Semanggi, Makanan khas Surabaya Yang Memiliki 1000 Khasiat Untuk Kesehatan

semanggi makanan khas surabaya

Semanggi adalah salah satu kuliner khas Surabaya yang saat ini cukup sulit untuk ditemukan. Berbeda dengan kuliner khas Surabaya lainnya yang banyak dijajakan di pinggir jalan. Selain Semanggi, kursus bahasa inggris yang baik juga cukup sulit ditemukan, oleh karenanya harus benar-benar selektif dalam mencarinya.

Nah, kalau kamu kebetulan menemukan Semanggi, jangan lupa untuk mencicipinya ya. Bahkan jika bisa, jadikan sebagai menu rutin kamu setiap hari. Nah, kenapa ya? Sebab ternyata semanggi ini menyimpan seribu khasiat untuk kesehatan.

Pada dasarnya, kuliner Semanggi khas Surabaya ini ada kemiripan dengan pecel dalam hal penyajiannya. Umumnya disajikan dengan sayuran seperti halnya daun semanggi, tauge rebus, lalu disiram dengan bumbu dan ada tambahan kerupuk puli di atasnya.

Meskipun Semanggi adalah salah satu makanan khas Surabaya, tapi saat ini sudah jarang yang menjualnya. Jadi hanya di tempat-tempat tertentu saja biasanya Semanggi dijual.

Bagi kamu yang penasaran dengan kelezatan dari Semanggi, saat ke Surabaya datang saja ke Taman Prestasi, Taman Bungkul, serta beberapa kampung lama di Surabaya. Sebab di sanalah yang biasanya masih banyak yang menjajakan Semanggi.

Kandungan Nutrisi Pecel Semanggi

pecel semanggi khas surabaya
Image Source: babacaca[dot]com
Hampir seluruh jenis sayuran memilki kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Tidak terkecuali Semanggi yang merupakan bahan untama untuk membuat pecel Semanggi khas Surabaya.

Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika salah satu olahan khas Surabaya ini juga dikenal memiliki pengaruh yang sangat baik terutama dalam hal kesehatan tubuh. Memangnya apa saja kandungan yang ada pada Semanggi?

Kandungan gizi yang ada pada Semanggi segar adalah air sebanyak 89.02%, abu 2.7%, protein 4.35%, lemak 0.27%, serat kasar 2.28%, dan karbohidrat sebesar 1.38%. Maka dari itu, sangat wajar jika jenis sayuran yang satu ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Ketika Semanggi ini melalui proses pengukusan, memang kandungan gizi yang ada pada semanggi akan sedikit berkurang, kecuali karbohidrat yang justru akan semakin meningkat.

Selain itu, sama halnya dengan kadar air, abu, lemak, serat, dan protein yang mengalami penurunan ketika sudah dikukus, kandungan vitamin yang ada pada tangkai semanggi pun juga akan mengalami hal yang sama.

Contohnya saja kandungan vitamin C yang terdapat pada daun serta tangkai semanggi akan berubah dari 66.58% mg/100 gram berkurang menjadi 55.29 mg/100 gram ketika sudah melalui proses pengukusan.

Khasiat Semanggi Untuk Kesehatan

Selain bisa mengobati rasa lapar, Semanggi ternyata memiliki sejuta khasiat untuk kesehatan. Pasalnya, bahan utama yang digunakan untuk membuat makanan khas Kota Surabaya ini adalah daun semanggi.

semanggi makanan dari surabaya
Image Source: pelwis[dot]net
Di dalam dunia kesehatan, daun semanggi ini dikenal ampuh untuk mencegah dan mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Sebab di dalam daun semanggi mengandung berbagai jenis kandungan senyawa seperti minyak atsiri, zat samak, saponin, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bahkan menariknya lagi, beberapa kandungan tersebut ternyata ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit mulai dari yang ringan sampai yang masuk dalam kategori kronis.

Supaya kamu tidak salah dalam memahami khasiat dari daun semanggi, di bawah ini adalah beberapa contoh manfaat daun semanggi untuk kesehatan:

Mengatasi Terlambat Datang Bulan

Khasiat pertama dari daun semanggi adalah bisa mengatasi haid yang tidak lancar. Senyawa yang ada pada daun semanggi ini akan menyeimbangkan hormone sekaligus meredakan stress yang sering dirasakan ketika haid tidak lancar.

Mengatasi Infeksi Saluran Kencing

Saluran kencing ini berpotensi terkena berbagai macam jenis infeksi dikarenakan menjadi sarang dari kuman dan bakteri. Dan ketika ada permasalahan pada saluran kencing, bisa kamu atasi dengan memanfaatkan daun semanggi ini.

Anti Hipertensi

Bagi kamu yang tidak ingin memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi maka sebaiknya konsumsilah daun semanggi secara teratur.

Meredam Demam

Daun semanggi juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan panas saat terkena demam. Alasannya adalah di dalam daun semanggi terkandung senyawa yang memiliki kemampuan untuk menetralkan suhu tubuh sehingga panas bisa dengan mudah diredakan.

Anti Diare

Daun semanggi juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai jenis gangguan pencernaan, misalnya saja seperti diare. Senyawa daun semanggi akan membunuh semua kuman penyebab penyakit diare. Selain itu, rutin mengkonsumsi daun semanggi juga akan membuat sistem pencernaan semakin sehat dan lancar.

Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tengorokan ini mudah sekali menyerang siapa saja yang stamina dan daya tahan tubuhnya menurun. Dan keluhan seperti ini bisa dengan mudah kamu atasi dengan daun semanggi.

Obat Hepatitis

Daun semanggi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat hepatitis atau penyakit kuning. Kandungan alami pada daun semanggi bisa kamu jadikan sebagai obat herbal penyakit hepatitis tanpa menimbulkan efek samping.

Di atas baru khasiat yang ada pada daun semanggi saja. Belum lagi khasiat yang ada pada touge. Padahal di dalam makanan khas Surabaya yang satu ini juga menggunakan touge. Oleh sebab itu pastinya akan lebih banyak lagi khasiat makanan Semanggi untuk kesehatan, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *