Mengenal Kipang Yang Menjadi Kuliner Khas Bukittinggi

kipang khas pariaman

Daftar Isi Lebih Detail

Kipang merupakan sejenis camilan ringan khas Bukittinggi dengan keunikan rasa. Cita rasanya legit, dan bila digigit terasa lebih renyah. Tak heran jika camilan ini diminati oleh wisatawan yang berkunjung di Bukittinggi. Tak jarang wisatawan luar negeri pun suka loh sama Kipang ini, karenanya banyak tour guide lokal yang belajar bahasa inggris supaya bisa dengan mudah menjelaskan camilan ini kepada wisatawan asing yang datang.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

Oleh-oleh khas ini cocok banget untuk dibawa pulang dan dibagikan untuk teman, tetangga ataupun keluarga terdekat. Harganyapun sangat terjangkau dan dijamin gaakan membuat sakumu bolong. Cukup murah hingga kamu dijamin bisa membelinya dalam jumlah besar.

Nah sebelum membawanya pulang, ada baiknya kamu tahu dulu nih Apa Itu Kipang? Untuk memahaminya, mari simak ulasannya berikut.

Sekilas Mengenai Camilan Kipang

Kipang adalah jajanan ringan yang terbuat dari bahan dasar kacang tanah. Bahan utama ini diolah dengan gula merah, garam dan vanilla. Kemudian dicetak menjadi bentuk kotak persegi. Jajanan ini ternyata merupakan buah dari inovasi masyarakat setempat. Inovasi dibuat lantaran banyaknya bahan baku di sekitarnya. Jadi, penjualan kacang tanah bisa lebih optimal.

Jajanan khas ini pertama kali lahir di Balingka Kabupaten Agam. Namun camilan khas ini terkenal sebagai jajanan khas di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Dikatakan seperti itu karena kawasan itulah yang banyak menyediakan camilan kipang. Pasalnya, kawasan tersebut menjadi produsen kacang tanah dengan kualitas bagus. Sekaligus karena jajanan ini dibuat dan ditemukan lebih mudah di kawasan tersebut.

Kacang tanah ini kemudian diproses menjadi camilan yang legit. Tentunya rasa manis ini berasal dari gula merah yang dominan di dalamnya. Gula merah ini tak hanya sebagai pemberi rasa legit, namun juga dimanfaatkan sebagai perekat kacang tanah. Alhasil, kacang tanah berbalur gula merah menjadi mengeras, membuatnya mudah dibentuk seperti yang dijumpai di Bukittinggi.

Ciri Khas Kipang Sumatera Barat

Sejatinya, camilan ini juga banyak ditemukan di berbagai daerah. Bukan hanya di Sumatera Barat, namun sudah banyak dijumpai di pulau Jawa. Tentunya dengan nama yang berbeda.

Untuk karakteristiknya, camilan ini memiliki rasa yang manis. Rasa manis ini berasal dari gula merah yang melingkupinya. Malahan, gula merah ini juga menjadi bahan utama yang tidak tergantikan oleh bahan lainnya.

Nah tekstur dari Kipang ini memang keras, tapi tidak perlu khawatir, camilan ini renyah ketika digigit. Kamu pasti tidak akan kesulitan untuk mengkonsumsinya. Oleh karenanya, camilan ini banyak digemari oleh masyarakat setempat.

Biasanya, camilan ini dinikmati dengan secangkir kopi ataupun teh dan bisa di nikmati sepanjang waktu. Tapi, warga sekitar sering menikmati cmailan ini di pagi dan sore hari. Kenikmatannya akan semakin lengkap jika dinikmati di waktu luang kamu bersama sahabat atau keluarga sambil bercerita sesuatu yang menyenangkan.

Proses Pengolahan Kipang Bukittinggi

Pengolahan jajanan ini cukup mudah. Siapapun bisa mengolahnya. Yang diperlukan adalah ketekunan dan langkah demi langkah untuk menyempurnakan pembuatan camilan khas Sumatera Barat ini.

kipang camilan khas sumatera
Image Source: rkb[dot]id
Seperti apa proses pembuatannya? Proses pertama diawali dengan menyeleksi kacang tanah. Carilah kacang tanah yang baik agar rasanya lebih nikmat. Kacang tanah yang bagus kualitasnya terbentuk sempurna. Biasanya lebih bulat, dan tidak mengempis. Ibaratnya, kacang tanahnya lebih gemuk dan halus.

Merebus Kacang Tanah

Nah kacang tanah ini hanya perlu direbus hingga setengah matang. Kemudian angkat dan pisahkan antara biji dengan kulit tipisnya. Hasilnya, kacang tanahnya akan lebih putih. Setelah itu, sisihkan terlebih dahulu kacang yang sudah terkelupas ini.

Di beberapa tempat, kacang tanah ini tidak hanya dikelupas kulitnya. Pembuatnya juga akan menghancurkannya, tetapi tidak menjadi lembut. Cukup tekan keras, maka kacang akan terbelah menjadi dua.

Mendidihkan Gula Merah

Gula dididihkan agar mencair. Untuk mempercepatnya, gunakan api yang cukup besar. Jangan lupa tambahkan air agar panci tidak gosong.

Di saat yang sama, tambahkan garam dan vanili secukupnya. Aduklah secara merata agar cita rasanya sempurna. Tentunya sambil memperhatikan besarnya api.

Supaya cita rasanya enak, proses pendidihan gula merah ini bisa dilakukan di dalam panci besar. Panci ditempatkan di atas kayu bakar. Bukan dengan api gas. Tujuannya adalah supaya aromanya lebih alami.

Setelah meleleh, angkat dan masukkan ke dalam cetakan. Cetakan ini bisa berupa Loyang ataupun wadah yang tahan panas.

Masukkan Kacang Tanah dan Aduk

Pada saat itu, masukkan pula kacang tanah ke dalam gula merah yang masih meleleh. Aduklah sampai kacang tanahnya terlihat merata.

Dinginkan dan Potong Sesuai Selera

Baru setelah itu, dinginkan agar bisa mengeras. Setelah mengeras, baru deh kamu bisa memotongnya kecil-kecil. Biasanya, potongan adonan ini berbentuk persegi. Setelah di potong, camilan siap untuk dipacking.

Kalau di masa lampau, camilan ini dibungkus dengan daun ataupun Koran. Sementara saat ini, camilan lebih banyak dibungkus dengan plastik. Bahkan tak jarang dimasukkan dalam sebuah wadah dan siap untuk diperjualbelikan pada konsumen.

Nah itu dia cara mengolah kacang tanah menjadi camilan khas Sumatera Barat, Kipang. Kalau kamu berkunjung ke Bukittinggi, sempatkan untuk membeli oleh-oleh ini ya. Atau bagi kamu yang belum bisa berkunjung, tidak ada salahnya juga untuk membuat kipang sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *