Menjaga Kesehatan Mental Dengan Olahraga Hiking

naik gunung

Memang benar, hiking merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup berat dilakukan. Bagaimana tidak, dalam olahraga ini kamu sebenarnya sudah melakukan berbagai macam jenis olahraga sekaligus. Sama seperti saat kamu belajar bahasa inggris, ada berbagai macam grammar yang harus kamu pelajari sekaligus.

Klik Link Temukan ▶ 🇬🇧 Belajar Bahasa Inggrisdan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Tapi ternyata bukan hanya fisik saja yang dilatih saat melakukan hiking. Sebuah penelitian kesehatan terbaru menunjukkan kalau ternyata hiking juga sangat baik untuk kesehatan mental kamu loh.

Olahraga yang satu ini dilakukan di alam terbuka dan sering dilakukan di area perbukitan atau pegunungan hijau. Dari penelitian tersebut, saat kamu melakukan hiking, secara otomatis kamu juga akan menikmati pemandangan alam di sekitar kamu.

Kegiatan semacam ini ternyata bisa membantu kamu membuang berbagai macam pikiran negatif, stress, rasa cemas, depresi, serta hal-hal lain yang sering membuat suasana hati kamu memburuk.

Bahkan ada pakar kesehatan yang menyebutkan saat kamu melakukan hiking dengan tidak memegang smartphone-mu sama sekali, itu sangat membantu otak kamu untuk bekerja lebih optimal. Wah hebat ya!

Dan ternyata melakukan hiking tanpa gadget seperti ini bisa melatih otak kamu untuk lebih kreatif serta membuat otak lebih tajam dalam memecahkan masalah. Karena itulah olahraga hiking ini bisa berimbas sangat positif untuk kesehatan mental kamu.

Rekomendasi Tempat Hiking Populer Di Indonesia

Setelah mengetahui pengaruh positif dari olahraga hiking, pasti kamu ingin mencari trek hiking terbaik yang ada di Indonesia. Dengan pemandangan alam yang indah di sepanjang trek hiking, yang sudah pasti akan memberikan dampak yang lebih bagus lagi untuk mental kamu.

Langsung saja, di bawah ini adalah beberapa contoh tempat hiking paling populer yang ada di Indonesia dengan panorama alam yang luar biasa.

Gunung Papandayan di Garut Jawa Barat

hiking di papandayan
Image Source: wikipedia

Selain menjadi tempat favorit untuk hiking, gunung Papandayan ini juga menjadi tempat favorit untuk melakukan sesi foto pre-wedding. Nah apa yang menarik dari gunung Papandayan ini ya?

Berada di ketinggian 2.656 mdpl, tempat ini dikenal menyajikan pemandangan sunrise yang super keren. Menariknya lagi, di gunung Papandayan ini juga terdapat padang edelweiss yang sangat cantik. Tapi jangan dicabut ya, karena bunga ini bunga yang di lindungi.

Selain itu, masih banyak lagi pesona alam eksotis yang bisa kamu nikmati jika memilih gunung Papandayan sebagai tempat hiking kamu. Apalagi trek hiking di tempat ini terbilang cukup pendek dan tidak terlalu terjal.

Gunung Argopuro di Jember Jawa Timur

hiking di argopuro
Image Source: gunung[dot]net
Kalau kamu masih pendaki pemula, gunung Argopuro engga disarankan untuk kamu. Sebab tempat ini dikenal memiliki trek terpanjang dan terbasah. Kalau sangat suka kegiatan yang menantang adrenalin, akan sangat rugi untuk tidak mencoba trek hiking gunung Argopuro ini.

Selain terdapat banyak sabana, di tempat ini juga terdapat hutan lumut dan danau taman hidup. Selain itu, di sini juga masih banyak terdapat aneka satwa seperti burung merak, babi hutan, rusa, monyet, dan lain-lain.

Gunung Rinjani di Lombok

hiking di rinjani
Image Source: kaskus

Gunung ini adalah gunung berapi tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Pesona dari tempat hiking yang satu ini adalah memiliki pemandangan sunrise yang sangat indah, selain itu di sana juga terdapat padang sabana yang sangat luas.

Tidak hanya itu, di gunung ini ada juga mata air panas dan air terjun Sendang Gile, danau Segara Anak dan juga anak Gungun Barujari. Di sana kamu juga bisa menikmati sebuah bukit unik dan indah yang bernama 7 bukit penyesalan.

Gunung Semeru di Probolinggo

hiking di semeru
Image Source: Kapanlagi[dot]com
Siapa yang tidak kenal dengan danau Ranu Kumbolo, salah satu danau dengan pemandangan tereksotis yang ada di Indonesia. Dan danau ini berada di gunung Semeru ini. Selain itu di sana juga terdapat padang bunga Oro-oro Ombo yang dikenal sangat menakjubkan.

Gunung Kerinci di Jambi

Image Source: analisadaily

Gunung yang berada di ketinggian 3.805 Mdpl ini termasuk salah satu gunung berapi Indonesia yang masih aktif hingga saat ini. Namun di balik itu semua, gunung Kerinci bisa dikatakan sebagai salah satu lokasi hiking terbaik yang ada di Indonesia.

Selain itu, gunung Kerinci juga dikenal sebagai habitat bagi salah satu binatang dilindungi yang saat ini hampir punah, yaitu badak Sumatra dan juga harimau Sumatra.

Menariknya lagi, saat memilih gunung Kerinci untuk menyalurkan hobi hiking kamu, kamu juga bisa menikmati sejuknya perkebunan teh yang berada di kaki Gunung Kerinci sekaligus juga bisa menikmati teh asli dengan rasa yang sangat khas.

Gunung Prau di Wonosobo Jawa Tengah

hiking di prau
Image Source: exploregunung[dot]net
Meskipun sebenarnya gunung Prau ini terletak di kompleks Dieng Plateau dan merupakan gunung berapi yang kasar, tapi gunung Prau ini tidak termasuk gunung berapi yang aktif.

Hanya memiliki ketinggian 2.565 Mdpl, membuat gunung Prau dijadikan sebagai salah satu trek favorit bagi para pendaki pemula. Menariknya lagi, puncak gunung Prau dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunrise di Indonesia. Jadi gak heran kalau kamu bakal menemukan banyak pendaki lain yang berkemah disana.

Meskipun memiliki pesona alam yang sangat luar biasa, tapi tetap kamu harus tetap berhati-hati ya! Sependek atau semudah apapun jalur trekking, tetap patuhi aturan dan bimbingan pimpinan hiking kamu. Selamat hiking!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *