Nasi Gemuk Khas Jambi Yang Ternyata Tidak Bikin Gemuk

Hampir di setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki kuliner atau makanan khas masing-masing. Bahkan tidak jarang beberapa makanan tersebut sama namun dengan nama yang berbeda. Salah satunya adalah nasi gemuk. Makanan khas Jambi yang secara penamaan juga terdengar unik.

Klik Link Temukan Cara ▶ 🇬🇧 Belajar Bahasa Inggris Dasardan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Jika mendengar sekilas namanya, pasti banyak yang berbpikir bahwa nasi ini adalah nasi yang bisa bikin gemuk. Bisa juga ada yang berpikiran nasi ini adalah nasi yang sering dimakanan oleh orang gemuk.

Ikuti Video Wisata Jakarta bersama Iona dan Ebba (Sweden) : EF.ID/wisatajakarta


Dan bisa saja ada yang berpikir bahwa nasi gemuk ini memiliki nama demikian karena diambil dari bentuk penyajiannya. Namun apapun itu, ternyata nasi gemuk ini jika dilihat ada sedikit kesamaan dengan nasi uduk atau sego gurih.

Namun untuk sejarah kenapa dinamakan dengan nasi gemuk ini belum ada informasi yang jelas. Jadi nasi ini memang dari waktu ke waktu khususnya di Jambi dikenal oleh masyarakat dengan nama nasi gemuk.

Nasi gemuk ini adalah jenis makanan yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu sarapan dan memang seperti inilah yang terjadi di Jambi. Jika di Jawa Timur ada menu sarapan andalan masyarakatnya yaitu pecel maka di Jambi ini menu sarapan andalan masyarakatnya adalah nasi gemuk, sangat cocok disantap sebelum Anda belajar bahasa Inggris.

Perbedaan Nasi Gemuk dan Nasi Uduk

nasi gemuk
igx.4sqi.net

Meskipun sebenarnya banyak kesamaan antara nasi gemuk dan nasi uduk, namun ternyata diantara keduanya ada beberapa perbedaan. Jika di Jakarta nasi uduk umumnya disantap dengan menggunakan emping melinjo, maka lain halnya yang terjadi di Jambi, nasi gemuk atau nasi uduk Jambi ini umumnya disantap dengan menggunakan kerupuk.

Dan bisa jadi inilah yang membedakan antara nasi uduk di daerah Jawa dengan nasi uduk Jambi atau nasi gemuk ini. Dan tentunya dari segi rasa yang memang sudah pasti berbeda diantaranya keduanya. Meskipun sebenarnya dibuat dengan bumbu dasar yang sama.

Sebenarnya sama halnya dengan pada saat Anda ingin membuat nasi uduk, bahan dasar untuk membuat nasi gemuk, yaitu beras, santan, daun pandan, daun jeruk, serta bebera rempah-rempah lainnya.

Untuk lebih lengkapnya bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat nasi khas Jambi yang satu ini, silahkan Anda bisa lihat resep dan cara membuat nasi gemuk pada ulasan di bawah nanti.

Namun yang terpenting adalah pada saat Anda sedang berada di Jambi, rasa-rasanya Anda harus mencoba menu sarapan khas Jambi yang satu ini. Namun jika Anda datangnya pada saat malam hari, tenang saja Anda masih bisa untuk menikmatinya, sebab di Jambi juga ada beberapa warung nasi gemuk yang buka sampai malam hari.

Resep Original Nasi Gemuk Khas Jambi

nasi gemuk
b.zmtcdn.com

Sederhananya, nasi gemuk ini merupakan hidangan nasi berbumbu khas Jambi. Selain bisa dengan mudah Anda temukan di Jambi, ternyata nasi gemuk ini juga bisa Anda temukan di Malaysia dan juga Singapura.

Namun di Malaysia dan Singapura nasi gemuk ini dikenal dengan nama yang berbeda. Di sana nasi gemuk dikenal dengan nama nasi lemak. Hal ini disebabkan rasanya yang berminyak serta kandungan santan yang ada di dalamnya.

Akan tetapi jika Anda ada keinginan untuk membuat menu sarapan khas Jambi yang satu ini, di bawah ini adalah resep original dari nasi gemuk yang bisa Anda praktikkan. Mungkin bisa menjadi alternatif saat sudah bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja.

Bahan-bahan untuk Membuat Nasi Gemuk

nasi gemuk
blogspot.com

Jadi sebenarnya ada kemiripan untuk bahan membuat nasi gemuk dan nasi uduk. Untuk bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah 1 kg beras, 1000 ml santan kental dari 2 butir kelapa, 1 batang serai lalu ambil bagian putihnya dan geprek, 2 lembar daun salam, 1 lembar daun pandan lalu ikat, 2 lembar daun jeruk, 2 sdt garam, dan 1 sendok minyak gorang.

Bumbu Halus untuk Membuat Nasi Gemuk

Sedangkan untuk bumbu-bumbu yang dihaluskan pada saat ingin membuat nasi gemuk adalah 4 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 1 sdt ketumbar bubuk, dan yang terakhir adalah ½ sdt jinten.

Bahan Pelengkap untuk Membuat Nasi Gemuk

Dan untuk beberapa bahan pelengkap supaya rasa nasi gemuk semakin lezat adalah bawang goreng, kerupuk, irisan mentimun, teri balado, telur dadar, kacang gorang, dan kari.

Proses Pembuatan Nasi Gemuk

Setelah semua persiapan di atas Anda lengkapi semua, maka langkah membuat nasi gemuk adalah seperti ini:

1. Cuci beras sampai bersih terlebih dahulu.

2. Lanjutkan dengan menumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan daun salam, daun pandan, daun jeruk, sereh, dan garam. Tunggu sampai mendidih dan matikan api.

3. Setelah itu masukkan tumisan bumbu tadi dan juga santan ke dalam panci yang berisi beras tadi. Selanjutnya masak sambil sesekali diaduk supaya airnya bisa meresap ke dalam setiap butir beras.

4. Dan pada saat beras sudah selesai di aron, lanjukan dengan memanaskan panci dandang lalu beri air secukupnya selanjutnya kukus sampai nasi matang.

5. Yang terakhir sajikan bersama dengan pelengkap yang sudah Anda siapkan tadi.

Sebenarnya teknik memasaknya sama dengan memasak nasi pada umumnya. Yang membedakannya hanyalah tambahan bumbu yang menjadi ciri khas dari nasi gemuk khas Jambi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *