebagai sesuatu yang jahat atau buruk. Misalnya Darth Vader di Star Wars yang sering dianggap sebagai wicked characters di film tersebut. Jadi harus tau penempatannya ya!

slang dalam bahasa Inggris

Done

Bosan dengan sesuatu atau merasa lelah mendengar seseorang? Kamu bisa menggunakan kata ini untuk mengekspresikan perasaan kamu itu. Misalnya, kamu memiliki rekan tim yang sangat sulit diajak kerjasama, saat kamu sudah merasa sangat lelah, kamu bisa mengatakan ini pada rekan kamu itu. “I’m so done with you.

Spill the tea

Spill the tea disini bukan berarti kamu harus menumpahkan teh ya. Tea yang dimaksud disini adalah informasi. Biasanya slang ini diucapkan saat kamu sedang membicarakan sebuah gossip. Misalnya, teman kamu mengatakan akan memberi tahu kamu sebuah berita tentang anak kelas sebelah. Untuk meresponnya, kamu bisa mengatakan “Yes, come on spill the tea!

Wild / Wildin’

Didalam slang, kata wild bisa kamu gunakan untuk beberapa hal. Misalnya jika kamu berada didalam situasi yang mengagetkan, kamu bisa menggunakan kata ini. Jika kamu mencoba untuk mendeskripsikan seseorang, kata wild bisa digunakan untuk menjelaskan orang yang lucu atau aneh.

Sedangkan kata wildin’, lebih untuk mengungkapkan saat kamu melihat atau mendengar seseorang mengalami atau melakukan hal yang mengagetkan, aneh atau memalukan. Misalnya, kamu mendengar salah satu teman kamu bertemu Justin Bieber secara tidak sengaja. Kamu bisa mengatakan, “How can she met JB just like that? That’s so wild!

Fam

Fam merupakan kependekan dari kata family atau keluarga. Biasanya kata ini digunakan untuk menyebutkan teman atau kelompok orang tertentu. Misalnya, teman sma kamu akan mengadakan reuni dan kamu tidak sabar bertemu mereka. Kamu bisa mengatakan “I really can’t wait to meet my high school fam.

Nah itu dia kata-kata slang yang bisa kamu gunakan untuk menambah kosakata yang kamu miliki. Tapi, jika kamu belum terlalu yakin kapan harus menggunakan slang, dan karena slang umumnya memiliki arti yang negatif di kamus aslinya, lebih baik kamu mengikuti kursus bahasa Inggris agar kamu bisa menggunakan kata-kata ini sesuatu tempatnya. Selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *