Parkour Seni Gerak Yang Populer di Kalangan Anak Muda!

Posted on
parkour

Hampir sebagian besar anak muda di penjuru dunia tahu mengenai seni Parkour ini. Seni gerak ini dipandang sebagai seni mengekspresikan kebebasan dalam bergerak. Dan ini sangat menarik bagi kalangan muda dunia.

Sejauh ini, banyak praktisi parkour yang mendalami seni ini. Beberapa orang mulai membentuk sebuah komunitas. Dari sinilah para pemuda mulai mempelajari sejumlah teknik yang bisa dikembangkan setiap saat.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

Kepopulerannya kini sudah tidak terbantahkan. Sejumlah adagen film dengan meloncati gedung dari titik A ke titik B menjadi contoh nyata dari seni tersebut. Tentunya, seni ini tidak membutuhkan alat keamanan.

Yang diutamakan adalah ketangkasan tubuh. Selain itu, kecepatan dalam pengambilan keputusan dan keseimbangan dalam melewati rintangan adalah hal yang wajib dikuasai. Jika tidak, trik akan gagal dijalankan.

Asal Usul Dari Parkour

Parkour sendiri sebenarnya bukanlah sebuah jenis olahraga. Ini hanya sebatas latihan ketangkasan, memanfaatkan kekuatan tubuh dalam melewati sebuah rintangan di depan mata. Keberanian praktisi dalam mengolah tubuhnya seperti loncat, salto dan lain sebagainya adalah hal yang lazim dilakukan.

Seni gerak ini akan pas bila dinamai dengan aktifitas disiplin. Kenapa? Karena seni ini mengedepankan kemampuan tubuh dalam melewati semua rintangan yang ada. Dan seni ini tidak dilombakan seperti jenis olahraga lainnya seperti sepakbola atau semacamnya.

Sejarah mencatat bahwa seni gerak ini terinspirasi dari latihan para tentara. Seorang anak muda bernama David Belle yang giat untuk mempelajarinya. Ini tak lepas dari didikan ayahnya yang merupakan seorang tentara di masa lalu.

Ayahnya bernama Raymond Belle. Sang ayah awalnya mengajari anaknya, David untuk berlatih halang rintang tiap harinya. Nyatanya, sang anak terlihat sangat tertarik dengan aktifitas tersebut.

Ketika berusia 15 tahunan, pria kebangsaan Perancis ini pindah ke Lisses yang merupakan salah satu kota di Perancis. Dari sini, David memperkenalkan seni gerak pada sejumlah remaja di sekitarnya. Dan para remaja nampaknya tertarik untuk melakukan hal seperti yang dilakukan oleh David.

Dari sini, dibuatlah sebuah group latihan yang dikenal dengan Yamakasi. Salah satu remaja yang tergabung adalah Sebastian Foucan. Dan kedua teman inilah yang bisa dibilang sebagai pencetus Parkour yang melegenda saat ini.

Perkembangan Parkour Ke Seluruh Dunia

Seni gerak ini memiliki prinsip keefektifan dan kesederhanaan dalam melewati rintangan. Seni ini dilatih oleh David Belle dan Sebastian Foucan bersama sejumlah remaja di Perancis. Mereka tergabung dalam group Yamakasi.

Namun pentolan utama Yamakasi ini nampaknya memiliki perbedaan pandangan. David memegang erat keefisienan dan kesederhanaan. Dan Founcan memandang seni gerak ini butuh inovasi seperti gerakan salto dan semacamnya.
Perbedaan pendapat inilah yang kemudian membuat dua pentolan ini keluar dari komunitas yang dibangunnya pertama kali. Namun begitu, keduanya masih aktif dalam menjalankan aktifitas tersebut.

Contohnya adalah David. Pencetus parkour ini keluar dari bangku sekolah di usia 16 tahun. Dirinya memutuskan untuk mencari kebebasan dan terus melatih ketangkasan yang merupakan konsep awal dari parkour.
Sementara Sebastian Foucan mengembangkan seni ini menjadi lebih menarik. Dirinya juga tercatat sebagai salah seorang Traceur (pencetus parkour pertama) yang memperluas seni ini ke negara lainnya.

Foucan memiliki ide untuk memperkenalkan pada masyarakat dunia. Dirinya lantas menyeberang ke Inggris kala itu. Dan dia juga sadar kalau orang-orang Inggris akan kesulitan untuk menyebut nama dari parkour tersebut.
Di Inggris, Pakour beralih nama menjadi Freerunning (arti parkour dalam bahasa Inggris). Dari sini, para pemuda di Inggris nampak sangat tertarik dengan apa yang ditunjukkan oleh Foucan.

Seni gerak ini terus berkembang. Banyak pemuda yang hobi dengan seni ketangkasan ini. Akhirnya, Freerunning ini menjadi salah satu olahraga jalanan yang keberadaannya membius hampir seluruh pemuda di Inggris.

Di Inggris sendiri, gaya seni gerak ini juga mulai mengalami sejumah perkembangan. Penambahan trik-trik khusus seperti salto, spin dan lain sebagainya tersedia. Karena seni ini membebaskan praktisinya untuk melakukan hal-hal yang lebih menarik.
Sampai saat ini, trik ini semakin luas cakupannya. Anda bakal disuguhkan sejumlah teknik yang memanfaatkan keindahan dan kecepatan dengan anggota tubuh seseorang. Dan ini dinilai positif sampai ke daratan Asia seperti Indonesia.

Filosofi Dan Nilai Yang Terkandung Dalam Parkour

Perlu digarisbawahi bahwa ada istilah yang harusnya dipahami oleh seseorang. Istilah Traceur (laki-laki) dan Traceuse (perempuan) harusnya mengacu pada founder/penemu parkour pertama kali. Namun beberapa orang menganggap praktisi ini sebagai Traceur.
Istilah itu merujuk pada generasi pertama. Tetapi untuk generasi seterusnya, penggiat parkour ini dikenal dengan sebutan Parkour Practitioner. Atau saat ini disebut juga dengan parkour Enthusiast yang berarti berlatih parkour dengan antusias dan sepenuh hati.

Filosofinya adalah kebebasan dan keberanian seseorang dalam melewati rintangan atau tantangan dengan pengambilan keputusan cepat menggunakan kekuatan tubuhnya. Rintangan ini bisa lingkungan alam sampai lingkungan perkotaan.
Ada yang melewati gedung dari satu titik ke titik lainnya, meloncati benda tertentu, memanjat dan lain sebagainya. Ini adalah bentuk keberanian seseorang yang percaya dengan kemampuan tubuhnya.

Bagi penggiat parkour, tentunya kegiatan ini dinilai sangat positif. Parkour dipandang sebagai cara melatih keberanian seseorang untuk melewati sejumlah tantangan yang ada di depan mata. Mental inilah yang akan terbangun dan membuat seseorang lebih kuat untuk menghadapi rintangan yang mungkin tidak seperti yang dibayangkan.
Kesimpulannya, parkour adalah seni gerak untuk menghadapi setiap tantangan yang ada menggunakan kekuatan tubuh. Latihan ini sangat bermanfaat, dan berpengaruh positif bagi setiap penggiatnya. Jadi, apakah Anda juga suka dengan seni parkour ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *