Membuat Wedang Bajigur, Ini Cara Termudahnya

bajigur

Bagi orang Sunda, wedang bajigur merupakan minuman yang sangat khas. Mereka terbiasa menghabiskan malam sambil menikmati wedang ini. Bukan hanya sebagai penghangat tubuh tapi juga sebagai penghangat suasana.
Wedang bajigur semakin dikenal. Tidak hanya orang Sunda atau sekitar Jawa Barat saja. Banyak turis lokal maupun dari mancanegara yang datang ke Sunda dan ingin menikmati wedang khas Sunda ini.

Apa itu Belajar Online

Di sisi lain, sudah ada pula pabrik yang membuat wedang bajigur dalam bentuk sachet. Jadi, sudah ada produk serbuk. Tinggal ditungkan ke dalam gelas dan ditambah air panas. Jadilah wedang bajigur.

Setidaknya itu sudah menjadi bukti betapa banyak sekali orang yang suka dengan wedang khas Sunda ini. Bagaimana dengan Anda?

Ingin Buat Wedang Bajigur Sendiri?
Sebenarnya, Anda tidak perlu repot-repot membuat wedang bajigur. Anda bisa beli bajigur sachet. Tinggal tuang saja. Selesai.

Akan tetapi, banyak orang yang tidak suka. Apalagi mereka sudah pernah coba wedang bajigur yang asli dari Sunda. Jelas rasanya beda dengan yang berbentuk sachet.
Mungkin Anda juga merasakan hal yang sama. Beda antara wedang bajigur asli dengan yang sudah dibuat menjadi sachet. Jadi, apakah Anda mau coba buat sendiri?

Butuh kesabaran untuk membuat wedang bajigur ini. Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak bisa. Coba saja satu atau dua kali. Jika sudah terbiasa, tentu Anda tidak akan butuh waktu yang lama untuk membuat wedang bajigur sendiri.

Bahan-Bahan Yang Perlu Disiapkan
1. Santai kurang lebih 1 liter
2. Gula aren 150 gram
3. Jahe
4. Serai
5. Daun pandan
6. Kayu manis
7. Kopi bubuk instan

Proses Pembuatan
Pertama-tama, rebus dulu air. Setelah mendidih, masukkan bahan-bahannya seperti santan, gula aren, jahe, serai, pandan, dan juga kayu manis. Aduh hingga tercampur semua.

Jika sudah mendidih dan tercampur semua, masukkan bubuk kopi. Aduk lagi sampai rata. Selanjutnya, siapkan gelas. Tuangkan bajigur ke dalam gelas. Gunakan saringan agar ampas tidak ikut masuk ke dalam gelas.

Anda bisa coba sekarang juga. Sajikan untuk malam hari nanti. Namun, pastikan dulu di dapur sudah ada bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat wedang bajigur ya.

Cara Tepat Menikmati Wedang Bajigur
Sebenarnya, Anda bisa saja menikmati wedang bajigur ini kapan saja dan di mana saja. Akan tetapi, jika Anda ingin merasakan kenikmatan dari wedang khas Sunda ini, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

1. Waktu Penyajian
Sebaiknya wedang bajigur ini Anda nikmati di pagi atau di malam hari. Sama seperti kebanyakan masyarakat Sunda yang menjadikan wedang ini untuk mengawali dan mengakhiri hari.

2. Nikmati Selagi Panas
Wedang bajigur ini paling nikmati ketika disajikan saat masih panas. Jadi, jangan tunggu hingga dingin ya.

3. Siapkan Cemilan
Biasanya, wedang bajigur ini diisajikan dengan berbagai jenis cemilan khas Sunda. Contohnya saja klepon dan ubi bakar. Ada juga alternatif lain jika Anda tidak suka klepon atau ubi bakar, yaitu kacang rebus dan bandrek.

Jika Anda pernah ke Sunda, entah untuk urusan bisnis atau wisata, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan warung yang menawarkan wedang bajigur. Warung tersebut juga mungkin menyediakan hidangan pendamping seperti bandrek, kacang rebus, dan ubi bakar.

Wedang Bajigur Sangat Aman Bagi Yang Punya Risiko Diabetes
Anda berisiko terkena diabetes? Sekarang ini, diabetes menjadi penyakit yang begitu menakutkan. Dan banyak yang tidak sadar jika mereka berisiko mengalami penyakit tersebut.

Jika Anda juga punya risiko yang sama, Anda tidak perlu khawatir. Minuman ini tidak akan menyebabkan diabetes. Bahkan, ini bisa menjadi salah satu ikhtiar yang Anda lakukan untuk menurunkan risiko terkena diabetes. Hal ini disebabkan gula aren yang menjadi pemanis minuman ini. Menurut para ahli kesehatan, gula aren tidak menyebabkan diabetes. Sebaliknya, gula aren mampu menurunkan glukosa di dalam tubuh sehingga risiko terkena diabetes bisa dihindari.

Jadi, bagi Anda yang seolah tidak punya pilihan minuman hangat yang sehat, wedang bajigur ini bisa Anda jadikan minuman favorite mulai sekarang.

Manfaat Mengkonsumsi Wedang Bajigur
Minuman ini ternyata tidak hanya bisa menghangatkan badan ketika di musim hujan atau cuaca begitu dingin. Ada manfaat lainnya.

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Jika Anda merasa mudah sekali sakit, bisa saja itu disebabkan sistem kekebalan tubuh Anda kurang bagus. Untuk itu, tingkatkan dengan cara mengkonsumsi wedang bajigur. Kandungan antioksidan di dalam wedang ini cukup tinggi. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh Anda pun akan semakin meningkat.

2. Memberikan Tenaga
Kenapa orang Sunda suka minum wedang bajigur di pagi hari? Karena ternyata setelah minum wedang ini, mereka merasa bersemangat. Ini bukan hanya sugesti tapi fakta. Karena di dalam wedang bajigur ini, terdapat kandungan kalori. Inilah yang membuat tubuh merasa lebih bersemangat.

3. Menurunkan Kadar Glukosa
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, orang yang berisiko terkena diabetes bisa menjadikan wedang bajigur ini sebagai obat. Hal ini disebabkan minuman ini bisa menurunkan glukosa. Ini menjadi cara yang paling tepat untuk bisa benar-benar terhindar dari penyakit degeneratif yang selama ini sering menjadi penyebab kematian.

Setelah Anda tahu manfaatnya yang begitu banyak, mungkin Anda semakin tertarik untuk mencoba wedang bajigur. Buat sendiri dan jadikan wedang ini sebagai minuman kesehatan Anda setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *