Melihat Manfaat Olahraga Panahan/Archery

Posted on
panahan

Apakah Anda termasuk pecinta film Lord of The Rings atau Hunger Games? Jika jawabannya ‘Iya’, pasti Anda sudah tahu jenis olahraga panahan/archery. Meskipun terlihat statis, tapi sebenarnya olahraga yang satu ini membutuhkan kekuatan konsentrasi tingkat tinggi dan cukup menantang.

Diskon (((Lagi))) s/d 2,4 Juta di EF Kursus Bahasa Inggris, lebih detail klik link ini PROMO Extra FunBelajar Bicara Inggris di EF English First makin menyenangkan!

Dan ternyata lebih dari itu, manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga panahan juga beragam. Terlebih lagi dari sisi kesehatan dan di kehidupan sehari-hari. Penasaran apa saja menfaatnya? Yuk, simak penjelasannya!

Panahan Dari Sudut Pandang Islam

Memanah adalah salah satu olahraga yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad ﷺ. Bahkan olahraga panahan ini memiliki kaitan yang sangat erat dengan peradaban Islam.
Pada masa Rasulullah ﷺ dan Khulafaur Rasyidin, memanah menjadi sarana yang cukup vital pada saat berperang. Keahlian memanah memberi sumbangsih yang sangat besar kepada kaum Muslimin dalam memastikan kemenangan di berbagai medan perang.
Dikisahkan juga dalam sejarah Islam, kepiawaian memanah ini diyakini juga menjadi kunci kemenangan dari pasukan Sultan Muhammad Alfatih ketika berjuang merebut Konstatinopel pada abad ke-14.

Pada operasi penaklukan tersebut, pasukan Sultan Muhammad terlebih dulu berenang mengarungi Selat Bosphorus, setelah itu berkuda sembari melapaskan ribuan anak panah untuk mengobrak-abrik pasukan musuh.
Pada akhirnya kemenangan pun bisa diperoleh. Selain erat dengan peradaban Islam, olahraga panahan ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, baik fisik maupun mental.

Manfaat Olahraga Panahan

anak panah

Memiliki kesan yang ekslusif memang masih cukup melekat pada olahraga yang mengandalkan konsentrasi tinggat tinggi ini. Meskipun demikian, olahraga ini memperoleh respon yang cukup baik dari masyarakat.

Selain itu, olahraga panahan pun dimanfaatkan sebagai media terapi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa untuk melatih fokus. Sebab dalam panahan selalu ada target yang harus dibidik. Hal inilah yang kemudian dijadikan cara untuk melatih seseorang dalam membangun fokus serta konsentrasi.

Pada zaman pra-sejarah, sebenarnya manusia sudah mulai menggunakan panah sebagai alat untuk berburu. Meskipun demikian, hingga kini belum ada yang tahu pasti sejak kapan panah mulai digunakan.

Tidak hanya sebagai alat untuk berburu, dulu alat panah juga sering digunakan sebagai senjata perang. Bahkan kini masih ada banyak suku-suku primitif yang menggunakan busur dan panah, seperti suku Irian di Papua, suku Negro di Afrika, suku Veda di pedalaman Sri Langka, dan lain sebagainya.

Terlepas dari semua itu, ternyata olahraga panahan memiliki manfaat yang cukup besar bagi kehidupan sehari-hari. Jika memang demikian, lalu apa saja manfaatnya?
Melatih Kesabaran dan Konsentrasi

Karena dituntut membidik target dari jauh dengan tingkat keakuratan tingkat tinggi, maka fokus dan konsentrasi memiliki peran yang sangat penting dalam olahraga panahan. Bisa dikatakan gerakan harus sesuai dengan pikiran. Maka dari itu, olahraga memanah secara tidak langsung akan melatih daya fokus antara pikiran emosi dan gerakan psycomotoric.

Selain itu, terus berlatih konsentrasi saat memanah juga bisa melatih Anda untuk lebih berkonsentrasi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kemampuan fokus yang baik, Anda dapat meredam kekhawatiran serta membantu Anda untuk lebih fokus pada tugas. Jadi belajar tetap fokus lewat olahraga panahan seperti ini akan mengatasi gangguan dan penundaan pekerjaan.

Melatih Koordinasi dan Kecepatan

Memiliki koordinasi tangan dan mata merupakan ketrampilan yang sangat penting saat memanah. Dengan melakukan gerakan yang berbeda, seperti halnya pada saat membidik serta melepaskan anak panah sesuai dengan pengamatan mata, tangan akan terlatih untuk siap bekerja sama dalam waktu yang cepat.

Dalam situasi seperti itu, Corebellum yang ada di belakang otak akan mengirim signal pada otot untuk menjaga kondisi tubuh tetap seimbang. Selain akan menghasilkan bidikan yang baik, peningkatan koordinasi serta kecepatan juga dapat membantu Anda dalam kegiatan lainnya.

Kekuatan Tubuh

Seperti halnya dengan olahraga lainnya, memanah juga butuh yang namanya pemanasan. Meskipun olahraga memanah sering dinilai statis serta tidak butuh banyak gerakan, ternyata olahraga ini justru butuh pemananasan khusus supaya tubuh bisa lebih lentur serta kuat saat memanah.

Pada waktu menarik busur panah, Anda harus bisa menempatkan tekanan pada kedua otot tangan, otot dada, bahu, dan punggung. Seperti halnya mengangkat beban, tekanan ini biasanya ditahan selama beberapa detik sebelum busur panah dilepaskan.
Dengan pengulangan seperti itu, tekanan menarik dan melepas busur panah secara otomatis akan menguatkan otot tubuh, terutama otot yang ada di bagian atas. Pastinya hasil kekuatan tergantung pada jumlah waktu yang Anda habiskan untuk berlatih dan bersaing.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Seperti halnya dalam karakter yang ada di film-film fiksi perang, dimana sang jagoan akan tampak gagah dan percaya diri saat sedang memanah, melakukan olahraga panahan juga dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Dan, secara tidak langsung seseorang yang memiliki kemampuan memanah memang memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini disebabkan oleh rasa percaya diri pada diri mereka dalam mencapai target. Kemudian, tingkat kepercayaan diri yang diperoleh dari olahraga panahan ini juga akan berpengaruh pada kegiatan sehari-hari.

Selain rasa percaya diri, dengan sering melakukan olahraga panahan juga bisa menambah keberanian. Mencoba untuk memanah sasaran dengan tepat bagi sebagian orang dapat menjadi hal yang menegangkan.

Rasa ragu lantas akan muncul pada akhirnya bisa menggagalkan usaha dalam memanah tepat sasaran. Oleh sebab itu, jika Anda ingin bisa olahraga panahan dituntut untuk memiliki keberanian yang sangat besar. Dan, Jangan pernah merasa takut gagal membidik target.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *