Atasi Nyeri Haid Kamu dengan Plecing Kangkung Khas Nusa Tenggara Barat

plecing kangkung khas lombok

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

Bagi kamu yang sering merasa nyeri saat haid, atasi saja dengan memanfaatkan plecing kangkung. Memangnya apa ini plecing kangkung? Tentunya banyak yang masih kurang familiar dengan plecing kangkung. Sama seperti grammar yang sulit untuk menjadi hal yang familiar kalau kamu baru memulai belajar bahasa inggris.

Apa Itu Plecing Kangkung? Makanan ini adalah salah satu masakan khas daerah Nusa Tenggara Barat, khusunya di Pulau Lombok. Bahkan bisa dikatakan salah satu olahan paling terkenal di Lombok.

Ciri khas dari masakan yang satu ini sebenarnya terletak pada bumbu plecingnya yang sedikit berbeda dengan bumbu siram yang bisa digunakan untuk sayur pada umumnya. Lalu apa ya yang membedakannya?

Jika di Pulau Jawa maupun Sumatra sayuran rebus semacam ini umumnya disajikan dengan menggunakan bumbu siram berupa kacang, maka berbeda dengan bumbu siram untuk plecing kangkung.

Bumbu siramnya terbuat dari campuran terasi, bawang putih, cabe rawit, jeruk limau, kemiri, dan lain-lain. Yang jelas, untuk rasanya akan jauh lebih pedas jika dibandingkan dengan bumbu pecel pada umumnya.

Selain itu, hal lain yang membuatnya berbeda adalah plecing kangkung dari Lombok ini menggunakan kangkung khusus yang tetap berwarna hijau meskipun sudah direbus matang.

Penyebab Nyeri Haid Pada Wanita

sakit saat haid
Image Source: hellosehat[dot]com
Nyeri haid atau dalam bahasa medisnya disebut dengan dismenore merupakan kram otot yang seringnya dirasakan pada perut bagian bawah dan biasanya muncul sebelum atau saat menstruasi.

Rasa nyeri yang dirasakan setiap wanita berbeda-beda. Bahkan ada yang cukup parah sampai menyebar ke bagian punggung serta paha. Rasa nyeri seperti ini bisa berlangsung selama dua sampai dengan tiga hari.

Perlu kamu pahami juga bahwa nyeri haid ini berbeda dengan PMS (Premenstrual Syndrome). Namun meskipun berbeda, gejala dari kedua kondisi ini bisa dianggap proses yang saling berkaitan. Umumnya kondisi semacam ini perlahan akan membaik seiring dengan bertambahnya usia dan juga setelah memiliki anak.

Lalu apa penyebab dari nyeri haid ini? Kondisi semacam ini bisa disebabkan oleh adanya kontraksi pada dinding otot rahim sehingga menekan pembuluh darah yang ada di sekitarnya.

Akibatnya, pasokan oksigen ke dalam rahim menjadi sedikit terhambat yang kemudian akan memicu munculnya rasa nyeri pada bagian bawah perut. Tapi yang perlu diperhatikan adalah rasa sakit ataupun nyeri yang akan muncul memiliki pengaruh berbeda-beda pada setiap wanita.

Atasi Nyeri Haid Dengan Plecing Kangkung

plecing kangkung khas lombok
Image Source: harian-resep[dot]com
Bahan utama dari plecing kangkung adalah kangkung khusus dari Pulau Lombok. Meskipun sebenarnya kamu juga bisa menggunakan kangkung biasa untuk membuat olahan khas dari Pulau Lombok ini.

Alasan kenapa plecing kangkung ini bisa mengatasi nyeri hadi atau datang bulan lantaran di dalam kangkung mengandung beberapa zat yang bisa membantu mengatasi permasalahan saat haid seperti ini.

Bahkan istimewanya lagi tidak hanya permasalahan saat haid yang bisa diatasi dengan menggunakan kangkung, banyak keluhan kesehatan lain yang bisa kamu atasi dengan hanya memanfaatkan kangkung ini.

Memangnya zat apa saja yang terkandung di dalam kangkung? Kangkung ini merupakan salah satu jenis sayuran yang di dalamnya banyak menyangandung vitamin A, B, dan C. Selain itu, kangkung juga dikenal kaya kan kandungan berbagai jenis mineral.

Beberapa jenis mineral yang terkandung di dalam kangkung misalnya saja seperti asam amino, zat besi, karoten, fosfor, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan dari hasil penelitian, dalam 100 gr kangkung yang direbus tanpa garam di dalamnya mengandung 91.2 gr air, 1.9 gr protein, 28 kkal energi, 5.63 karbohidrat, 0.4 gr lemak, 0.87 gr ampas, dan 2 gr serat.

Resep Plecing Kangkung Khas Lombok

plecing kangkung dari lombok
Image Source: selerasa[dot]com

Persiapkan Bahan Utama

1. 2 ikat kangkung lalu potong-potong kemudian rebus
2. 75 g touge yang sebelumnya sudah diseduh dengan menggunakan air panas
3. 6 sdm minyak gorang lalu panaskan
4. 1 bh jeruk limau
5. 1 sdt gatam
6. Dan ½ sdt gula pasir

Persiapkan Bahan Bumbu Halus

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bumbu halus,
1. 5 bh cabai merah besar (bisa ditambah atau dikurangi sesuai dengan selera)
2. 3 bh cabai rawit (bisa ditambah atau dikurangi sesuai dengan selera)
3. 3 siung bawang merah
4. 5 butir kemiri
5. 2 sdm terasi yang dibakar.

Langkah-langkah membuat Plecing Kangkung

Haluskan Bumbu Halus

Haluskan terlebih dahulu cabai rawit, cabai merah, bawang merah, kemiri, dan terasi lalu beri air secukupnya.

Rebus Kankung

Setelah itu rebus kangkung sampai layu kemudian angkat dan siram dengan menggunakan air dingin lalu tiriskan.

Campur Bumbu Halus dengan Bahan Lain

Campur bumbu halus dengan bumbu lain seperti, garam, air jeruk, dan gula pasir lalu sisihkan.

Tambahkan Minyak Goreng

Panaskan minyak goreng lalu tuangkan minyak tadi ke atas campuran bumbu kemudian aduk rata. Setelah itu siramkan bumbu ke atas kangkung dan tauge lalu sajikan.

Nah, bagaimana sangat mudah bukan membuatnya? Apalagi selain lezat, plecing kangkung juga bisa kamu jadikan sebagai solusi untuk mengatasi nyeri haid yang sangat menyiksa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *