Nilai Kehidupan Yang Terdapat Di Dalam Parkour

Parkour atau yang dikenal juga dengan istilah I’art du déplacement (seni gerak) ini merupakan aktivitas yang memiliki tujuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya dengan efisien dan juga secepat-cepatnya dengan menggunakan prinsip kemampuan dari badan manusia.

Klik Link Temukan Cara ▶ 🇬🇧 Belajar Bahasa Inggris Dasardan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Parkour ini tidak bisa disebut sepenuhnya sebagai olahraga. Sebab Parkour ini tidak mengenal kompetisi, kejuaraan, medali-medali, ataupun juga tingkatan-tingkatan. Pada Parkour ini, sebenarnya hanya dikenal istilah Jammming yang merupakan kegiatan berkumpul bersama sambil berbagi berbagai jenis teknik dan juga metode latihan sesama praktisi.

Namun Parkour ini juga tidak bisa disebut sebagai murni seni. Sebab Parkour ini tidaklah seperti dance yang lebih mengedepankan keindahan pada saat melakukan gerakan dan juga trik, atau capoeira yang memiliki keindahan dalam jurusnya.

Akan tetapi Parkour ini lebih mengedepankan tentang bagaimana caranya bergerak dari satu titik ke titik lainnya, sedangkan keindahan hanyalah bonus. Jadi lebih tepatnya Parkour ini bisa disebut dengan aktifitas disiplin. Jika anda memiliki tingkat disiplin yang tinggi, maka Anda akan cepat menguasainya, sama seperti belajar bahasa Inggris, jika Anda tekun dan disiplin, Anda akan cepat memahami.

Arti Kata Dari Parkour

Dilihat dari akar bahasanya, Parkour ini berasal dari kata parcours du combatant yang memiliki arti halang rintang untuk sesi militer. Dalam hal ini kata Parcours “c” diganti “k” dan “s” untuk menjelaskan filosofi dari Parkour, “Parkour’s philosophy about efficiency”.

Ada beberapa media yang menyebut istilah Traceur (untuk laki-laki) dan Traceuse (untuk perempuan) kepada para penggiat Parkour. Sebenarnya ini tidaklah sepenuhnya salah, akan tetapi pada kenyataannya Traceur dan Traceuse ini adalah sebutan untuk para praktisi dari Parkour generasi pertama yang berlatih bersama dengan David Belle.

Namun untuk para prektisi Parkour generasi setelahnya, umumnya disebut dengan istilah Parkour Practitioner atau saat ini sering disebut dengan Parkour Enthusiast, yakni orang yang berlatih Parkour dengan antusias dan sepenuh hati.

Sejarah dari Parkour

Parkour
i.ytimg.com

Parkour ini ditemukan oleh David Belle di Prancis yang sebenarnya pada awalnya Parkour ini tujuanya adalah untuk melatih efisiensi gerakan supaya bisa membentuk badan dan juga pikiran untuk bisa menghadapai berbagai jenis rintangan dalam kondisi bahaya.

Ternyata Parkour ini sudah ada sejak dulu sebelum istilah Parkour mulai tenar. Akan tetapi istilah Parkour ini yang mempkenalkannya adalah David Belle. Jadi David Belle inilah yang memperkenalkan Parkour ke seluruh dunia yang sebenarnya pada awalnya hanya berkembang di Prancis.

Uniknya, Parkour ini bisa berkembang pesat setelah menyebrang dari Prancis ke tanah Inggris. Dan justru yang membuat Parkour ini semakin mendunia adalah Faucan. Faucan berserta kawan-kawannya bepikir untuk menyebarkan Parkour ini ke tanah Inggris.

Faucan kemudian mulai memikirkan nama yang pas untuk menterjamahkan kata Parkour ke dalam bahasa Inggris. Sebab umumnya orang Inggris akan kesulitan jika mengatakan Parkour. Maka tercetuslah nama Freerunning yang merupakan terjemahan dari Parkour versi Inggris.

Nilai Kehidupan yang Terdapar dalam Parkour

Parkour
content.artofmanliness.com

Selain memiliki sejarah yang kuat, Parkour ini juga mengandung nilai filosofi yang sangat tinggi. Ada beberapa pesan kehidupan yang bisa dipetik dari Parkour, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Seni Melewati Semua Masalah dalam track Kehidupan

Saat menjalani roda kehidupan, sudah pasti akan ada banyak rintangan dan juga masalah yang akan Anda hadapi. Namun di sisi lain sudah pasti Anda memiliki yang namanya tujuan akhir.

Dengan memakai prinsip dari Parkour ini, Anda dituntut untuk tetap berusaha melewati segala jenis rintangan atau obstacles tersebut serta memecahkan masalah dengan fektif dan efisien.

2. Melawan Rasa Takut

Jika Anda takut untuk mencoba hal yang baru, pasti akan jalan ditempat dan tidak akan pernah maju. Untuk menjadi apa-apa, Anda dituntut untuk berani melawan rasa takut. Sama halnya Parkour, untuk melewati segala jenis rintangan yang ada di depan, Anda dituntut untuk membuang jauh-jauh rasa takut tersebut.

3. Bangkit dari Kegagalan

Saat Anda pertama kali mencoba gerakan baru di Parkour, sudah pasti akan mengalamai sebuah kegagalan. Namun jika Anda terus bangkit dan mencobanya lagi, Anda pastinya akan bisa menguasai gerakan baru tersebut.

Begitu juga di dalam menjalani kehidupan. Ada kalanya rencana yang bahkan sudah Anda planning dengan matang mengalami kegagalan. Namun jika Anda tidak menyerah dan terus berusaha, niscaya keberhasilan akan Anda dapatkan.

4. Fleksibel dan Fluiditas

Parkour
http://youthopia.in

Berlatih Parkour ini bisa membuat diri Anda fleksibel dan semangat akan terus mengalir di dalam diri Anda. Begitupun juga dengan kehidupan, Anda dituntut untuk tetap fleksibel dan bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan.

5. Kreatifitas dan Kebebasan

Pada saat Anda berlatih Parkour, memungkinkan untuk Anda bisa berkreasi dan menciptakan sebuah gerakan baru atau menggabungkan beberapa gerakan dasar menjadi sebuah gerakan baru tergantung dari seberapa baik kreatifitas Anda.

Hidup juga demikian adanya, Anda dituntut untuk bisa lebih kreatif sehingga dapat berguna dan juga bermanfaat di dalam kehidupan. Selain daripada itu, di dalam Parkour ini, Anda juga diajarkan untuk tetap bergerak secara bebas menuju sebuah kebebasan namun tentunya tanpa harus melawan aturan.

Dan sebenarnya selain yang sudah diulas di atas, masih banyak lagi makna kehidupan yang terkandung di dalam Parkour ini. Tinggal bagaimana Anda memaknai Parkour itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *