Nasi Krawu Gresik, Olahan Tradisional Yang Tak Lekang Oleh Waktu

nasi krawu khas gresik

Jika ada pertanyaan tentang apa makanan khas dari Kota Gresik? Sudah pasti banyak yang menjawab nasi krawu. Memang benar, nasi krawu ini adalah salah satu kuliner khas Gresik yang dikenal memiliki rasa dan penyajian yang cukup unik. Nah dalam belajar bahasa inggris, juga harus menggunakan cara yang unik agar tidak mudah bosan dan gampang dimengerti.

Maka dari itu tidak heran jika nasi krawu ini banyak dicari oleh pendatang ketika berkunjung ke Gresik. Memangnya seperti apa penyajiannya sehingga nasi krawu ini dikatakan cukup unik? Mari kita lihat Apa Itu Nasi Krawu?

Nasi krawu adalah salah satu olahan tradisional yang sangat populer di Gresik Jawa Timur. Bahkan jika kamu berkunjung ke Gresik, dijamin kamu tidak akan kesulitan menemukan penjual yang menjajakan makanan yang satu ini.

Uniknya, setiap penjual dari nasi krawu ini umumnya memiliki ciri khas masing-masing, baik dari segi penyajian dan rasanya. Nah, karenanya, coba cari yang sesuai dengan selera lidah kamu ya.

Nasi krawu ini terdiri dari nasi serta aneka menu pelengkap mulai dari daging yang disuwir, poyah atau serondeng yang terbuat dari parutan kelapa, dan ada juga sambal yang dijamin menambah kelezatan makanan ini.

Sejarah Nasi Krawu Khas Gresik

nasi khas gresik, nasi krawu
Image Source: eastjava[dot]com
Meskipun sampai saat ini dikenal sebagai salah satu kuliner khas Kota Gresik, tapi sebenarnya nasi krawu ini asalnya justru dari Madura loh. Makanan yang satu ini pada mulanya dikenalkan oleh para pedagang dari Madura yang mencoba berjualan nasi krawu di Gresik.

Dikarenakan memiliki rasa yang khas dan sangat nikmat, akhirnya banyak masyarakat Gresik yang menyukainya dan justru membuat nasi krawu dikenal sebagai salah satu makanan khas dari Gresik, bukan dari Madura.

Sedangkan nama nasi krawu sendiri sebenarnya berasal dari istilah krawuk, yang di dalam istilah masyarakat Gresik, krawuk ini berarti mengambil sembarangan dengan menggunakan tangan.

Hal ini disebabkan lantaran rata-rata para penjual nasi krawu ini menyajikan dan juga menyiapkan menunya hanya dengan menggunakan tangan. Dari situlah kemudian banyak masyarakat yang menyebutnya dengan nasi krawu atau sego krawu.

Keistimewan Dari Nasi Krawu Khas Gresik

Salah satu keistimewaan dari nasi krawu ini bisa dilihat dari lauk-pauknya yang terdiri dari daging yang disuwir, serondeng, dan sambal khusus untuk nasi krawu. Kolaborasi dari ketiganya ternyata bisa memberikan cita rasa yang berbeda.

Daging suwirnya umumnya berasal dari daging sapi yang dimasak bersamaan dengan jeroan sapi seperti halnya babat, hati, dan usus, lalu kemudian disuwir-suwir. Sementara itu untuk serondengnya biasanya disajikan dalam dua varian, ada yang berwarna merah dan ada juga yang kuning.

Yang semakin membuat rasa nasi krawu istimewa adalah berasal dari sambalnya. Bagi kamu yang suka dengan makanan pedas dijamin pasti suka dengan rasa pedas yang ada pada sambal khas pada nasi krawu.

Penyajian Dari Nasi Krawu Khas Gresik

krawu khas gresik
Image Source: idntimes[dot]com
Sebenarnya di atas sudah sedikit disinggung jika salah satu hal yang unik dari nasi krawu ini adalah dalam hal penyajiannya. Memangnya seperti apa cara penyejian dari nasi krawu ini ya?

Makanan khas Gresik yang satu ini seringnya disajikan di atas selembar daun pisang atau istilah masyarakat Gresik dinamakan pincuk’an. Barulah kemudian pincuk’an tadi diisi dengan nasi lalu diberi lauk daging suwir, serundeng, dan diberi sambal sesuai dengan selera pembelinya.

Sementara itu, di Gresik sendiri nasi krawu ini dikenal memiliki dua jenis, ada nasi krawu basah dan nasi krawu kering. Yang membedakan antara keduanya adalah pemberian kuah. Yang basah diberi kuah sedikit sedangkan yang kering tidak diberi kuah sama sekali.

Kamu Harus Segera Mencoba Nasi Krawu Khas Gresik

Alasan terbesar kenapa kamu harus segera mencoba masakan tradisional khas Gresik yang satu ini lantaran nasi krawu dikenal memiliki citarasa yang unik dan sangat lezat. Hal ini dikarenakan adanya perpaduan antara nasi putih yang pulen, ditambah dengan krawu atau suwiran daging, dan tidak lupa sambal trasi yang akan menambah kelegitan olahan khas yang satu ini.

Oleh sebab itu, bagi kamu para pecinta kuliner, sebaiknya segeralah untuk mencoba sajian khas Kota Gresik yang satu ini karena memang tidak bohong rasanya sangat lezat dan bikin ketagihan. Terlebih lagi jika nasi krawu ini disajikan dalam keadaan masih hangat.

Selain memiliki rasa yang dijamin, bikin kamu susah lupa, ada satu hal lagi yang membuat nasi krawu ini selalu diingat oleh seseorang yang sudah pernah memakannya, apalagi jika bukan alas dari daun pisang. Meskipun demikian, ternyata alas dari daun pisang inilah yang justru semakin membuat nasi krawu semakin nikmat.

Nah itu dia sedikit ulasan mengenai salah satu makanan khas dari Gresik, Nasi Krawuk. Makanan khas Gresik yang dijamin bisa bikin ketagian, jadi jangan sampai terlewat untuk mencoba ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *