Sebelum Bermain Inline Skating, Pahami Dulu Jenis-Jenisnya

main skateboard

Kalau kamu perhatikan, inline skating banyak sekali dimainkan di Indonesia. Bahkan bisa dibilang inline skating ini adalah mainan favorit muda-mudi di Indonesia saat ini. Nah dengan memahami inline skating ini, kamu juga bisa sekaligus belajar bahasa inggris dengan mengetahui sebutan-sebutan khusus inline skating.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

Saat ini banyak orang beralih ke inline skate lantaran lebih bisa memberikan kontrol serta keseimbangan yang lebih baik. Jadi secara otomatis kamu juga akan lebih mudah menguasainya.

Sejarah Dari Inline Skate

Sepatu roda atau yang lebih dikenal dengan roller skating pertama kali muncul dalam pertunjukan opera di Eropa. Menggunakan es di atas punggung terkesan kurang praktis saat melakukan adegan yang memerlukan gerakan ice skating.

Oleh sebab itu banyak yang lebih memilih menggunakan sepatu roda pada saat ingin menciptakan gerakan ice skaters. Setelah itu, roller skating kemudian menjadi booming pada tahun 1970-an.

Popularitas dari roller skating ini kemudian melahirkan berbagai jenis olahraga baru, misalnya saja speed derby, figure, dan juga freestyle skating. Namun setelah itu perlahan kepopuleran roller skating terus menurun hingga akhirnya di tahun 1990-an, kembali populer. Namun dengan mengusung konsep yang berbeda dari roller skating menjadi inline skating. Dan sampai sekarang inline skate ini menjadi semakin booming dan banyak yang menggemarinya.

Mengenal Jenis dari Inline Skate

lomba sepatu roda

Faktor yang membuat kenapa inline skate tetap digemari sampai saat ini adalah karena kepraktisannya, yaitu bisa digunakan dimana saja asalkan tersedia landasan yang keras. Tapi ternyata beda tempat main, beda pula jenis inline skate yang digunakan.

Multipurpose Inline Skate

Untuk kamu yang ingin menggunakan inline skate hanya untuk sekedar senang-senang, maka multipurpose inline skate bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Selain itu, dari segi harga umumnya juga paling terjangkau diantara jenis lainnya.

Biasanya body dari multipurpose inline skate terbuat dari plastik dengan busa di dalamnya. Kemudian untuk pengencangnya ada yang menggunakan gesper atau tali atau ada juga yang menggunakan keduanya.

Hockey Inline Skate

Untuk hockey inline skate ini umumnya digunakan di dalam arena atau indoor, sebab tidak terdapat penyerap guncangan yang cukup ketika berbenturan dengan medan kasar luar ruangan.

Umumnya inline skate jenis ini terbuat dari kulit, kompisisi kulit, atau ada juga yang dari nilon. Dan umumnya pengencangnya dengan menggunakan tali. Jadi ingat, jangan sekali-kali menggunakan hockey inline skate di luar ruangan.

Speed Skate

Untuk kamu yang ingin memiliki inline skate yang cepat, maka pertimbangankan untuk membeli speed skate. Biasanya speed skate terbuat dari kulit serta memiliki wheelbase yang lebih panjang.

Namun sebaiknya berhati-hatilah ketika menggunakan speed skate, sebab memang sengaja dirancang untuk kecepatan tinggi serta tidak memiliki rem. Oleh sebab itu cukup berbahaya jika digunakan di tempat umum. Jadi hati-hati ya.

Trick atau Agressive Inline Skate

Inline skate jenis ini memang sengaja dirancang untuk melakukan berbagai jenis trik dalam bermain inline skating. Cirinya adalah memiliki frame yang lebih besar serta rodanya lebih kecil.

Skate Shoes

Skate shoes ini merupakan jenis sepatu yang terdapat roda di dalam tumitnya sehingga bisa membuat pemakainya berjalan, berlari, serta meluncur dengan lebih mudah lagi.

Manfaat Inline Skating Untuk Kesehatan

Ternyata bermain inline skates memiliki banyak manfaat terutama dalam hal kesehatan. Kira-kira apa saja ya?

Jantung menjadi lebih sehat

Sebagai bagian dari kegiatan aerobik, inline skating bisa meningkatkan aliran darah serta oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu bermain inline skates bisa meminimalisir resiko terkena penyakit kardiovaskular, misalnya saja tekanan darah tinggi, serangan jantung, hingga stroke.

Membakar lebih banyak kalori

Ternyata bermain inline skating lebih efektif dalam membakar lemak dibandingkan dengan jogging loh. Seseorang dengan berat badan 70 kg bisa membakar 913 kalori per jam ketika bermain inline skates. Buktinya, ketika melakukan jogging sepanjang 8 km hanya dapat membakar kalori sebesar 584 kalori atau hanya 277 kalori saat melakukan jogging dengan jarak 5.5 km per jam.

Keseimbangan dan kordinasi tubuh

Inline skating bisa membantu kamu dalam hal memperbaiki keseimbangan serta koordinasi tubuh. Sehingga nantinya bisa mencegah kamu untuk tidak mudah jatuh dan cidera.

Dengan demikian, membiasakan bermain inline skates bisa meminimalisir cidera pada persendian, ligamen, tendon, otot karena usia yang semakin menua serta penyakit artritis dan juga osteoporosis.

Jika diperhatikan, membiasakan bermain inline skates seperti ini sangat besar manfaatnya terutama ketika usiamu sudah semakin menua. Oleh sebab itu, mumpung belum terlambat, sekarang tidak ada salahnya untuk mulai bermain inline skates.

Itulah beberapa hal yang harus kamu pahami sebelum bermain inline skating. Jangan sampai kamu salah memilih model dari inline skate ya. Sebab beda jenisnya akan berbeda juga tempat penggunaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *