Sejuta Khasiat Bajigur Sebagai Salah Satu Minuman Herbal Warisan Leluhur

Daftar Isi Lebih Detail

Bajigur ini merupakan salah satu minuman tradisional khas masyarakat Sunda, Jawa Barat. Bahan utama dari bajigur adalah gula aren dan juga santan. Supaya rasanya lebih nikmat lagi biasanya dicampur dengan sedikit jahe, bubuk vanili, dan garam.

Bajigur ini dari segi rasa memiliki rasa yang manis dan gurih dikarenakan bahan utamanya menggunakan santan dan gula merah. Minuman yang satu ini sangat cocok untuk menjadi teman ketika bersantai atau sedang les bahasa Inggris.

Bajigur ini juga dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan. Namun ternyata dibalik kenikmatan dari bajugur ini terdapat sejuta khasiat di dalamnya. Bahkan minuman ini bisa mencegah ataupun mengusir beberapa penyakit.

Wedang bajigur ini umumnya dijajakan bersamaan dengan bandrek, ubi rebus, klepon, kacang rebus, dan lain sebagainya di dalam satu gerobak. Biasanya dalam penyajiaanya, ada yang ditambah sedikit kolang kaling yang diiris tipis atau yang sering disebut cangkaleng dalam Bahasa Sunda.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, saat ini bajigur ada yang dibuat dalam bentuk instan berupa bubuk, sehingga Anda tinggal menyeduh menggunakan air hangat. Hal ini supaya bajigur ini dapat dinikmati secara praktis kapanpun dan di mananpun.

Manfaat Bajigur untuk Kesehatan Tubuh

Bajigur
cloudfront.net

Bajigur ini bisa disebut juga dengan minuman herbal warisan leluhur. Dikarenakan di dalam bajigur terdapat campuran jahe maka minuman ini bisa membantu proses pelepasan hormon adrenalin sehingga bisa membantu dalam melebarkan pembuluh darah.

Selain itu, bajigur juga memiliki khasiat dapat melencarkan aliran darah sehingga akan membuat tekanan darah menjadi turun. Bahkan minuman ini juga dikenal mampu meringankan berbagai penyakit, diantaranya adalah:

1. Mencegah Hipertensi

Kandungan jahe yang ada di dalam bajigur ini dapat membantu meningkatkan kinerja metabolisme yang ada di dalam tubuh dengan cara membantu proses pelebaran pembuluh darah sekaligis melancarkan peredarannya. Maka dari itu, bajigur ini memiliki kemampuan untuk membantu menurunkan tekanan darah sekaligus dapat melindungi Anda dari hipertensi (darah tinggi).

2. Mengobati Rematik

Rematik adalah keadaan sendi yang terganggu oleh sistem kekebalan tubuh Anda sendiri sehingga berakibat adanya peradangan pada sendi dalam jangka waktu yang lama. Umumnya rematik ini akan menyerang sendi-sendi jari, pergelangan tangan, bahu, lutut, dan juga kaki. Untuk menyembuhkan rematik, Anda bisa mengkonsumsi bajigur ini secara berkala.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Jika merasa ada masalah dengan pencernaan Anda, contohnya seperti sembelit, maka bajigur ini sangat cocok dijadikan sebagai obat sembelit secara alami.

4. Menambah Nafsu Makan

Bajigur
http://reseponline.info

Kandungan tonikum yang ada pada pandan bisa membantu untuk meningkatkan nafsu makan dan juga akan membantu menjaga kesehatan lambung secara tidak langsung.

5. Meregenerasi Kulit

Agar supaya kulit sehat, melakukan prawatan kulit secara berkala sangatlah diperlukan. Kandungan antioksidan yang ada pada bajigur ini ternyata bisa membantu untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

6. Mencegah Jerawat

Supaya terhindar dari jerawat, menjaga kesehatan wajah mutlak untuk dilakukan. Dan ternyata minum bajigur secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan wajah. Hal ini disebabkan di dalam bajigur ini terdapat senyawa yang dapat meningkatkan sistem imun sehingga bisa mematikan radikal bebeas yang ada di dalam tubuh.

7. Memperkuat Tulang

Supaya tulang Anda tetap sehat dan kuat, kalsium sangat dibutuhkan. Dan ternyata di dalam bajugur ini juga terkandung kalisum, sehingga dengan meminum bajigur Anda bisa memenuhi kebutuhan kalisum harian tubuh Anda.

8. Menjaga Kadar Kolesterol

Kandungan niacin pada gula aren ternyata memiliki kemampuan untuk menstabilkan sekaligus menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh Anda. Maka dari itu, dengan rutin mengkonsumsi bajigur ini bisa menjaga kadar kolesterol atau bisa juga menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

9. Meringankan Encok

Untuk membantu meringankan penyakit encok ini, Anda bisa memanfaatkan bajigur. Selain memanfaatkan bajigur, Anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan keluarga berry, seperti strawberry.

10. Mencegah Kanker

Bajigur
chemember.files.wordpress.com

Bisa dibilang kanker ini merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling banyak ditakuti. Supaya terhindar dari penyakit kanker, selalu mengkonsumsi makanan yang sehat harus Anda lakukan. Dan ternyata bajugur ini bisa membantu Anda mencegah kanker payudara dan juga kanker prostat. Selain itu, bajugur juga bisa membantu menjaga paru-paru agar tetap sehat.

11. Mencegah Obesitas

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, jangan khawatir jika ingin mengkonsumsi bajigur. Malah sebaliknya, bajigur ini akan membantu memperlancar proses diet Anda. Sebab bajigur ini salah satu minuman sehat yang dapat mencegah obesitas.

Selain minuman penghangat tubuh, ternyata bajugur juga menyimpan sejuta khasiat terutama untuk kesehatan. Maka dari itu, mulai saat ini tidak ada salahnya untuk rutin minum bajigur setiap harinya. Apalagi meminum bajigur tidak akan membuat Anda rugi. Malah sebaliknya, Anda akan memperoleh banyak sekali keuntungan dari meminum bajigur ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *