Sarapan Mengenyangkan Dengan Doclang Berlumuran Kuah Kacang

Pernah dengar santapan bernama Doclang? Ini merupakan santapan nusantara khas Bogor. Dilumuri dengan kuah kacang, menjadikan santapan nusantara lebih nikmat.

Menu wajib untuk sarapan biasanya adalah nasi. Mengkonsumsi nasi dengan lauk pauk seadanya terlihat sangat biasa. Kalau ingin beda, Anda bisa mencari alternatif sarapan yang sepadan, yaitu mengkonsumsi Doclang ini sebelum memulai hari atau sebelum masuk jam les bahasa Inggris Anda.

BELI KURSUS, GRATIS KURSUS! Dan dapatkan hadiah merchandise menarik*. Buruan dapetin ▶ 💰 DISKONBelajar Inggris di EF English First. Belajar semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Bagi sebagian warga bogor, menu yang satu ini tentu sangat dikenal. Namun bagi bagi penduduk beda daerah belum tentu familiar dengan menu tersebut. Oleh karenanya, ada baiknya jika santapan nusantara ini kami perkenalkan pada Anda.

Gambaran Tentang Doclang

blogspot.com

Salah satu menu khas untuk sarapan adalah Doclang. Sajian satu ini telah menjadi sajian khas di kawasan bogor. Bagi Anda yang datang di bogor, jangan lewatkan sarapan dengan menu tersebut.

Menu tersebut berupa lontong yang diiris-iris. Irisan lontong dibuat agak besar. Di dalamnya biasanya akan dilengkapi dengan telur, tahu, bahkan kerupuk. Untuk pelengkap yang tidak boleh dilewatkan adalah saus kacang.

Saus kacang nantinya dilumuri di atas menu tersebut. Penampilannya tentu sangat menggoda. Tentunya tanpa mengesampingkan rasanya yang sangat enak.

Menu tersebut sekilas mirip dengan ketoprak atau lontong sayur. Cuma ada perbedaan yang ditawarkan pada makanan tersebut. Salah satunya adalah pemanfaatan saus kacang, kemudian pemanfaatan bumbu seperti rempah-rempah.

Soal rasa, makanan ini tentu bisa diunggulkan. Rasanya lebih nikmat. Anda yang penasaran bisa mencobanya selama berada di Bogor.

Menu ini biasanya tersedia di pagi hari. Pagi hari, banyak sekali penjual keliling yang menjajakan menu tersebut. Biasanya santapan nusantara ini dijual hingga siang.

Namun beberapa tempat ada yang menjual santapan ini di malam hari. Tempatnya masih sangat sederhana. Normalnya, penjualnya memanfaatkan gerobak ataupun dipikul sebagai ciri khas dari makanan tradisional warisan nenek moyang.

Kekhasan Dari Doclang Sebagai Santapan Berasal Dari Bogor

http://hellobogor.com

Dilihat dari bentuknya, menu yang satu ini memang mirip dengan ketoprak. Cuma sekali lagi, menu sarapan ini berbeda pada kenyataannya.

Perbedaan yang paling mencolok adalah pemanfaatan pembungkus lontong tersebut. Lontong tidak dibungkus dengan daun pisang ataupun dibungkus dengan plastik. Tetapi lontong khas ini dibungkus dengan daun patat.

Daun patat ini dipercaya memiliki kelebihan tersendiri bagi masyarakat bogor. Daun ini dipercaya punya kelebihan dalam ketersediaan serat dan protein. Kandungan ini diharapkan juga ikut terkandung dalam menu tersebut.

Hasil jadi dari pembuatan lontong menggunakan daun ini cukup bagus. Pasalnya, daun patat sendiri memiliki tekstur yang lembut. Ini membuat pembentukan lontong menjadi lebih mudah.

Yang terpenting, Anda bisa mendapatkan cita rasa khas dari menu. Biasanya menu yang dibungkus dengan daun akan berbau harum. Kemudian rasanya menjadi lebih nikmat.

Sementara kekhasan lainnya dari menu doclang ini berasal dari pemanfaatan kentang. Potongan kentang rebus disisipkan di dalamnya. Kentang ini akan menjadi pelengkap lauk pauk seperti tahu dan lain sebagainya.

Bagian paling menariknya tentu saja saus kacang. Saus kacang dilumurkan di atas menu. Ini membuat menu sarapan tampak lebih menggoda.

Bagi Anda yang suka dengan cita rasa pedas, Anda juga bisa meminta penjualnya untuk memberikan sambal. Sambal ini sendiri termasuk dalam bumbu saus kacang. Artinya, saus kacang ini telah disisipi dengan sambal yang mana membuat rasanya lebih pedas.

Dengan adanya cita rasa yang berbeda-beda, tentu saja saus kacang ini punya pengaruh yang besar. Minimal, penjualnya akan membuat dua varian untuk saus kacang. Anda tinggal meminta pada penjualnya untuk membuatkan menu dengan cita rasa pedas atau tidak.

Kelebihan Dari Sarapan Doclang

http://hellobogor.com

Doclang ini dipilih sebagai menu sarapan bukan tanpa sebab. Salah satunya adalah kelebihan yang dimilikinya. Kelebihannya mirip dengan apa yang diberikan nasi.

Kalau nasi memerlukan lauk pauk sendiri, doclang lebih ke perpaduan antara menu pokok dengan lauk pauk. Intinya, menu satu ini telah komplit dengan segala jenis lauk pauknya.

Lauk pauk yang berada di dalam menu tersebut adalah telur. Selain itu, ada juga saus kacang yang bisa dinikmati. Bersamaan dengan kerupuk yang ditaburkan di atas menu menjadikan menu ini tampak lebih komplit.

Untuk urusan gizi, menu yang satu ini juga lebih komplit. Ada karbohidrat yang berasal dari lontong. Kemudian protein berasal dari telur dan sejumlah kandungan gizi yang ada dalam saus kacang tersebut. Kesehatan Anda akan terjaga dikala mengkonsumsi menu ini di pagi hari.

Yang tak kalah menarik, kelebihan dari menu ini adalah lebih bersahabat di saku. Bayangkan saja, satu porsi doclang lengkap ini hanya dihargai sekitar 8 ribu rupiah. Tinggal tambah uang sekitar 2 ribu rupiah untuk es teh, lengkap sudah menu sarapan Anda.

Nah, bila Anda memang ingin sarapan yang komplit, kaya akan nutrisi dan murah, jangan lupa untuk memilih menu Doclang ini sebagai sarapan pagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.