Resep Rahasia Gulai Hiu Khas Aceh Warisan Nenek Moyang

Apa itu Belajar Online

Kuwah Engkot Yee atau yang dikenal juga dengan gulai ikan hiu merupakan salah satu masakan khas Aceh yang dimasak dengan menggunakan bumbu serta rempah-rempah yang sangat khas, seperti daun teumurui dan juga daun jeruk purut sehingga membuat aroma gulei hiu ini menjadi sangat khas.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

Selain dikenal dengan nama Kuwah Engkot Yee, gulei ikan hiu oleh masyarakat Aceh juga dikenal dengan sebutan Gulee Ungkoet Yee. Dan ternyata ikan hiu ini oleh masyarakat Aceh lalu disulap menjadi sebuah masakan istimewa dan memiliki rasa yang lezat.

Bagi masyarakat Aceh di beberapa wilayah, utamanya masyarakat Aceh yang ada di bagian barat, ikan hiu ini biasanya dimasak menjadi sebuah gulei kari yang dijamin sangat lezat. Hal ini tidak lain lantaran bumbunya terbuat dari rempah-rempah khas daerah tersebut yang ternyata bisa membuat gulei hiu ini menjadi sangat istimewa.

Maka dari itu, jika suatu saat ada kesempatan berkunjung ke Aceh, terutama Aceh yang ada di bagian barat, jangan sampai Anda tidak mencicipi Gulee Ungkoet Yee atau gulei ikan hiu ini. Selain dikenal memiliki rasa yang sangat lezar, aroma yang dikeluarkan oleh gulei ikan hiu ini sangat khas dan dijamin bisa membuat nafsu makan bertambah.

Cara yang Benar Memasak Gulee Ungkoet Yee atau Gulei Hiu

gulei hiu
kompasiana.com

Gulei ikan hiu, mendengar namanya saja tentunya sudah menimbulkan rasa penasaran tersendiri. Salah satu masakan khas Aceh yang harus segera Anda coba dan siap menggugah nafsu makan Anda.

Untuk membuat Gulee Ungkoet Yee atau gulei ikan hiu ini tidak semua jenis ikan hiu bisa digunakan. Jadi hanya ikan hiu tertentu saja yang dipilih sebagai bahan utama jenis gulei yang satu ini.

Ikan hiu yang biasanya dipilih sebagai bahan utama untuk Gulee Ungkoet Yee atau gulei ikan hiu adalah ikan hiu cucut. Selain bergizi tinggi, ikan hiu cucut ini sangat enak jika dimasak. Terutama jika dibuat untuk bahan utama gulei.

Dan ada rahasia lain lagi supaya gulei ikan hiu ini memiliki rasa yang istimewa. Yakni dengan cara menghilangkan aroma amoniak dari mamalia yang satu ini. Maka dari itu jika Anda ingin membuat gulei hiu yang lezat jangan sampai untuk tidak menghilangkan aroma amaniak pada ikan hiu.

gulei hiu
blogspot.com

Sebenarnya, daging hiu yang paling enak untuk dijadikan sebagai bahan utama Gulee Ungkoet Yee atau gulei ikan hiu adalah yang berbentuk palu atau martil di bagian mulutnya. Akan tetapi ikan hiu yang seperti ini susah untuk didapatkan. Maka dari itu umumnya diganti dengan menggunakan hiu cucut yang secara rasa dagingnya juga tidak kalah enaknya.

Dan pada saat proses pemotongan daging juga perlu untuk diperhatikan. Sebab jika potongan dagingnya terlalu besar, proses untuk menghilangkan bau amoniaknya akan lebih susah dilakukan.

Maka dari itu sebaiknya daging hiu ini dipotong kecil-kecil saja, supaya proses untuk menghilangkan bau amoniaknya menjadi lebih mudah. Dan hilangnya bau amoniak pada daging ikan hiu ini adalah salah satu syarat untuk membuat gulei ikan hiu istimewa.

Selain itu, membuat Gulee Ungkoet Yee atau gulei ikan hiu ini juga diperlukan pengolahan yang khusus. Jadi harus ditangani dengan cara yang khusus juga. Anda bisa memulainya dengan cara membersihkannya terlebih dahulu dengan menggunakan garam dan juga jeruk nipis. Seperti halnya membersihkan ikan pada umumnya. Dan setelah itu diamkan kira-kira 30 menit.

Selanjutnya Anda bisa memanaskan wajan atau teflon untuk menggoreng daging hiu tadi. Tunggu sampai matang kemudian angkat dan tiriskan. Setelah itu, giliran untuk membuat gulainya.

Untuk membuat gulainya, sebaiknya Anda menggunakan wajan baru. Sebab jika Anda menggunakan wajan bekas yang untuk menggoreng ikan hiu tadi, sudah pasti bau amoniak ikan hiu akan menempel pada bumbu gulai. Dan hal seperti ini sudah pasti akan mengurangi kelezatan dari gulei hiu.

Untuk membuat gulei ikan hiu Anda bisa memulainya dengan memanaskan minyak goreng kemudian tumis bumbu kari, cabai halus sesuai dengan selera, serai, dan kayu manis. Tumis sampai mengeluarkan bau harum.

Tujuan pemakaian serai dan kayu manis pada bumbu gulei ini adalah supaya saat dimasak nanti bau amoniak dari ikan hiu bisa hilang. Selain itu, bumbu rempah yang banyak juga bisa menghilangkan bau amoniak pada ikan hiu ini.

gulei hiu
img-global.cpcdn.com

Kemudian lanjutkan dengan memasukkan sedikit demi sedikit santan. Tunggu sampai mendidih dan jangan lupa untuk menambahkan kecombrang. Aduk sebentar kemudian kecilkan api. Dan langkah yang terakhir adalah masukkan ikan hiu yang sudah Anda tiriskan tadi lalu masak sebentar saja kemudian angkat.

Seperti itulah caranya jika Anda ingin membuta Gulee Ungkoet Yee atau gulei ikan hiu sendiri di rumah. Namun jika ingin menikmati gulei hiu dari tangan ahlinya, Anda tidak perlu datang jauh-jauh ke Aceh, sebab jika di daerah Anda ada restoran khas Aceh sudah pasti ada menu gulei hiu ini, sangat cocok disantap sebelum Anda berangkat les bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *