Sepeda BMX dan 5 Jenis BMX Terbaik Untuk Hobi Kamu

Posted on
sepeda bmx

Buat sebagian dari kamu bersepeda ataupun berolahraga sepeda mungkin sesuatu yang asing lagi. Ada banyak jenis sepeda yang bisa kamu gunakan, salah satunya sepeda BMX. Banyak diantara anak-anak yang memulai hobinya menggunakan sepeda dengan sepeda BMX. Hobi bersepeda BMX bukanlah hobi yang merugikan. Hobi ini lebih bernilai positif, dan bisa mendorong penggunanya lebih berprestasi. Buat kamu yang baru memulainya, tentu saja bisa mencoba untuk menekuninya. Namun pastikan kamu memilih jenis sepeda yang terbaik untuk mendukung aktifitas tersebut. Kegiatan ini dinilai positif lantaran mendirect pemuda agar mau berkarya. Toh, kegiatan ini sudah diakui dan masuk dalam kategori olahraga yang dilombakan di kancah international.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!


Jenis BMX Yang Pas Untuk Pilihan Terbaik

Cukup banyak kegiatan yang bisa dilakukan dengan sepeda BMX ini. Namun harus dipahami bahwa tidak semua jenis BMX ini sesuai digunakan. Karena memang ada banyak sepeda yang dipalsukan.
Nah biat kamu yang baru memulai hobi ini, pilihan 5 jenis sepeda BMX ini bisa menjadi referensi buat kamu :

  1. Pacific sepeda BMX 20 Hotshot Racer
  2. Pacific sepeda BMX 20 Jaguar
  3. Polygon sepeda BMX Rudge 3 20
  4. Polygon sepeda BMX Rudge 2 20
  5. Genio sepeda BMX 20 Fury

Tips Membeli Sepeda BMX

Sekiranya kamu agak bingung memilih jenis yang terbaik, baik kamu bisa simak tips memilih sepeda :

    1. Memiliki rangka yang kokoh

Rangka atau body sepeda harus menjadi perhatian paling utama. Kenapa? Karena sepeda ini nantinya digunakan untuk kegiatan yang lebih ekstrim. Salah satunya untuk melompat dengan ketinggian tertentu. Tentu rangka yang tidak kuat akan mudah patah. Makanya, kamu disarankan untuk mencari sepeda dengan rangka yang kuat. Salah satunya adalah rangka yang dibuat dari Chromoly. Bahan ini kuat dan pas untuk menopang ridernya.

    2. Perhatikan sambungan Frame sepeda

Di sini, kamu harus jeli dalam membelinya. Lihat secara detail mengenai sambungan yang melekat pada sepeda. Mulai dari sistem pengereman, sambungan pedal, rangka dan seterusnya.

    3. Pastikan Ban bisa mencengkeram permukaan

Ban ini juga sangat berpengaruh pada kegiatan kamu. Trik BMX yang sedang kamu pelajari akan berjalan dengan baik jika didukung dengan ban yang sempurna. Minimal, ban yang baik tidak menyebabkan slip.

Cabang Olahraga Dalam BMX

Cabang olahraga di dalam kegiatan BMX ini sangat beragam sekali, buat kamu yang serius menggelutinya bisa turut ambil bagian. Baik itu di kontes dalam negeri, ataupun di mancanegara. Rasanya perlu sesekali kamu cobain ikutan kontes atau pun perlombaan BMX dan semisalnya. Cabang olahraga dalam dunia sepeda ini sangat digandrungi oleh masyarakat luas. Ada 2 cabang BMX yang dilombakan di tingkat nasional maupun international. Apa saja cabang yang dimaksud?

1. Cabang BMX Supercross

Cabang olahraga ini sudah dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini berkat adanya campur tangan seseorang dalam memasukkan kegiatan ini dalam perlombaan. Khususnya dimasukkan dalam satu cabang olahraga yang ada di perhelatan Olimpiade.
Namanya adalah BMX Supercross (SX). Cabang olahraga ini mengharuskan atlet untuk meluncur di sirkuit dengan ketinggian 8 meter di atas jalur sirkuit. Panjang lintasannya sekitar 350 meteran.

BMX Supercross

Jalurnya berbeda-beda. Mulai dari jalur datar, sampai berbelok. Kesemua jalur ini harus dilewati oleh pembalap untuk memperebutkan posisi teratas. Keseruan dari perlombaan ini nampak pada kemampuan dari atlet itu sendiri ketika berada di lintasan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pembalap perlu melakukan pendaratan yang cepat dengan kira-kira melompat pada ketinggian sekitar 5 meteran.
Biasanya, duel seru akan berlangsung ketika memasuki tahap akhir. Pasalnya, pembalap yang berhak untuk melaju ke babak selanjutnya harus menempati urutan pertama dari 4 pembalap.

2. Cabang BMX Freestyle

Cabang olahraga sepeda yang tak kalah membuat decak kagum adalah BMX Freestyle. Ini adalah cabang olahraga BMX yang bisa dikatakan paling ditunggu oleh kawula muda.
Kenapa? Karena cabang olahraga ini mempertontonkan skill dari si pengendara itu sendiri. Mulai dari melompat, bergaya bebas dan lain sebagainya.
Perlu diingat bahwa cabang ini juga terbagi menjadi beberapa bagian. Dan kemampuan atlet inilah yang bakalan menjadi tolok ukur kemenangan. Nah, apa saja cabang di dalam BMX Freestyle ini?

BMX Freestyle

  • Yang pertama disebut dengan Park. Di sini, seorang rider diminta untuk menghasilkan angka dengan melewati berbagai rintangan di skate park. Rintangan ini berupa permukaan dinding, permukaan miring dan lain sebagainya.
  • Yang kedua adalah Vert yang merupakan singkatan dari Vertical. Rider ini harus sangatlah ahli. Dan butuh latihan bertahun-tahun untuk melakukannya. Karena rider yang biasanya lolos adalah rider yang mampu melompat di atas ramp sekitar 4,5 meteran.
  • Yang ketiga adalah FLAT. Seorang rider harus mempertontonkan kemampuannya dalam menguasai sepedanya di area datar. Contoh paling nyata dari Flat adalah kemampuan rider dalam menunggangi sepeda dengan satu roda.
  • Yang keempat adalah Street. Aksinya dilakukan di jalan raya. Dan kebanyakan hanya menggunakan bangunan yang ada di sekitar. Entah itu dinding kota ataupun pagar.
    Kemudian yang kelima adalah Dirt. Para rider diharuskan untuk membuat angka dengan melompati gundukan tanah yang disediakan. Ketinggian dan tingkat kesulitan dalam mempertontonkan gaya di atas udara akan menambah nilai.

Nah, kalau sudah memperoleh sepeda yang bagus, kamu bisa rajin berlatih dengan sesama penyuka sepeda BMX. Di sini, banyak pelajaran yang bisa kamu ambil. Tentunya bisa juga menjadi tempat pas untuk memulai karir di dunia freestyle sepeda BMX.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *