Pilih Belajar Parkour Secara Otodidak Atau Ikut Kursus?

parkour

Olahraga parkour sudah tidak lagi dipandang sebelah mata. Ini bisa saja disebabkan banyak sekali ahli olahraga yang satu ini mendapatkan job, entah itu untuk iklan atau bahkan bintang film. Anda yang suka film action pasti sering lihat adegan kejar-kejaran di mana gerakan yang dilakukan seperti gerakan parkour, bukan? Jangan salah. Itu bukan artis biasa. Ia biasanya adalah pemain parkour professional ataupun parkour extreme.

Karena cerahnya masa depan ini, banyak yang akhirnya memutuskan ingin menguasai olahraga parkour ini. Apakah Anda juga punya motivasi yang sama ketika ingin belajar parkour?

Temukan Jawaban Why Anda Belajar Parkour

Tentu setiap orang punya tujuan tertentu mengapa memilih salah satu hobi. Begitu juga dengan Anda yang memutuskan untuk memilih hobi parkour ini. Kira-kira, sudah Anda dapatkan jawaban atas pertanyaan why Anda ingin belajar parkour?

Klik Link Temukan ▶ 🇬🇧 Bahasa Inggrisdan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Ini sangat penting karena jawaban inilah yang menentukan seberapa keras dan seberapa konsisten Anda belajar olahraga ekstrim ini. Ini bukan sembarang olahraga. Tidak seperti olahraga sepeda, futsal, renang, scuba atau bola voli. Parkour hanya bisa dilakukan oleh orang yang benar-benar mau belajar keras dan berani karena ini termasuk olahraga ekstrim.

Jadi, apa why Anda?

Ada yang beralasan klise. Ingin memiliki tubuh yang bugar. Tentu bukan alasan yang salah. Parkour ini memang olahraga yang menuntut pada action. Jadi, sudah bisa dipastikan orang yang suka parkour memiliki tubuh yang bugar.
Namun, apakah itu alasan yang kuat? Apakah itu sudah cukup untuk menjawab why Anda belajar parkour?

Di sisi lain, ada yang punya alasan yang lebih kuat. Belajar parkour karena ingin punya komunitas yang mensupport agar terus melakukan kegiatan yang positif. Parkour merupakan kegiatan yang positif. Tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga banyak orang. Karena biasanya komunitas parkour juga menggelar acara-acara yang lebih bermanfaat, seperti mengajarkan parkour kepada orang banyak untuk menyebarkan virus sehingga lebih banyak lagi orang yang suka olahraga.

Hal inilah yang sebenarnya menjadi jawaban atas pertanyaan lain. Apakah Anda belajar parkour secara otodidak atau ikut kursus? Jika Anda menemukan komunitas, sebenarnya Anda tidak perlu ikut kursus. Karena di komunitas, Anda tidak akan diajari teori tapi lebih ke praktik. Bahkan, pelajaran otodidak yang Anda serap sangat berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan Anda dalam olahraga parkour ini.
Jadi, apa why Anda? Dan apakah Anda ingin ikut kursus atau cari komunitas parkour saja?

Gerakan Dasar Parkour Yang Sebaiknya Anda Terus Latih

Terlepas dari hal tersebut, Anda harus menguasai gerakan sangat dasar dari olahraga parkour ini. Dan jangan salah. Para ahli parkour professional pun terus melatih gerakan dasar ini. Karena ini gerakan fundamental yang akan menentukan bagaimana Anda bisa melakukan gerakan-gerakan yang lain.

Apa saja gerakan dasar dalam Parkour?

1. Jump
Jump dalam Bahasa Indonesia artinya lompat. Ini gerakan paling dasar. Namun, dalam parkour, tentu bukan hanya sekedar lompat begitu saja. Parkour ini gerakan yang dilakukan dengan teknik tertentu sehingga terlihat lebih indah. Begitu juga dengan gerakan lompat ini.

parkour jump

Sebaiknya Anda terus latihan lompat agar lompatan Anda lebih indah dan lebih efektif. Jangan hanya di tempat yang tingginya sama. Ganti dengan melakukan lompatan dari tempat yang rendah ke tempat yang tinggi dan sebaliknya. Ini akan sangat membantu untuk melatih fleksibilitas kaki Anda.

2. Vaulting
Jika Anda sudah menguasai gerakan melompat dengan baik, lakukan vaulting. Ini merupakan gerakan melompati rintangan. Anda bisa melewati rintangan seperti pagar yang tinggnya se dada atau tembok pendek di mana Anda bisa menempelkan tangan Anda untuk menopang tubuh Anda saat vaulting.

3. Swing Through
Sudah jago melakukan vaulting? Sekarang ganti gerakan swing through. Anda tidak melewati rintangan dari atas tapi dari bawah. Itupun jika ada space yang bisa Anda lewati. Contohnya saja jika ada palang yang melintang yang biasanya ada di bagian depan komplek perumahan. Nah, Anda bisa jadikan palang tersebut untuk belajar swing through.

parkour swing through

4. Cat Leap
Anda tahu apa artinya cat leap? Cat artinya kucing. Leap artinya lompatan. Jadi, cat leap merupakan gerakan melompat seperti yang dilakukan oleh kucing.

parkour cat leap

Bagaimana caranya? Anda bisa pilih dulu tembok yang tidak terlalu tinggi. Anda bisa gunakan tembok dengan ukuran sekitar 3 sampai 3,5 meter. Nah, Anda harus melewati tembok tersebut.

Tentu saja Anda tidak bisa melakukan vaulting karena rintangan berupa tembok tersebut terlalu tinggi. Maka dari itu, Anda bisa gunakan gerakan cat leap. Caranya, raih bagian atas tembok dengan kedua tangan Anda dan pada saat yang sama tempelkan kedua kaki Anda pada tembok. Lakukan dengan cara sedikit melompat. Ambil jarak dengan tembok, lari, lalu lakukan cat leap.

Mudah? Kelihatanya mudah. Akan tetapi, untuk gerakan dasar yang satu ini, Anda perlu bimbingan dari orang yang sudah ahli. Inilah mengapa Anda sebaiknya ikut latihan di komunitas parkour di daerah Anda.
Nah, siap untuk lebih ahli lagi dalam hal parkour? Tekad yang kuat dan bulat harus Anda miliki. Karena parkour tidak hanya olahraga yang membutuhkan bakat tapi juga keberanian. Jika Anda tipe orang yang suka tantangan, Anda pasti suka dengan olahraga yang satu ini. Apalagi jika Anda mahir, Anda tidak hanya akan memiliki tubuh yang bugar. Lebih dari itu, Anda mungkin bisa diikutkan dalam sebuah project pembuatan iklan atau film action. Who knows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *