Mengintip Lebih Dalam Lagi Sejuta Khasiat Kerak Telor Bagi Kesehatan

Kerak telur merupakan kuliner khas Jakarta (Betawi) yang selain rasanya lezat ternyata juga menyimpan sejuta manfaat terutama untuk kesehatan. Sedangkan bahan utama untuk membuat kerak terlur adalah ketan putih, telur (bisa menggunakan telur ayam atau telur bebek), ebi, kemudian diberi bumbu yang sudah dihaluskan.

Klik Link Temukan Cara Belajar Bahasa ▶ 🇬🇧 Inggrisdan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Menurut sejarahnya, kerak telor ini sebenarnya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dan uniknya kuliner khas Betawi yang satu ini tercipta dari ketidak sengajaan atau coba-coba yang dilakukan oleh beberapa orang Betawi yang tinggal di Menteng.

Pada saat itu, Jakarta atau yang dulu dikenal dengan nama Batavia masih terdapat banyak pohon kelapa. Dikarenakan banyaknya pohon kelapa yang tumbuh di sana, ada ide untuk memanfaatkan buah kelapa yang pastinya sangat melimpah pada waktu itu. Dan akhirnya terciptalah sebuah jajanan yang sampai saat ini dikenal dengan nama kerak telor ini.

Jenis dari Kerak Telur

kerak telur
http://mahligai-indonesia[dot]com
Untuk jenis dari kerak telur sendiri, umumnya ada dua jenis yang dikenal sampai saat ini. Pertama adalah kerak telor Ayam, dikaranakan menggunakan telor ayam. Dan yang kedua adalah kerak telur bebek, dikarenakan menggunakan terlur bebek pada saat proses pembuatannya.

Dan saat ini kerak telor selain didaulat menjadi salah satu kuliner khas ibukota Jakarta, juga sudah mulai ramai di jajakan di luar daerah Jakarta. Bahkan di luar negeri juga sudah mulai ramai menjajakan kerak telur ini. Misalnya saja seperti di Malaysia, Arab Saudi, dan Amerika Serikat. Sesekali Anda harus mencicipi sensasi makan kerak telur di luar negeri, jangan lupa untuk ikut les bahasa Inggris sebelum berangkat sebagai modal untuk berinteraksinya.

7 Manfaat Kerak Telur Untuk Kesehatan Tubuh

kerak telur
http://www.umiresep[dot]com
Ternyata mengkonsumsi kerak telur juga bisa memberikan manfaat terutama bagi kesehatan. Hal ini tidak lain dikaranakan di dalam kerak terlur ini terkandung beberapa zat yang sangat diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin A, B6, B12, D, dan E, protein, zat besi, karbohidrat, selenium, dan nutrium.

Anda tentunya paham betul jika jenis zat yang sudah disebuatkan di atas tadi kesemuanya memang sangat bermanfaat terutama untuk kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa manfaat kerak telur bagi kesehatan:

1. Bisa Mencegah Anemia

Alasan kenapa kerak telur ini sangat efektif untuk mencegah anemia adalah dikarenakan kandungan vitamin B6 yang terkandung di dalamnya. Kandungan vitamin B6 ini memiliki kemampuan untuk memproduksi sel-sel darah merah. Untuk itulah kenapa kerak telur ini merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan untuk para penderita anemia.

2. Bisa Membantu Mengontrol Nafsu Makan

Lagi-lagi kandungan vitamin B6 yang ada pada kerak telur ini bisa memberikan manfaat yang besar untuk Anda. Sebab kandungan vitamin B6 pada kerak telur ini bisa membantu mengatur nafsu makan dan bisa membantu untuk menjaga suasana hati juga.

Maka dari itu bagi Anda yang merasa nafsu makannya berkurang atau bahkan sedang tidak nafsu makan, pilihlah menu kerak telur ini supaya nafsu makan Anda akan bertambah atau bisa pulih kembali.

3. Dapat Menyehatkan Sistem Pencernaan

Serat sangat diperlukan oleh tubuh untuk memperlancarkan sistem pencernaan. Dikarenakan pada kerak telur ini mengandung serat yang cukup tinggi, maka secara otomatis kerak telur adalah salah satu menu makanan yang bisa membantu memperlancar sitem pencernaan yang ada di dalam tubuh Anda.

4. Sebagai Sumber Energi

kerak telur
blogspot.com

Kerak telur juga dikenal sebagai salah satu makanan sumber energi yang cukup baik. Hal ini tidak lain dikarenakan di dalam kerak terlur ini terkandung karbohidrat yang cukup tinggi. Dan tentunya Anda paham betul jika karbohidrat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi di dalam tubuh Anda.

5. Mengatur Aktifitas Hormon Tiroid

Agar supaya hormon tiroid yang ada di dalam tubuh Anda bisa bekerja secara optimal, ternyata bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi kerak terlur ini. Alasannya adalah dikarenakan pada kerak telur ini mengandung zat yang bernama selenium.

Ikuti Video Wisata Jakarta bersama Iona dan Ebba (Sweden) : EF.ID/wisatajakarta

Kandungan selenium pada kerak telur ini memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan kerja kelenjar tiroid dengan cara mengatur aktifitas dari hormon tiroid dan juga memiliki kemampuan untuk membantu pembuluh darah supaya bisa berfungsi dengan baik.

6. Menangkal Radikal Bebas

Sekali lagi kandungan selenium yang cukup tinggi pada kerak telur bisa memberikan pengaruh yang sangat besar terutama untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan selenium yang terkandung di dalam kerak telur juga memiliki kemampuan untuk menangka radikal bebas.

Selenium ini sangat diperlukan oleh tubuh agar supaya dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang umumnya diakibatkan oleh radikal bebas. Untuk itulah kenapa kerak terlur bisa dikatan sebagai menu makanan sehat untuk menangkal radikal bebas.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Untuk menjaga kesehatan tulang, selain kalsium, tubuh juga membutuhakan zat yang bernama protein. Protein ini memiliki manfaat untuk menjaga tulang dan juga jaringan tulang supaya tetap sehat.

Dan kabar baiknya adalah di dalam kerak telur ini juga mengandung protein yang cukup tinggi. Itulah kenapa dalam hal ini kerak telur dikatakana juga sebagai menu makanan untuk menjaga kesehatan tulang.

Banyak yang belum menyadari akan khasiat atau manfaat yang terkandung di dalam kuliner khas Betawi yang satu ini. Maka dari itu mulailah untuk memanfaatkan khasiat kerak telur. Apalagi selain rasanya lezat, secara harga kerak telur juga terbilang sangat murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *