Selain Enak, Karedok Ternyata Baik Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Tanpa disadari, ternyata karedok menyimpan sejuta khasiat terutama untuk kesehatan. Apa itu Karedok? Karedok adalah salah satu makanan khas Jawa Barat. Tidak mengherankan jika karedok ini menyimpan sejuta manfaat, sebab bahan utama untuk membuat karedok adalah berasal dari sayur-sayuran.

Umumnya untuk jenis sayuran yang digunakan untuk membuat karedok adalah kol, kacang panjang, taoge, mentimun, terong, dan daun kemangi. Sedangkan untuk sausnya adalah menggunakan bumbu kacang yang dibuat dari kacang tanah, cabai merah, garam, bawang putih, kencur, gula jawa, terasi, dan air asam.

Klik Link Temukan Solusi Terbaik untuk Anak ▶ 🇬🇧 🇮🇩 TKdan Remaja Menggapai Cita-Cita Mereka!

Dan bisa dikatakan komponen sayur yang digunakan untuk membuat karedok ini mengandung nilai gizi yang cukuk tinggi, apa lagi disebabkan sayuran tersebut masih mentah sehingga membuat gizi yang terkandung pada sayuran tersebut masih sangat alami.

Asal Usul Karedok Khas Sunda

Image Source: vemale.com

Konon karedok ini berasal dari sebuah perkampungan yang terletak di seberang sungai Cimanuk. Daerah itu dulunya adalah wilayah Sumedang Larang atau yang dikenal juga dengan negara Mayeuti (sebutan masyarakat pada waktu itu).

Pada saat itu ada musibah tanah longsor yang terjadi di sawah lamping dan menimpa sebuah perkampungan yang menyebabkan pendukduk kampung tersebut harus pindah ke kampung Rancakeong atau Babakan Dobol.

Pada awalnya hanya ada 2 keluarga ditempat baru itu dan pada akhirnya berkembang sampai menjadi 710 jiwa. Cepatnya pekembangan tersebut lantaran daerah baru itu ternyata memiliki tanah yang subur sehingga banyak orang yang kemungkinan berdatangan dan memutuskan untuk menetap di sana.

Pada waktu itu, Sumedang dipimpin oleh Butapi bernama Pangeran Surait Atmaja. Bupati tersebut senang sekali dengan “Ngalintar”. Ngalintar adalah menangkap ikan di sungai dengan menggunakan jala atau bisa juga dengan kecrik.

Pada saat Butapi sedang ngelintar di Leuwi Kiara yang merupakan aliran sungai Cimanuk, Bupati tersebut merasa kelelahan dan memutuskan untuk beristirahat disebuah kampung yang bernama Kamupun Dobol.

Belajar Bahasa Inggris Mudah? klik di sini!

Pada waktu beristirahat, ada masyarakat yang tahu jika yang beristirahat tersebut adalah seorang Bupati, maka para warga Kamupun langsung menyuguhkan hidangan berupa karedok terong yang merupakan jenis makanan Sunda yang sering dimakanan bersamaan dengan nasi.

Setelah mencicipi karedok tersebut, sang bupati merasakan kenikmatan yang luarbiasa lalu kemudian dibicarakan kepada sesepuh Sumedang paska pulang ke kadipaten. Dan ternyata para sesepuh Sumedang juga ikut pergi ke kampung Dobol untuk mencicipi karedok tersebut.

Khasiat Karedok Bagi Kesehatan

Image Source: resepmedia.com

Karedok ini bisa dikatakan sebagai makanan yang sehat karena komposisinya terbuat dari sayur-sayuran segar yang masih mentah sehingga kandungan serat dan nutrisinya masih utuh. Di dalam masyarakat Sunda, ada beberapa jenis karedok, diantaranya adalah karedok biasa (sayuran), karedok kacang panjang, dan karedok leunca.

Dari sisi nutrisi yang dikandungnya, jalas sekali jika karedok ini sangatlah sehat, sebab sayuran untuk membuat karedok ini tidak dimasak terlebih dahulu sehingga kandungan gizi yang ada di dalamnya masih untuh.

Kacang panjang adalah sumber protein yang sanga baik, kaya akan vitamin A, thianim, besi, fosfor, riboflavin, dan kalium. Selain itu kacang panjang juga dikenal sebagai sumber vitamin C, magnesium, folat, dan mangan.

Adapun nilai kandungan gizi yang terdapat pada kacang panjang mentah per 100 g (3,5 oz) adalah energi 196 kJ (47 kcal), serat 3,5 g, karbohidrat 8 g, protein 3 g, dan lemak 0 g. Jadi sangat baik untuk makanan diet.

Sedangkan untuk daun kol, dikenal kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B6, folat, magnesium, besi, kalsium, serat, karbohidrat, protein, dan masih banyak lagi kandungan yang bermanfaat lainnya.

Selain itu, di dalam karodek sayuran juga terdapat kecambah atau tauge yang dikenal kaya akan kandungan vitamin C dan E. Tauge ini juga dikenal sayuran yang rendah kadar lemaknya serta memiliki kandungan protein dan folat yang bisa memperkecil resiko timbulnya penyakit kardiovaskular. Selain itu juga bisa merendahkan LDL (Low density lipoprotein) dalam darah.

Bukan hanya itu saja, tauge juga dikenal mengandung fitoestrogen yang memiliki fungsi seperti estrogen bagi wanita. Esterogen ini bisa meningkatkan kepadatan dan juga susunan tulang serta dapat mencegah kerapuhan tulang atau osteoporosis.

Sedangkan untuk mentimun, dikenal kaya akan kandungan serat dan juga vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu mentimun juga dikenal sebagai sayuran sumber dari vitamin B1, B2, B3, B5, dan B6. Selain itu mentimun juga kaya akan kandungan fosfor, kalium, mangan, magnesium, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh lainnya.

Ada juga karedok yang bahan utamanya adalah leunca atau dalam bahasa Indonesianya adalah ranti. Leunca sendiri juga dikenal kaya akan kandungan senyawa glikosida alkaloid solanin, kalsium, minyak lemak, zat besi, vitamin A dan C.

Selain itu, buah leunca ini bisa Anda manfaatkan sebagai diuretic dan tonic. Bahkan buah leunca ini bisa dimanfaatkan sebagai obat anti bakteri dan juga obat anti kanker alami.

Semua kandingan nutrisi dan gizi yang terdapat dalam semua campuran bahan utama dari keredok ini sangat wajar jika menjadikan karedok sebagai makanan khas daerah yang sehat dan bergizi tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *