Resep Original Es Tebak Khas Padang dan Cara Membuatnya

Berbicara masalah minuman khas Padang memang tidak akan ada habisnya. Salah satu diantaranya adalah es tebak. Memang dari namanya terdengar sedikit unik. Namun dari rasanya dijamin akan membuat Anda ketagihan dibuatnya.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

Es tebak ini merupakan minuman yang biasanya dijadikan sebagai hidangan pentup, tapi bisa juga dijadikan teman saat Anda berbincang dengan kerabat atau saat sedang belajar bahasa Inggris. Es yang satu ini terdiri dari campuran tape ketan hitam, kolang-kaling, cincau hitam, dan tabak. Es tebaik ini aslinya berasal dari kota Payakumbuh. Namun saat ini sudah menyebar bahkan sampai ke Solok, Pekanbaru, Medan, dan kota-kota lainnya.

Umumnya pada bulan Ramadhan, banyak yang menjadi penjual dadakan es tebak ini. Apalagi banyak sekali yang suka dengan rasa es yang satu ini. Sehingga sangat tidak mengherankan jika banyak para penjual dadakan es tebak di bulan Ramadhan.

Sejarah Asal Mula Es Tebak

es tebak
blogspot.com

Menurut sejarah asal mula dari es tebak ini sebenarnya sampai sekarang belum begitu jelas diketahui. Namun jika dilihat dari namanya, es tebak ini terinspirasi dari salah satu nama bahan utama es tebak itu sendiri, yaitu tebak.

Tebak ini dibuat dari tepung beras yang dimasak lalu dicetak dalam sebuah catakan cendol sehingga bentuknya sama persis dengan cendol, namun memiliki tekstur yang lebih keras dan memiliki warna putih. Lebih mirip dengan serutan kelapa muda.

Sedangkan untuk campuran dari es tebak biasanya adalah alpukat, cincau hitam, potongan nangka, dan potongan agar-agar. Campuran inilah yang membedakan es tebak dengan es campur.

Selain itu untuk saat ini, es tebak sudah mengalami banyak inovasi baik dari segi campuran dan rasanya. Maka dari itu Anda sudah bisa menikmati es tebak sesuai dengan selera Anda. Namun yang membuatnya sama adalah bahan utamanya yaitu tebak.

Cara Membuat Es Tebak Padang

es tebak
blogspot.com

Sebenarnya untuk bisa menikmati es tebak khas Padang ini Anda tidak perlu harus jauh-jauh ke Kota Padang. Sebab Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Apalagi untuk membuat es tebak ini terbilang mudah untuk dilakukan.

Bahan untuk Membuat Tebak

Untuk membuat tebak, beberapa bahan yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu adalah tepung beras kira-kira 175 gr, tepung sagu kira-kira 25 gr, air bersih kira-kira 750 cc, air kapur sirih kira-kira 2 sdt, dan yang tarakhir adalah garam ½ sdt.

Bahan untuk Membuat Kuah Santan

Untuk membuat kuah santan dari es tebak ini, beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan adalah santan kelapa secukupnya, garam kira-kira ½ sdt dan jangan lupa daun pandan 2 lembar yang diikat sampul untuk memberikan aroma yang harum pada kuah es tebak ini.

Bahan untuk Kolang Kaling

Beberapa bahan yang harus Anda persiapkan adalah kolang kaling kira-kira 350 gr, pewarna merah ¼ sdt, gula pasir kira-kira 80 gr, dan yang terakhir adalah air bersih kira-kira 75 cc.

Bahan Pelengkap untuk Es Tebak

Sedangkan untuk beberapa bahan pelengkap yang harus Anda persiapkan pada saat ingin membuat es tebak adalah tape ketan kira-kira 250 gr, cincau hitam kira-kira 250 gr lalu potong sesuai selera, susu kental manis kira-kira 100 cc, sirup merah kira-kira 100 cc, dan yang terakhir adalah es serut kira-kira 700 gr.

Cara Membuat Es Tebak Khas Palembang

es tebak
blogspot.com

Setelah semua bahan-bahan di atas Anda lengkapi semua, langkah selanjutnya pada saat ingin membuat es tebak adalah sebagai berikut ini:

1. Campur terlebih dahulu ke dalam satu wadah tepung beras, tepung sagu, air kapur sirih, air bersih, dan garam untuk membuat tebak. Setelah Anda masukkan semua, lalu aduk sampai menyatu dan merata. Selanjutnya rebus sampai mendidih dan matang lalu angkat.

2. Selanjutnya tebak yang sudah matang tadi kemudian buatlah seperti cendol dengan cara memasukkannya ke dalam saringan cendol lalu Anda tinggal menekannya sampai keluar. Lalu tebak yang keluar dari saringan cendol tadi tampung dalam sebuah wadah yang sebelumnya sudah Anda isi dengan air dingin.

3. Lanjutkan dengan membuat kuah santan dengan cara merebus santan terlebih dahulu lalu masukkan daun pandan dan juga garam. Aduk hingga rata dan rebus sampai matang lalu angkat.

4. Kemudian panaskan kembali air dalam panci lalu tambahkan gula pasir dan juga pewarna makanan yang berwarna merah dan aduk hingga rata. Ambil kolang kaling yang sudah Anda bersihkan dan iris kemudian masukkan ke dalam rebusan campuran dari air, gula, dan pewarna tadi. Aduk hingga merata lalu tunggu selama beberapa saat sampai kolang kaling dirasa sudah matang dan sampai campuran gula dan juga pewarna tadi meresap ke dalam kolang kaling.

5. Lanjutkan dengan menuangkan tebak ke dalam wadah saji kemudian tambahkan tape ketan hitam, potongan cincau, dan juga kolang kaling tadi. Selanjurnya siram dengan kuah santan, susu kental manis, sirup, dan juga es serut.

6. Es tebak khas padang sudah jadi dan siap untuk Anda hidangkan.
Jadi sebenarnya semudah itulah cara untuk membuat es tebak ini. Namun mungkin prosesnya sedikit lama lantaran Anda harus membuat tebaknya terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *