Mengenal Jenis Robotic Yang Dipandang Dari Bentuknya

robotic system

Istilah robotic dikenal luas oleh masyarakat modern. Istilah ini merujuk pada sebuah alat mekanik yang digunakan untuk meringankan pekerjaan seseorang. Namun tahukah Anda apa saja jenis dari robot yang ada saat ini?

Jenis dari robot sangatlah banyak. Alat peringan pekerjaan manusia ini lahir dari buah pemikiran seseorang yang ditujukan untuk membantu dalam menjalankan pekerjaannya. Caranya adalah dengan membuat sebuah project khusus, kemudian membentuk dan menanamkan sebuah program yang berisikan dengan perintah khusus.

Pembuatannya bisa dilakukan oleh siapa saja. Yang dibutuhkan hanyalah informasi/pengetahaun tentang hal tersebut. Contohnya adalah bahasa pemograman.
Di sini, kami tidak mengulas tentang bahasa pemograman yang ditanamkan di dalam sebuah robot. Tapi, kami hanya akan mengulas tentang jenis-jenis robot yang dirilis saat ini berdasarkan bentuknya. Nah, mau tahu apa saja jenisnya?

Robot Mobile

robotic ecosystem

Robot jenis ini paling disenangi oleh orang yang baru belajar mengenai cara membuatnya. Jenis ini mampu berpindah tempat dari satu sisi ke sisi lainnya. Dan karakteristiknya adalah memiliki roda untuk menjalankan fungsi perpindahannya.
Perpindahan alat ini selalu menggunakan aktuator berupa roda. Aktuator inilah yang nantinya akan bekerja untuk menggerakkan keseluruhan tubuh robot itu sendiri.
Untuk membuatnya, seseorang wajib mengetahui tentang mikrokontroller dan senso-sensor elektronik. Dengan bermodalkan pengetahuan ini, Anda bisa membuatnya layaknya pengembang yang professional.

Meskipun terlihat sederhana, jangan anggap remeh robot tersebut. Karena ini adalah ilmu dasar yang bisa terus dikembangkan. Dan anak-anak SMA di nusantara mulai mencoba untuk mengembangkannya dengan menambahkan sejumlah fungsi yang bisa dijalankan oleh robot itu sendiri.

Menariknya, ada sebuah perlombaan yang berkaitan dengan jenis ini. Setidaknya, perlombaan ini dijadikan tolok ukur mengenai seberapa kemampuan anak-anak SMA dalam memahami kinerja dari robot yang dibuatnya.

Robot Manipulator

Dilihat dari namanya, Anda mungkin bisa menebak jenis apa robot ini. Ya, ini adalah sejenis robot yang dibuat dengan meniru sebuah benda hidup. Entah itu hewan ataupun manusia.

Dalam pembuatannya, robot ini tidak dibuat secara utuh. Artinya, hanya sebagian fungsi saja yang dibuatnya. Misalnya meniru sebuah tangan yang nantinya digunakan untuk mengambil sesuatu.

Intinya, robotic yang satu ini dibuat sebagai robot peniru sebagian fungsi tubuh makhluk hidup. Jadi, cara pembuatannya akan lebih sederhana dan tidak begitu banyak memakan waktu.

Robot Humanoid

Pengembangan robotic memang dalam taraf membanggakan. Orang yang serius menekuninya bisa merilis jenis robot yang dianggap lebih sempurna. Tentunya, ketelitian dan pemahaman secara menyeluruh wajib dilakukannya.

Ini berlaku pada orang yang ingin menciptakan sebuah robot humanoid. Robot ini cukup rumit dalam pembuatannya. Karena robot tersebut dibuat lengkap menyerupai manusia.
Anda akan menemukan bagian kepala, tangan, kaki dan seluruh anggota lain di robot. Di dalamnya akan ditanamkan sebuah program khusus yang dikehendaki oleh si pembuatnya. Contohnya adalah robot yang diprogram agar bisa menari dan lain sebagainya.

Robot Android

Sekilas robot ini sangatlah mirip dengan Humanoid. Keseluruhan ciri-ciri fisik dari manusia dimasukkan ke dalam robot. Tentunya tercetus dalam bentuknya yang sama persis.

Meskipun begitu, tetap saja robot android ini memiliki perbedaan yang mendasar. Tapi bisa dikatakan lebih sempurna dengan jenis yang sebelumnya.
Perbedaannya terletak pada penyematan kulit yang notabenenya terlihat sangat mirip dengan manusia. Bahkan, robot ini bisa menunjukkan ekspresi layaknya hidup sebagai manusia.

Di negara-negara maju, robot ini sudah dibuat. Bahkan beberapa negara menjadikannya sebagai robot pintar yang digunakan untuk menyambut kedatangan orang. Contohnya adalah ditempatkan di pertokoan.

Robot Animaloid

Imajinasi dari pembuat robot memang sangat luar biasa. Berbekal pengetahuan mengenai pemograman, kini pembuatnya bisa membuat sebuah tiruan makhluk hidup di dunia. Dan bukan hanya manusia, namun juga binatang.

Robot yang berupa jenis binatang inilah yang disebut dengan robot animaloid. Untuk bentuknya sangatlah mirip. Memiliki kepala, tubuh, kaki, mata, dan bentuknya sama.
Menariknya lagi, pembuatnya bisa menyematkan program yang nantinya bisa dijadikan perintah untuk dilakukan robot itu. Maksudnya, prilaku dari robot hewan ini sangat mirip. Mulai dari berlari, berjalan, melompat dan lain sebagainya.

Robot Beroda

Jenis robotic lainnya adalah robot beroda. Robot ini tentunya memanfaatkan roda sebagai alat penggeraknya. Ada yang dibuat dengan roda dua, empat dan seterusnya.
Roda-roda ini diharapkan bisa membantu pergerakan robot ke segala arah. Dan pembuatan robot jenis ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Tergantung seberapa besar keinginan si pembuatnya dalam menyelesaikan project yang direncanakan sebelumnya.

Robot Berkaki

Robot berkaki tentu saja memiliki ciri khas dengan banyaknya kaki pendukung keseluruhan bodi. Kaki-kaki ini tidak hanya berfungsi sebagai penahan tubuhnya, melainkan juga sebagai pendukung jalannya sebuah robot.
Dalam penerapannya, kaki-kaki ini dibuat sesuai keinginan si pembuat. Ada yang hanya dibuat dengan dua kaki, sampai empat, delapan dan seterusnya.

Robot Fly

Jenis robotic lainnya adalah robot fly. Jenis ini mengedepankan kemampuan alat untuk terbang di udara. Dan dalam penerapannya, ada yang menggunakan baling-baling dan sebuah sayap yang menyerupai burung.

Contoh nyata adalah drone. Drone ini bisa diterbangkan dan diarahkan ke suatu tempat melalui kendali yang dipegang oleh si penggunanya.

Selain robot di atas, masih ada jenis robot yang biasanya digunakan untuk penelitian. Dialah robot underwater. Robot ini memiliki kemampuan dalam menyelam seperti ikan.
Bentuknya ada yang dibuat mirip dengan ikan. Malahan, caranya berenang sama persis sehingga ikan di dalam air mengenalinya sebagai sahabat.

Demikianlah beberapa jenis robotic yang ada di era globalisasi. Jenis-jenis ini masih terus dikembangkan. Yakni ditujukan untuk membantu kegiatan seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *