Mengenal Es Tebak Dari Tanah Minang Yang Legitnya Berasa Di Lidah

Es Tebak Khas Sumatera Barat

Es Tebak adalah salah satu jenis minuman yang cocok banget jadi pelepas dahaga. Minuman ini berasal dari Sumatera Barat. Mungkin dalam bahasa inggris namanya Guess the Ice kali ya? Atau Guess Ice? Mungkin selain belajar bahasa daerah, bisa juga nih belajar bahasa inggris biar tahu kira-kira jawaban apa yang benar.

Klik Link Temukan Cara Belajar Bahasa ▶ 🇬🇧 Inggrisdan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Pecinta kuliner pasti akan menyukai minuman yang satu ini. Terutama kamu yang menyukai sensasi dingin dan manis. Namun tahukah kamu mengapa es tersebut dinamakan sebagai Es Tebak? Apa Itu Es Tebak? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Sekilas Mengenai Es Tebak

Es tebak merupakan jenis es campur. Biasanya disajikan dalam mangkuk kecil, atau gelas yang cukup besar. Minuman dingin ini pasti sangat pas dinikmati di siang hari. Rasa haus bisa langsung hilang dengan semangkuk minuman dingin ini.

Es Tebak terbuat dari potongan nangka, tape singkong, cincau, kolang kaling, kelapa muda dan tebak. Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah santan, serta sirup maupun susu. Agar lebih lengkap dan nikmat, ditambahkan es serutan di atasnya.

Nah, kenapa sih minuman ini dinamakan Es Tebak? Pasti kamu penasaran kan? Mengenai sejarah Es Tebak ini, faktanya belum ada loh referensi pasti mengenai asal usulnya. Hanya saja, es ini bisa dijelaskan sebagai minuman khas dari daerah tertentu. Yakni minuman khas dari tanah Minang.

Sedangkan untuk penamaan es campur minang ini, bisa dilihat dari isian pelengkap yang disebut dengan tebak. Es campur dibuat dengan bahan-bahan utama seperti biasanya, dan pelengkap utamanya adalah tebak yang merupakan sajian khas di tanah minang.

Nah, tebak ini adalah sejenis makanan olahan. Tebak ini dibuat dari tepung beras ketan, tepung sagu yang dimasak dengan air garam dan kapur sirih. Hasilnya menjadi lebih kental, bahkan cenderung keras. Setelah menjadi semacam adonan, adonan tersebut dibuat menjadi semacam cendol. Warnanya lebih putih, dan teksturnya agak keras.

Es Tebak Cendol dari Sumatera Barat

Tebak ini kemudian dimasukkan dalam es campur. Es campurnya terdiri dari beberapa bahan seperti cincau, sirup, susu, kolang kaling dan tentunya es serut. Jadi, es campurnya rame banget dan rasanya juga legit. Dengan kata lain, penamaan dari Es Tebak ini tak lain dikarenakan adanya Tebak (jenis makanan berbentuk cendol dari minang) di dalam es tersebut. Dan ini yang akhirnya membuat minuman ini lebih khas.

Cara Membuat Es Tebak

Cara membuat es campur minang ini sama seperti cara membuat es campur di berbagai daerah. Yang perlu diperhatikan adalah kamu wajib menyiapkan tebak itu sendiri. Nah, bagaimana cara membuatnya? Caranya cukup mudah loh. Kamu perlu mempersiapkan beberapa bahan utamanya, baru kemudian mengolahnya menjadi minuman dingin yang super seger. Cara membuat es ini bisa dilihat di bawah ini!

Bahan untuk membuat Tebak

Pertama kalinya, sediakan bahan-bahan utama untuk membuat Tebak. Bahan utamanya ternyata cukup mudah dijumpai, kamu pasti mudah mempersiapkannya.
Nah, bahan utamanya adalah tepung beras ketan (175 gram), tepung sagu (25 gram), ½ sendok teh garam, 2 sendok teh air kapur sirih, serta 750 ml air.

Bahan untuk membuat kolang kaling segar

Selain menyiapkan bahan untuk membuat Tebak, kamu juga perlu menyiapkan bahan lain untuk membuat es kolang-kaling segar. Bahan utamanya juga mudah didapatkan.
Diantaranya adalah mempersiapkan bahan kolang kaling (350 gram), ¼ sendok teh pewarna merah, gula pasir (80 gram) serta 75 ml air. Bahan ini untuk membuat kolang-kaling yang nantinya dimasukkan dalam es.

Bahan pelengkap es campur

Untuk melengkapi es campur ini, kamu juga perlu menyediakan bahan-bahan lain. Diantaranya adalah tape ketan hitam, cincau hitam yang dipotong kotak, susu kental manis, sirup merah dan es serut.

Bahan untuk membuat kuah Tebak

Bahan-bahan lain yang harus disediakan adalah bahan untuk membuat kuah es. Bahannya adalah santan (1000 ml), ½ sendok teh garam, dan daun pandan cukup 2 lembar saja.

Setelah mempersiapkan bahan-bahan di atas, yuk mulai proses membuatnya. Pertama, buatlah Tebak terlebih dahulu. Masukkan semua bahan pembuat Tebak dan masak sampai terlihat meletup-letup.
Setelah terlihat meletup-letup, angkat dan tekan dalam cetakan pembuat cendol. Simpan terlebih dahulu hasilnya di wadah yang berbeda.

Kedua, buat kuah santannya. Caranya dengan mendidihkan santan dengan daun pandan dan garam. Daun pandan ini dicampurkan untuk memberikan aroma harum. Sehingga dapat membuat kuah nampak lebih menggugah selera.

Ketiga, buat kolang kaling. Rebuslah air, kemudian masukkan pewarna dan gula pasir. Jika sudah larut, masukkan kolang-kaling supaya meresap. Tempatkan di wadah yang berbeda dan dinginkan terlebih dahulu.

Keempat, masukkan satu persatu olahan yang dibuat. Mulai dari Tebak, kolang kaling dan kuah santan. Jangan lupa menambahkan pelengkap es campur seperti tape ketan dan rekan-rekannya. Sajikan di atas beberapa mangkuk, dan nikmati minuman dingin ini bersama keluarga.

Nah, demikian ulasan mengenai minuman dingin bercita rasa legit, Es Tebak. Penasaran dengan rasanya? Coba buat es tebak ini di rumah dan nikmati pas di siang hari. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *