Mencicipi Nikmatnya Sarabba Sendiri Di Rumah

Sarabba merupakan salah satu kuliner khas di nusantara. Cita rasa yang ditawarkan cukup menggoda. Tak ayal salah satu jenis minuman ini paling banyak diburu oleh masyarakat Indonesia.

Minuman dengan cita rasa berbeda memang cukup menarik. Rasa yang enak menjadi pelengkap tersendiri. Ini menjadi nilai plus yang mana melatarbelakangi orang untuk menikmati minuman ini di hari-hari biasa.

BELI KURSUS, GRATIS KURSUS! Dan dapatkan hadiah merchandise menarik*. Buruan dapetin ▶ 💰 DISKONBelajar Inggris di EF English First. Belajar semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Aroma khas dari minuman ini juga mendominasi. Pasalnya, bahan baku untuk membuatnya adalah jahe. Jahe sendiri terkenal dengan aroma yang khas, kemudian rasanya juga lebih menggigit bila dinikmati di saat musim dingin atau saat Anda sedang kursus bahasa Inggris.

Menariknya, bahan baku tersebut diracik sedemikian rupa untuk menciptakan rasa yang lebih pas. Rasa yang didapatkan ini membuat minuman tersebut tidak hanya pas diminum di musim dingin. Tapi bisa juga diminum di musim apapun, terutama untuk meningkatkan stamina seseorang.

Keterkaitan Sarabba Dengan Peningkatan Stamina Seseorang

sarabba
cloudfront.net

Tidak diragukan jika minuman berjuluk sarabba ini punya kelebihan dalam meningkatkan stamina. Setidaknya itulah yang diklaim oleh para penikmatnya. Dan memang agak masuk akal bila minuman tersebut dikaitkan dengan hal tersebut.

Minuman tersebut dikaitkan dengan peningkatan stamina lantaran minuman tersebut dibekali dengan racikan bahan yang sesuai. Bahan yang dimaksud adalah telur ayam yang memang punya kelebihan dalam hal tersebut. Kemudian gula arennya juga punya andil bagus dalam hal tersebut.

Gula aren memang terkenal dengan kelebihan yang dimilikinya. Gula di dalamnya bisa memberikan cadangan energi. Tubuh bisa dengan mudahnya memecah gula, kemudian dijadikan sebagai tenaga untuk beraktifitas.

Secara tradisional, biasanya orang akan suka memanfaatkan gula aren ini layaknya seperti permen. Gula ini dibiarkan seperti makan permen, tujuannya adalah untuk memberikan tubuh asupan gula yang pas. Tentunya untuk membuat tubuh lebih bertenaga akibat dipecah menjadi energi.

Paduan pas antara kuning telur dengan gula aren/merah inilah yang menjadi alasannya. Tubuh yang lelah cepat terobati. Kemudian tubuh siap kembali dengan tenaga baru untuk menjalankan aktifitas harian.

Seperti Apa Rasa Sarraba?

sarabba
cloudfront.net

Bicara tentang rasa, sarabba ini memang cukup enak. Rasanya manis karena gula aren yang dibawanya. Kemudian kombinasinya adalah pedas lantaran dibuat dari bahan jahe dan penambahan merica di dalamnya.

Rasa ini tidak bisa dianggap aneh. Anda jangan salah paham dengan rasa minuman tersebut. Rasanya begitu nikmat, karena memang minuman ini dibuat dengan racikan yang tepat.

Nah, minuman ini merupakan minuman khas suku bugis. Minuman ini menjadi minuman penambah stamina, juga menjadi minuman penghangat tubuh. Kalau di jawa, Anda cukup memanfaatkan wedang jahe.

Mengenai khasiatnya menurut berbagai sumber, minuman sarabba ini bisa mengatasi masalah flu. Anda yang terkena flu bisa segera sembuh dengan minum sarraba tersebut. Karena efek dari aroma jahe dan merica di dalamnya memberikan efek pengobatan yang tepat.

Bagaimana Cara Membuat Sarraba?

sarabba
http://cdn2.tstatic.net

Anda sebenarnya tidak perlu membuatnya sendiri jika datang di Makassar. Minuman ini memang khas di kawasan tersebut. Banyak penjual yang menjajakan minuman tersebut di malam harinya.

Normalnya, minuman ini seperti wedang jahe. Anda bisa menikmatinya ketika masih hangat. Jika telah dingin, tentu rasanya akan berkurang dan efek penghangat tubuh akan menurun.

Tetapi bagi Anda yang penasaran dan tidak sempat datang di tempat asal sarraba, ada baiknya jika Anda membuatnya sendiri. Cara pembuatannya cukup sederhana. Anda bisa siapkan bahan-bahan yang mudah ditemukan di tempat Anda.

Untuk bahan-bahannya sendiri, Anda bisa sediakan jahe sebagai bahan baku utama. Selain itu, sediakan juga gula aren/jawa, santan kelapa dan telur ayam. Bahan-bahan ini Anda perkirakan sendiri takarannya.

Lanjut ke tahap pembuatan. Setelah bahan-bahan telah disediakan, saatnya Anda masuk tahap pembuatannya. Anda bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

Pertama, cucilah jahe dan memarkan atau hancurkan bahan baku tersebut. Anda juga bisa mengiris-iris jahe tersebut. Tapi yang pas untuk mengambil sarinya adalah dengan menghancurkan bahan baku secara kasar.

Kedua, masukkan jahe yang telah dihancurkan di dalam panci. Tentunya, Anda juga harus menambahkan air di dalamnya. Minimal, Anda bisa memasukkan air sebanyak 5 gelas atau bisa juga kurang. Kemudian rebus sampai mendidih.

Ketiga, masukkan juga gula aren atau gula merah. Takarannya bisa sebanyak 300 mg. Ini untuk membuat cita rasanya lebih manis. Silahkan tunggu sampai mendidih, dan gula bisa bercampur dengan rebusan tadi.

Keempat, masukkan telur ayam ketika telah mendidih. Telur ayam yang digunakan hanya kuning telurnya. Kalau tidak mendapatkan telur ayam, Anda bisa menggantinya dengan telur bebek.

Proses pembuatan ini masuk tahap akhir. Tunggulah sampai beberapa menit. Jika Anda memang suka rasa yang lebih pedas, Anda juga bisa menambahkan merica secukupnya saja. Tapi bila tidak, Anda bisa meninggalkan merica tersebut.

Akhirnya, Anda bisa mengangkatnya. Tuangkan dalam gelas. Sarabba kini siap dinikmati selagi masih hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.