Sejarah Tentang Ruti Cane Yang Populer Di Aceh

Ruti Cane atau roti cane adalah jenis roti. Tampilannya bundar, diklaim menjadi pendahulu martabak. Soal rasanya tidak perlu diragukan. Pertanyaannya adalah seperti apa asal usul dari roti tersebut?

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

Roti ini sangat populer di beberapa Negara, seperti bahasa Inggris yang populer dimana saja sehingga banyak bermunculan tempat les bahasa Inggris. Dan setiap Negara memiliki nama sendiri untuk jenis roti tersebut. Makanya, makanan sehat pengganti nasi ini masih belum jelas dari mana asalnya.

Meskipun begitu, setidaknya Anda tahu sedikit tentang kuliner khas ini. Tentunya paham betul kalau roti ini banyak tersedia di Aceh. Jadi, jika Anda datang di Aceh, kuliner khas ini memang perlu dipertimbangkan untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Sekilas Mengenai Ruti Cane

roti cane
http://saturesep.com

Ruti Cane atau dikenal dengan sebutan roti canai memiliki bentuk lingkaran. Bentuknya pipih, mirip sekali dengan martabak. Cuma, bahan yang digunakannya berbeda.

Ciri khas dari roti ini adalah lapisan-lapisan tepung yang menjadi bahan dasarnya. Tepung-tepung tersebut membuat penampilan roti semakin menarik. Pasalnya, tepung yang digunakan di dalamnya tidak menyatu dengan yang lainnya.

Roti khas ini menjadi cikal bakal dari kemunculan martabak. Cuma bedanya adalah pada pemanfaatan isian roti. Namun bila dilihat dari bentuknya, tentu roti ini sangat mirip dengan martabak.

Mengenai rasanya, roti ini dikatakan lebih gurih. Normalnya, roti ini biasa disajikan dengan taburan gula dan madu. Ada juga yang menggunakan taburan lain. Tentunya, roti ini diperuntukkan untuk mengganti nasi.

Dan memang benar, keturunan bangsa arab di nusantara membiasakan roti ini sebagai makanan harian. Biasanya, roti ini dijadikan sebagai menu utama sarapan. Untuk pemanfaatannya, makanan ini ditaburi dengan madu.

Sejarah Mengenai Ruti Cane

roti cane
resepmedia.com

Ruti Cane ini memiliki banyak sebutan. Ada yang menyebutnya roti canai, roti cane, roti prata sampai roti maryam. Ini merujuk pada sebutan di Negara-negara tertentu.

Roti ini memang memiliki sejarah panjang. Kejelasan tentang asal usulnya masih dipertanyakan. Karena memang roti khas ini juga tersedia di berbagai Negara, misalnya Indonesia, Malaysia, india, bahkan singapur.

Sebagian mengatakan kalau roti ini berasal dari India. Hal ini dikarenakan oleh penamaan roti cane itu sendiri. Namanya diambil dari kata Chennai dari madras India.

Meskipun begitu, banyak yang meragukannya. Toh, kebanyakan makanan ini dikonsumsi oleh keturunan Arab. Bahkan, makanan ini lebih banyak dijajakan di rumah makan khas timur tengah.

Di Indonesia sendiri, roti cane ini biasa dikenal dengan sebutan roti maryam. Menurut ceritanya, roti dinamai seperti itu lantaran dibawa oleh seseorang bernama maryam. Makanan ini lebih banyak ditemukan di Aceh.

Entah seperti apa kebenarannya, yang pasti roti tersebut populer di Aceh. Jika Anda berkunjung di kota tersebut, amat disayangkan jika tidak mencicipi kuliner tersebut.

Bedanya Roti Cane Dengan Roti Jenis Lainnya

roti cane
resepmedia.com

Ruti Cane dianggap sebagai makanan sehat pengganti nasi. Makanan ini memiliki kandungan sehat yang bisa memenuhi kebutuhan gizi seseorang. Diantaranya adalah serat dan lain sebagainya.

Roti ini dibuat dari tepung gandum utuh. Ada juga yang menggunakan tepung terigu. Cuma cara pembuatan roti ini sedikit berbeda dengan roti yang banyak Anda jumpai saat ini.

Bedanya roti cane ini dengan roti lainnya terletak pada cara pembuatannya. Roti biasa normalnya menggunakan ragi. Sementara roti cane tidak menggunakan ragi. Proses pembuatannya hanya menggunakan bahan utama dengan kualitas yang baik saja.

Sementara itu, bedanya lagi ada pada sisi tampilan roti. Roti yang bisa disebut dengan roti canai ini memiliki bentuk yang pipih. Kemudian hasil jadinya mirip martabak, bentuknya seperti lingkaran utuh.

Sedangkan rot-roti modern memiliki banyak bentuk. Normalnya, roti jaman sekarang lebih berbentuk, menggelembung dan lebih lembut. Bentuknya juga beda-beda, ada yang lingkaran, ada juga yang tidak.

Bila ditinjau dari sisi kesehatan, nampaknya roti maryam ini unggul dibandingkan dengan roti pada umumnya. Lantaran pembuatan roti tersebut lebih alami. Kandungan baik di dalam bahan bakunya terjaga, contohnya adalah serat.

Serat ini memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Fungsinya adalah untuk menjaga sistem pencernaan. Serat ini tetap terjaga di dalam roti canai yang dibuat langsung dengan tepung khusus.

Sementara untuk roti jenis lainnya, terlalu banyak mengkonsumsi roti modern kurang bagus. Karena roti modern biasanya dibuat dengan menambahkan bahan seperti ragi. Ragi inilah yang kemudian menjadi pemicu masalah.

Masalah yang akan datang lantaran ragi ini adalah bermasalahnya sistem pencernaan seseorang. Semakin banyak orang mengkonsumsi makanan mengandung ragi, maka semakin besar pula resiko mengalami sakit pencernaan.

Sadar akan resiko yang akan dihadapi, tentu pemilihan makanan harusnya diperhatikan. Untuk urusan roti sebagai makanan pengganti, maka roti canai asal aceh ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Demikianlah yang bisa disampaikan di sini. Intinya, Ruti Cane atau roti maryam ini punya kelebihan dalam rasa, serta punya keunggulan sebagai pengganti nasi. Jadi, bila Anda tidak sempat sarapan, konsumsi roti tersebut bisa menjadi pengganti yang sepadan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *