Ke Pantai Losari Rasanya Kurang Lengkap Jika Belum Mencicipi Pisang Epe

pisang epe khas makassar

Pisang Epe bisa dibilang sebagai salah satu jajanan unik yang akan sering kamu lihat ketika berkunjung ke kota Angin Mammiri, Makassar. Makanan ini cukup terkenal loh disana. Nah biar ga kalah terkenal sama Pisang Epe, yuk mulai cari kursus bahasa inggris biar kamu bisa makin hits.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

Bisa dikatakan hampir di setiap sudut dari Panta Losari ada penjual jajanan Pisang Epe ini. Oleh sebab itu banyak yang bilang jika ada yang kurang saat berkunjung ke Pantai Losari tanpa mencicipi Pisang Epe.

Sejarah Pisang Epe

pisang epe khas losari
Image Source: cookpad[dot]com
Kata ‘epe’ sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Makassar yang berarti ‘jepit’. Oleh sebab itu, secara lengkap jajanan khas kota Makassar ini bisa diartikan pisang bakar yang dijepit sehingga menjadi gepeng.

Memang terdengar sedikit unik untuk jenis olahan dari pisang. Tapi biasanya yang unik-unik seperti inilah yang akan memberikan sesuatu yang berbeda. Dan yang pasti mudah untuk diingat. Iya kan?

Sesuai dengan namanya, cara memasak Pisang Epe ini juga terbilang unik. Umumnya, pisang dimasak dengan cara digoreng maupun direbus, tapi tentunya, jajanan khas Makassar ini menggunakan cara yang berbeda.

Cara memasaknya adalah dengan cara dipanggang di atas bara api setelah sebelumnya dipress dulu sehingga pisang berubah menjadi gepeng. Untuk alat yang digunakan mengepress pisangnya bernama pangngepena untia.

Pisang Epe yang sudah gepeng dan dipanggang di atas bara api kemudian disiram dengan menggunakan saus sebagai topping. Sausnya ini terbuat dari gula merah yang dicairkan.

Seiring dengan perkembangan zaman, jenis saus yang digunakan untuk menyiram pisang Epe menjadi bervariasi. Ada yang rasa durian, cokelat, bahkan ada beberapa penjual yang menggunakan keju untuk dijadikan sebagai toppingnya.

Yang lebih istimewanya lagi, supaya bisa menikmati legitnya jajajan khas Kota Makassar yang satu ini, kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang banyak loh. Sebab harga dari satu porsi Pisang Epe terbilang sangat murah.

Khasiat Pisang Epe Untuk Tubuh

pisang epe khas makassar
Image Source: buahatiku[dot]com
Dikarenakan berbahan dasar pisang, maka rutin mengonsumsi Pisang Epe sangat bagus untuk tubuh kamu. Kenapa? Sebab pisang bisa menjadi sumber energi, dikarenakan pisang mengandung sumber energi yang sangat tinggi, seperti halnya asam folat, kalium, kalsium, sampai nitrogen.

Selain itu, pisang ini dikenal sangat ampuh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Misalnya saja seperti untuk melancarkan sembelit serta bisa dijadikan juga untuk mengurangi morning sickness pada ibu yang sedang hamil.

Bahkan ketika dicampur dengan madu, pisang memiliki khasiat untuk meredakan pusing serta menenangkan perut akibat mengonsumsi alkohol. Selain itu, pisang juga memiliki kemampuan untuk mengatur kadar gula dan juga tekanan darah.

Tidak hanya itu saja, khasiat buah pisang untuk tubuh lainnya adalah bisa meningkatkan fungsi otak dan dapat meringankan gejala PMS (Premenstrual Syndrome) pada perempuan.

Bahkan lebih istimewanya lagi, buah pisang juga bisa mengobati depresi. Hal ini disebabkan kandungan trypthophan yang memiliki kemampuan meningkatkan produksi serotin atau hormon bahagia yang bisa membuat lebih rileks dan juga memperbaiki mood.

Resep Membuat Pisang Epe Sendiri Di Rumah

pisang epe khas losari
Image Source: resepkoki[dot]id
Bagi kamu yang belum sempat mencicipi lezatnya Pisang Epe langsung di Pantai Losari, jangan khawatir. Buatlah sendiri jajanan khas yang satu ini di rumah. Dijamin bisa bikin keluarga makin sayang.

Selain memiliki rasa yang unik namun tetap legit, kuliner khas Makassar yang ini sangat cocok jika disajikan saat bersantai bersama keluarga. Apalagi kamu bisa menyesuaikan sausnya sesuai dengan selera kamu sendiri.

Namun yang terpenting dari semua itu adalah untuk membuat Pisang Epe ini terbilang sangat muda. Bagi kamu yang penasaran, seperti inilah langkah membuat Pisang Epe kuliner khas Kota Makassar.

Siapkan Bahan-Bahan

Sebelum kamu membuatnya, seperti biasa, sediakan dulu bahan-bahannya. Langsung saja cari di pasar 1 sisir pisang kepok. Tapi jangan lupa juga mencari bahan untuk membuat sausnya. Sediakan 250 gram gula merah lalu iris tipis, cokelat bubuk atau balok sesuai selera Anda, 100 ml air, ¼ sdt garam, dan 1 lembar daun pandan.

Setelah semua bahan di atas dirasa sudah lengkap, langsung saja lanjutkan dengan proses pembuatan Pisang Epe, seperti inilah langkahnya:

Bakar Pisang

Bakar terlebih dahulu pisang di atas bara api sambil dibolak-balik. Kemudian angkat lalu buatlah pisang menjadi gepeng. Lalu bakar lagi sampai harum dan matang.

Membuat Saus

Untuk membuat sausnya, rebus terlebih dahulu gula merah, air, daun pandan hingga mendidih. Jangan lupa tambahkan garam dan cokelat lalu rebus kembali sampai kental.

Siram Pisang dengan Saus

Yang terakhir kamu tinggal menaruh pisang di atas piring dan jangan lupa siram dengan saus terlebih dahulu sebelum kamu menyajikannya.

Memang secara penyajian sedikit berbeda dengan cara penyajian Pisang Epe di Makassar, tapi dijamin dari segi rasa tidak akan kalah dengan Pisang Epe yang dijajakan di Pantai Losari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *