Motorcross, Motornya Orang Yang Bernyali Tinggi!

Posted on
motocross

Motorcross telah mewabah hampir ke seluruh penjuru dunia. Penggiatnya kebanyakan adalah kaum lelaki. Karena menungganginya butuh mental, keberanian dan kemampuan teknik yang luar biasa.

Di Indonesia sendiri, kegiatan ini banyak digeluti oleh para pemuda. Kegiatan ini dinilai positif. Tidak mengherankan jika banyak komunitas yang menamakan dirinya sebagai pecinta motorcross.

Diskon (((Lagi))) s/d 2,4 Juta di EF Kursus Bahasa Inggris, lebih detail klik link ini PROMO Extra FunBelajar Bicara Inggris di EF English First makin menyenangkan!

Gambaran Motorcross

Motorcross masuk dalam kategori olahraga yang ekstrim. Sensasi menunggai kuda besi ini tidak pernah diragukan. Namun begitu, banyak orang yang tertarik untuk mencoba olahraga tersebut.

Olahraga ini menggunakan kendaraan roda dua. Biasanya hanya dijadikan sebagai tunggangan di lahan-lahan yang ekstrim. Entah itu jalanan berpasir, sampai berbatu ataupun jalanan becek.

Sekilas mirip sekali dengan motor trail. Namun kenyataannya ini berbeda. Perbedaannya bisa dilihat di sub heading di bawah.
Olahraga ekstrim ini mulai mewabah sejak diperkenalkan ke khalayak ramai. Mesin yang digunakan menggunakan mesin 2 stroke ataupun 4 stroke. Tentunya mesin yang disematkan ini bakalan mendukung pada performa sebuah kendaraan.

Performa yang menawan dan mampu melibas medan ekstrim menjadi keunggulannya. Dan penunggangnya butuh kemampuan teknik mengendari kuda besi dengan sangat baik. Jika tidak, maka kemungkinan besar akan cedera.

Perlu diingat bahwa kendaraan ini bertipe kendaraan offroad. Kendaraan ini tidak dilengkapi dengan klakson, spion atau semacamnya. Makanya, kendaraan ini bisa dibilang sebagai kendaraan khusus untuk perlombaan saja.

Di kancah nasional, sudah ada penyelenggara yang menjadi wadah perlombaan kendaraan ekstrim ini. Begitupun dengan di kancah international. Perlombaan ini mengedepankan ketangkasan pengendara, kecepatan kendaraan serta ketangkasan fisik dari kendaraan itu sendiri.

Biasanya, jarak tempu kendaraan dalam perlombaan bergantung pada jenis perlombaan yang diselenggarakan. Yakni ada yang dibuat dengan jarak dekat ataupun jarak jauh yang memakan waktu sampai beberapa hari.

Sejarah Motorcross Dunia

Sebelum dikenal luas di dunia, Motorcross ini tentu tidak setenar kendaraan balap lainnya. Motor ini merupakan tipe motor sederhana yang menggunakan mesin uap. Dan motor ini muncul pertama kali di tahun 1860.

Setelah itu, inovasi dibuat untuk mengembangkan kendaraan besi tersebut. Salah satu inovasi ini dicetuskan oleh Ilmuwan berkebangsaan Inggris. Dia adalah Pierre Michaux.
Di tahun 1990an, inovasi ini nampaknya membuahkan hasil. Penggemar olahraga ekstrim ini mulai semakin banyak. Dan sampai tahun 1920an, kompetisi balap ini dikenal dengan sebutan Motorcross. Kompetisi ini diselenggarakan di Camberly, Inggris.
Perkembangannya semakin menunjukkan keberhasilan. Di tahun 1960an, muncullah sepeda motor dengan mesin 2 stroke. Lantas di tahun 1970an, sebuah kompetisi ini dilakukan di arena balap.

Sejumlah perusahaan dari berbagai negara kemudian berlomba-lomba untuk menciptakan kendaraan roda dua yang lebih ringan namun mampu bermanuver dengan lebih baik. Diantaranya adalah Swedia, Inggris sampai Cekoslovakia.
Namun di tahun 1960an, nampaknya Jepang menjadi yang terbaik. Ini dibuktikan dengan kehadiran kendaraan roda dua yang memiliki kualitas tinggi. Perusahaan itu bermerek Suzuki.

Menariknya, perusahaan Suzuki ini mampu memberikan hasil manis dalam kejuaran motorcross beberapa tahun kemudian. Tepatnya di tahun 1972, pabrikan ini masuk kejuaraan dunia motorcross level 250 cc yang diselenggarakan di Los Angeles Coliseum.

Menginjak tahun 1990an, peraturan dibuat oleh beberapa pengambil kebijakan. Sejumlah pabrikan diharuskan untuk menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan. Yakni dengan membuat sepeda motor dengan mesin 4 stroke.
Setelah itu, kegiatan berkendara di jalanan kasar ini terus mengalami perkembangan sampai saat ini. Kompetisinya juga mulai banyak mengalami perubahan. Diantaranya menjadi kompetisi Freestyle Arenacross sampai Supercross.

Jenis-Jenis Motorcross

Sensasi menunggangi motorcross ini tidak bisa diucapkan dengan kata-kata. Rasanya sangat mengasyikkan lantaran memacu adrenalin. Dan ini tentu saja didapatkan dari jalanan ekstrim yang dilaluinya. Mulai dari daratan yang tak rata, jalanan berlumpur sampai berpasir.

Kendaraan ekstrim ini dikenal juga dengan kendaraan off road. Jenisnya cukup banyak. Salah satunya adalah yang Anda kenal dengan sebutan Motorcross.
Nah, motorcross ini hanya digunakan untuk jarak pendek saja. Di lintasan ini, ada beberapa hambatan yang dibuat untuk merintangi setiap pengendara.
Kendaraan ini dirancang dengan tangki bahan bakar yang kecil dan berbobot ringan. Bahkan, ukurannya ditinggikan agar kendaraan bisa melompat dengan mudah.
Yang kedua adalah Enduro. Motor ini lebih lengkap. Kelengkapannya meliputi lampu sign, klakson, dan lampu-lampu lainnya. Ukuran tangki bahan bakarnya juga lebih besar dibandingkan motor sebelumnya.

Sementara untuk jenis perlombaannya, motor ini digunakan untuk jarak jauh. Biasanya perlombaan ini memakan waktu minimal 2 hari. Makanya, rancangan kendaraan ini lebih bagus agar ketahanan kendaraan dalam menyelesaikan lomba semakin baik.

Bedanya Motorcross Dan Motor Trail

Tidak sedikit orang salah kaprah dengan mengatakan kalau motorcross dan trail itu sama. Karena jika dilihat dari bentuk dan penampilannya, kedua motor ini memang sepintas sangat mirip. Tapi sejatinya, keduanya ini berbeda.
Perbedaannya terletak pada kelengkapan kendaraan beserta kegunaannya. Malahan, spesifikasi dari kedua kendaraan ini berbeda jauh.

Motor trail sendiri bisa dibilang lebih lengkap. Kendaraan dilengkapi dengan spion, lampu, plat nomor sampai klakson. Bahkan dilengkapi dengan surat resmi.
Motor jenis ini bisa digunakan di jalan raya seperti kebanyakan kendaraan pada umumnya. Bisa juga digunakan di medan yang terbilang kurang baik. Contohnya medan berpasir, berbatu dan sebagainya.

Sementara Motorcross ini tidak dilengkapi dengan kelengkapan kendaraan seperti motor trail. Spion, lampu dan klakson serta plat nomor ditiadakan. Ini didesain untuk menjaga keselamatan bagi pengendaranya.
Betapa tidak, kegunaan dari kendaraan ini hanya untuk kendaraan lomba. Atau bisa disebut sebagai kendaraan sirkuit saja. Tentu saja, spesifikasi mesinnya jauh lebih tinggi dibandingkan Trail.

Intinya, motorcross hanya digunakan sebagai kendaraan untuk perlombaan. Dan kendaraan ini tidak diperkenankan untuk dikendarai di jalanan umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *