Pantai Terbaik di Indonesia yang Pasti Masuk dalam Bucket List Kamu!

Pantai merupakan daya tarik pariwisata yang luar biasa. Terbukti Pantai kerap kali dijadikan tujuan wisata masyarakat tidak hanya turis lokal namun juga mancanegara. Pantai digunakan oleh para turis dengan tujuan yang beragam, yaitu untuk sekedar menikmati pemandangan, deburan ombak, menunggu matahari terbit maupun tenggelam, bermain pasir dengan si kecil, berjemur atau bahkan berselancar di pantai dengan ombak yang besar. Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki keindahan alam yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Buktinya, pantai indah tersebar mulai dari Sabang sampe Merauke. Tidak percaya? Yuk, simak ulasan mengenai pantai terbaik di Indonesia berikut!

Dimulai dari pulau paling barat Indonesia, pantai ini menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Pulau Weh memiliki tiga pantai yang cantik, yaitu Anoi Itam, Gapang dan Iboih.ketiga pantai ini sangat cocok dikunjungi saat kalian tengah mengunjungi Aceh. Selain Aceh, Provinsi Sumatera Utara juga memiliki pantai yang tidak kalah cantik, yaitu Pantai Sorake, Nias. Pantai ini telah dikenal dengan keindahan dan ombaknya yang besar sehingga cocok bagi kalian yang memiliki hobi berselancar. Bergeser ke sebelah timur, dekat Kota Padang terdapat sebuah pantai indah yang menjadi andalan masyarakat sekitar untuk berwisata yaitu, Pantai Pasumpahan. Untuk menikmati pantai dan terumbu karangnya, Pantai Pasumpahan dapat dijangkau dengan menggunakan speedboat dari Kota Padang. Beralih ke Belitung yang menjadi latar dari film Laskar Pelangi, pantai ini begitu spesial dengan bebatuan yang besar dan airnya yang jernih. Anda dapat menghabiskan waktu dengan bermain air dan mencoba wahana yang ada.

Klik Link Temukan ▶ 🇬🇧 Bahasa Inggrisdan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Bergerak ke Pulau Jawa, pulau terpadat se-Indonesia ini ternyata menyimpan keindahan pantai yang tidak mengecewakan, misalnya Pantai Tanjung Lesung dan Pantai Sawarna, Banten. Tanjung Lesung terletak di sebelah paling barat pulau Jawa, sedangkan Sawarna terletak di Provinsi Lebak. Pantai Sawarna menyuguhkan pemandangan laut yang indah dengan batu karang dan batu besar yang menjadi landmark pantai tersebut. Selain Sawarna, Pulau Jawa juga memiliki pantai indah yang lain, seperti Pantai Wedi Ombo, Timang dan Pantai Drini. Di Yogyakarta atau tepatnya di Kabpaten Gunung Kidul tersebar 60 pantai, sehingga memang banyak sekali pilihan pantai yang dapat dikunjungii. Untuk kalian yang senang dengan pemandangan yang tidak biasa, kalian dapat berkunjung ke Pantai Wediombo dengan bebatuan yang cantik, apabila kalian ingin memacu adrenalin, kalian dapat menyebrangi laut menuju batu besar di seberangnya dengan menggunakan semacan kereta gantung yang digerakkan dengan menggunakan kabel. Mantap!

Selain Yogyakarta, daerah lain yang juga menyimpan kekayaan pantai yang indah adalah Pacitan. Yup! Pacitan sama-sama terletak di sebelah selatan Pulau Jawa dan pastinya indah karena menawarkan pemandangan yang berbeda, misalnya Pantai Banyutibo yang memiliki keunikan air yang menyerupai air terjun yang jatuh ke pasir di tepi pantai. Selain itu Pacitan juga memiliki Pantai Kelayar yang dihiasi dengan tebing yang mengelilingi pantai tersebut. Deburan ombak yang besar lalu menabrak tebing membuat pemandangan semakin indah dan pastinya tidak dapat ditemui di daerah lain, ya!

Dari Pacitan, kita ke daerah lain di Jawa Timur yang juga terkenal dengan keragaman pariwisata, yaitu Malang. Malang menawarkan aneka situs pariwisata yaitu kotanya yang indah dan sejuk, kuliner dan juga pantai. Pantai di Malang juga terletak di sebelah selatan, yaitu Samudera Hindia dan pastinya indah. Salah satu pantai yang wajib kalian kunjungi adalah pantai ngeliyep dengan pasir putih dan air biru yang membentang, selain itu ada juga Pantai Sendang Biru yang dekat dengan Pulau Sempu yang terkenal dengan Segoro Anakannya itu. Bergeser lagi ke timur, kita akan mengunjungi Pantai di daerah Jember yaitu Pantai Papuma. Pantai dengan khas batu karang besar ini menjadi daya tarik wisata masyarakat Jember dan sekitarnya.

Bali adalah salah satu dari sekian banyak destinasi wisata yang digemari oleh turis mancanegara. Namun, kita perlu mengeksplor daerah di luar Pulau Bali yang juga menyajikan pemandangan yang eksotis, yaitu Nusa Penida. Di Nusa Penida, kalian akan diajak menjelajahi pantai yang terlihat cukup berbeda dengan pantai-pantai yang pernah kalian kunjungi sebelumnya, misalnya Pantai Kelingking. Jika kalian tertarik mengunjungi Pantai Kelingking, kalian harus berhati-hati karena GPS tidak tertangkap begitu baik disini selain itu medan jalanan yang berkelok juga menjadi tantangan tersendiri. Selain Pantai Kelingking, kalian juga dapat mengunjungi Angel’s Billabong yang merupakan pantai karang yang memiliki gradasi warna biru muda, biru tua dan toska. Selain itu kalian juga dapat mengunjungi Pantai Apuh yang indah dan juga Broken Beach yang sangat unik dibandingkan dengan pantai lainnya karena bolong di tengah dan pastinya pantainya bersih. Keindahan Bali memang tiada matinya!

Bergeser ke kepulauan di Nusa Tenggara Barat, Gili Meno, salah satu pulau dari rangkaian Pulau Gili menjadi salah satu pulau yang memiliki pantai terbaik. Tidak percaya? Gili Meno memiliki pantai yang bersih dengan air biru yang alami dan pastinya kekayaan hayatinya juga melimpah. Selain Gili Meno masih ada juga Pantai Indah kebanggan masyarakat Lombok, yaitu Pantai Kuta dan Pantai Mandalika. Di Pantai Kuta, pasir berbentuk lebih besar dan pantainya sungguh insah sedangkan di Pantai Mandalika akan hadir pula sirkuit Moto GP yang akan selesai pada tahun 2020. Selain itu, masih di Nusa Tenggara, pesona Pantai Pink di Kepulauan Komodo, Nusa Tenggara Timur memilki daya tarik tersendiri. Selain airnya yang bening, pasir yang berwarna pink ini juga mengundang banyak turis baik lokal maupun mancanegara untuk turut mengunjungi pantai ini. Selain itu, pantai indah juga dimiliki oleh Nihiwatu di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Juara, deh Nusa Tenggara dengan beraneka ragam pantainya.

Timur Indonesia juga menyimpan sejuta keindahan pantai, misalnya di Maluku Tengah terdapat Pantai Ora yang disebut-sebut sebagai “Bora-bora” dari Indonesia. Jadi kita tidak perlu jauh-jauh ke Bora-bora atau Maldives, cukup ke Pantai Ora. Selain Maluku, yang menjadi surga bagi para wisatawan dengan akses yang lumayan jauh, apa lagi kalau Raja Ampat. Yes! Raja Ampat merupakan gugusan pulau di Papua Barat. Gugusan Pulau ini tidak perlu dipertanyakan lagi keindahannya, hal tersebut dapat terlihat dari pulau asri dan laut biru yang menjadi daya tarik. Kompas pernah mencatat, bagi kalian yang ingin berwisata dengan cara backpacker, kalian dapat menghabiskan biaya sekitar 5 juta rupiah pada tahun 2016. Namun apabila disesuaikan dengan harga tiket yang saat ini sedang melambung tinggi, sekali jalan saja dari Jakarta, kalian memerlukan biaya sekitar 3.500.000 untuk sekali jalan.

Tapi dengan biaya besar yang dihabiskan, rasanya akan terbayar dengan pemandangan dana suasana alam yang asri serta jauh dari kebisingan kota. Jadi bagaimana? Tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *