Sekoteng dan Sajian Terbaik untuk Si Mungil Hangat

Posted on
gerobak sekoteng

Sekoteng mungkin selama ini dianggap sebagai minuman orang kampung. Karena memang ini sering ditemukan di kampung. Jarang sekoteng disajikan di restoran besar yang ada di perkotaan. Itu dulu. Sekarang, ternyata sekoteng sering disajikan di restoran-restoran besar. Bahkan, tidak jarang juga hotel bintang lima menyajikan minuman ini untuk para tamu.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

Tentu saja sekoteng tidak hanya disajikan seperti biasa. Ada sentuhan kecil yang membuat sekoteng tidak lagi terlihat minuman biasa. Sekoteng disajikan dengan baik dengan tampilan yang sangat menarik. Kamuingin coba?

Cara Menyajikan Sekoteng Agar Terlihat Lebih Menarik

sekoteng di jakarta

Kamu tidak perlu khawatir meski benar-benar belum mahir dalam membuat makanan atau minuman. Cukup gunakan bahan utama sekoteng lalu siapkan beberapa hal untuk mempercantik tampilan.

1. Manfaatkan Gelas Cantik

Ini salah satu cara yang dilakukan oleh restoran-restoran besar. Bisa saja menu minuman yang ditawarkan itu biasa. Namun, terlihat luar biasa ketika minuman tersebut disajikan dengan gelas yang cantik. Ini pula yang bisa Kamu lakukan ketika menyajikan sekoteng.
Jika sekoteng biasanya disajikan dengan menggunakan mangkuk, coba Kamu gunakan gelas cantik. Contoh saja gelas yang berbentuk segi empat. Usahakan agar gelas tersebut transparan sehingga semua isi sekoteng terlihat dari luar.

2. Sajikan Sekoteng Hangat

Kebanyakan orang membuat sekoteng dingin. Makanya, istilah es sekoteng lebih familiar dibandingkan dengan sekoteng hangat.

Akan tetapi, tidak salah juga jika Kamu membuat sekoteng hangat. Apalagi jika Kamu tinggal di daerah dataran tinggi yang udaranya dingin. Atau musim hujan tiba. Kamu bisa hangatkan tubuh dengan cara membuat minuman sekoteng hangat.

Agar benar-benar menghangatkan tubuh, sajikan sekoteng yang sudah dicampur dengan jahe. Jahe inilah yang bakal membuat tubuh benar-benar hangat. Bukan hangat karena airnya yang masih hangat saja.

3. Tambahkan Pisang

Pernah coba sekoteng dengan irisan buah pisang? Sebenarnya, buah apa saja boleh ditambahkan. Hanya saja, jarang yang mencoba hal tersebut. Dan kini, Kamu bisa mencoba menu sekoteng spesial dengan menambahkan pisang yang diiris tipis-tipis ke dalam minuman tersebut.

Gunakan mangkuk yang lumayan besar untuk menyajikan sekoteng tersebut. Tambahkan juga kacang mete agar tampilan minuman ini jauh lebih cantik.
Tentu Kamu bisa membuat kreasi sendiri sesuai dengan keinginan. Pastinya, harus ada upaya kreatif agar minuman kampung ini bisa naik kelas. Jadi, tidak ada lagi stigma bahwa sekoteng adalah minuman orang kampung. Ini pun layak untuk disajikan di restoran-restoran besar. Bahkan, Kamu bisa berbisnis membuat sekoteng. Dengan bahan yang sama tapi tampilan yang beda, masyarakat pasti lebih suka.

Asal Muasal Minuman Sekoteng

Siapa bilang sekoteng itu minuman dari Indonesia. Ternyata, ini minuman dari Cina. Dulu, orang-orang keturunan Tionghoa yang ada di Indonesia membuat minuman yang mereka sebut dengan “su ko thung.” Hanya saja, Orang Indonesia sulit untuk mengucapkan nama tersebut. Mereka lebih mudah mengatakan sekoteng.
Lebih dari itu, minuman yang dulunya hanya diminun oleh orang keturungan cina ini disukai Orang Indonesia. Sejak itulah minuman ini sangat familiar hingga dianggap sebagai minuman khas Indonesia.

Banyak sekali makanan atau minuman dari mereka yang keturunan Tionghoa itu memiliki manfaat kesehatan. Lalu, apakah sekoteng termasuk ke dalam minuman yang memberikan manfaat untuk kesehatan? Ternyata ya. Ini bukan hanya minuman untuk menghilangkan rasa haus saja. Lebih dari itu, minuman ini juga memberikan manfaat kesehatan seperti meredakan nyeri saat menstruasi.

Oleh sebab itulah para kaum hawa disarankan minum minuman ini saat sedang haid. Apalagi jika mereka sering merasakan nyeri yang tidak tertahankan saat haid. Minum sekoteng jauh lebih efektif mengatasi nyeri dan pastinya lebih aman dibandingkan dengan mengkonsumsi obat-obatan.
Bagi ibu hamil yang sering mengalami morning sickness pun bisa menjadikan minuman sekoteng sebagai obat. Ekstrak jahe di dalam minuman ini mampu meredakan mual di pagi hari saat hamil.

Daftar Pedagang Sekoteng di Jakarta

sekoteng jakarta

Alasan Orang Tidak Suka Sekoteng

Meskipun ini minuman yang menyehatkan, tidak semua orang suka lho. Mereka punya alasan sendiri mengapa tidak suka minum sekoteng.
Umumnya, mereka yang tidak suka minuman ini karena aromanya yang menyengat. Aroma jahe biasanya sangat menyengat. Sebenarnya, aroma ini bisa dihilangkan dengan cara mengurangi pengguaan jahe.

Selain itu, ada juga yang tidak suka karena sering merasa mual. Di sisi lain, sekoteng bisa meredakan mual khususnya buat ibu hamil muda. Akan tetapi, minuman ini bisa juga menyebabkan hal yang sebaliknya. justru menyebabkan mual. Biasanya, ini dialami oleh orang yang punya sistem pencernaan yang tidak cukup kuat untuk mencerna jahe. Panas yang disebabkan oleh jahe biasanya membuat beberapa orang mual. Lambung mereka tidak bisa menerima jahe yang panas tersebut sehingga menyebabkan mual. Biasanya ini juga dibarengi dengan sakit perut.

Terlepas dari hal tersebut, harus dihargai bagaimana beberapa restoran besar mau menyajikan minuman yang bisa dibilang kuno ini. Mereka tahu bagaimana agar sekoteng naik kelas. Tidak hanya cara penyajiannya yang menarik tapi mereka juga membuat resep minuman sekoteng yang beda dengan biasanya.

Kamu pun bisa melakukan inovasi sendiri. Mungkin awalnya Kamu bisa mencontoh resep yang sudah ada. Lambat laun, silakan Kamu coba membuat resep sendiri. Siapa tahu resep sekoteng milik Kamu jauh lebih enak dan tampilannya jauh lebih menarik. Tentu ini akan membuat Kamu bangga, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *