Manfaat Berkebun, Bisa Bikin Panjang Umur!

Bingung mencari kegiatan untuk mengisi waktu luang? Berkebun bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang ingin mencari kesenangan yang tidak biasa. Berkebun merupakan salah satu kegiatan yang bisa membuat hari-harimu semakin produktif. Bahkan berkebun disebut-sebut dapat membuat kita panjang umur!! Mitos atau fakta ya?

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

kamu juga bisa membuat hatimu produktif dengan terus aktif untuk belajar grammar online agar percakapn bahasa inggrismu semakin jago dengan menggunakan kosa kata berkebun dalam bahasa Inggris.

Walaupun sekarang ini sudah banyak yang kurang minat dengan kegiatan yang satu ini karena dianggap sudah ketinggalan jaman. Jika kamu perhatikan, memang sih yang biasanya melakukan kegiatan berkebun adalah para kakek dan nenek yang sudah lanjut usia. Tapi jangan salah paham, lho! Kamu juga bisa kok mulai dari sekarang untuk melakukan berkebun yang menyenangkan.

Sudah banyak buku dan artikel yang membahas mengenai kegiatan berkebun yang satu ini. Bahkan seiringan dengan teknologi pertanian yang semakin berkembang, kegiatan berkebun seharusnya sudah tidak lagi dianggap katro. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa berkebun memiliki manfaat baik untuk kehidupan maupun untuk tubuh kita sendiri.

Penasaran kan mengenai manfaat apa yang bisa kita rasakan dengan berkebun? Yuk kita simak bersama!

source: hellosehat[dot]com

1. Melatih kesabaran

Berkebun berarti kita menanam dan merawat sesuatu dalam hal ini tumbuhan atau tanaman apapun dari awal lalu merawatnya hingga tubuh. Banyak psikolog yang mengatakan bahwa yang membuat berkebun berbeda dan unik dengan kegiatan sederhana lainnya adalah kegiatan ini secara tidak langsung membuat manusia berhubungan dengan bumi. Suatu kegiatan yang berhubungan dengan alam akan berdampak baik bagi tubuh dan hidup kita. Berkebun membuat kita bersentuhan dengan tanah, menanam sesuatu, sabar menunggu hasil, dan memelihara bibit akan memberikan kita pelajaran mengenai kehidupan. Hal ini lah yang membuat orang yang melakukan kegiatan berkebun menjadi seseorang yang sabar, penyanyang, bertanggung jawab, dan bisa merawat sesuatu dengan baik.

2. Sarana Olahraga Dan Penyegaran Pikiran

Kegiatan berkebun pasti dilakukan di luar rumah dan mengharuskan kita untuk terus bergerak. Pada dasarnya berkebun memang mendorong kita untuk berolahraga dan menghabiskan waktu diluar menjadi lebih lama. Biasanya kita menyiapkan tanaman, memupuk, menyiram, sampai membersihkan kebun yang kita punya. Itu semua membuat kita untuk bergerak dan berkonsentrasi. Mungkin terdengar melelahkan tapi percayalah, hal yang seperti itu akan baik untuk tubuh kita.

Jika pada awalnya kamu berkebun untuk menghilangkan rasa jenuh, maka kegiatan ini akan membuat kita aktif bergerak sambil menghirup udara yang sehat dan mengenal lingkungan sekitar. Seperti yang sudah kita tahu, udara segar mengandung oksigen yang baik untuk tubuh kita. Oksigen yang baik itu akan masuk ke otak dan menenangkan pikiran kita. Dengan begitu, selain tubuh menjadi sehat, pikiranmu pun akan menjadi lebih tenang dan fresh. Cocok untuk menghilangkan stress.

3. Mempercepat proses penyembuhan

Tahukah kamu, telah ada survey yang menunjukan bahwa pasien di rumah sakit menjadi lebih cepat sembuh jika berada di lingkungan hijau atau berada di ruangan yang memiliki tanaman di dalamnya. Tekanan darah dan detak jantung pun diperiksa dan dikatakan menjadi lebih stabil. Tentu saja hal ini berhubungan untuk kamu yang ingin mencoba untuk mulai berkebun. Berkebun akan membuat lingkungan menjadi lebih hijau sehingga membantu proses penyembuhan jika sedang sakit. Kegiatan berkebun juga mampu membantu penderita diabetes, lho! Banyaknya kalori yang terbakar akan berpengaruh langsung terhadap kadar gula dalam tubuh.

source: hellosehat[dot]com

4. Mempertajam Ingatan

Sudah sangat jelas kan kalau berkebun bisa membuat tubuhmu menjadi bugar. Tapi apakah kamu tahu jika dengan berkebun juga dapat mempertajam ingatan. Kok bisa? Nyatanya berkebun bisa menjadi sarana untuk melatih otak. Ada sebuah jurnal yang mengatakan bahwa berkebun baik untuk melatih ingatan dan daya kerja otak. Journal of Alzheimer’s Disease mengatakan bahwa melakukan kegiatan menanam dan merawat tumbuhan di kebun merupakan cara yang ampuh untuk menjaga kesehatan kognitif, meningkatkan volume otak, dan mengurangi risiko penyakit alzheimer hingga 50 persen. Wow! Hal ini karena selain aktivitas fisik, berkebun juga membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

5. Membuat Panjang Umur

Sudah dijelaskan bahwa berkebun bisa membuat kesehatan menjadi lebih stabil dan pikiran lebih tenang. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi kualitas hidup kita. Lagi-lagi penelitian menunjukan bahwa orang yang senang berkebun rata-rata memiliki jangka hidup lebih lama dibandingkan mereka yang tidak menyukai. Hmmmmm….

Sekarang kita sudah mengetahui dampak positif yang akan kita dapatkan jika memulai kegiatan berkebun. Ternyata isu yang menyebutkan bahwa berkebun bisa membuat kita panjang umur bukan mitos belaka. Sudah banyak studi yang mengungkapkan manfaat dari kegiatan berkebun.

Di jaman sekarang ini, untuk mulai berkebun, kamu tidak lagi memerlukan lahan yang luas. Halaman kecil depan rumahmu juga bisa kamu manfaatkan sebagai lahan berkebun. Jika kamu tidak memiliki halaman, jangan khawatir. Kalian pasti sudah mengenal metode menanam dengan cara hidroponik, kan? Yap! Metode ini memanfaatkan media air sehingga kamu bisa menanam sesuatu di pot yang bisa diletakan di mana saja.

Berkebun bukan berarti kamu harus menanam tanaman sayur mayur atau buah-buahan langsung. Karena inti dari kegiatan ini adalah menanam tanaman, kamu bisa mulai dengan menanam tanaman-tanaman hias yang mudah untuk ditemukan bibitnya. Atau kamu juga bisa berkebun bunga seperti mawar dan melati. Untuk pemula, disarankan untuk tidak langsung mencoba menanam tanaman yang membutuhkan perawatan yang sulit seperti misalnya anggrek, atau sayuran lain. Oh iya, kamu juga harus mengetahui karakteristik tanah yang akan ditanami yaaaa. Jangan sampai kamu salah menanam tanaman yang tidak sesuai dengan struktur tanah atau cuaca sehingga hasil dari apa yang kamu tanam menjadi tidak maksimal. Ingat juga untuk selalu memberikan pupuk. Baik pupuk kandang maupun bubuk organik.

Rekomendasi Tanaman Untuk Mulai Berkebun

souce: sahabatyatim[dot]com
Akhir-akhir ini ada beberapa jenis sayuran yang semakin mahal. Berkebun sayuran bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin tetap berhemat sekaligus sehat!

Sekali lagi, jangan khawatir dengan lahan yang sempit. Beberapa tanaman sayuran yang direkomendasikan adalah
sayuran yang sangat cocok untuk kamu tanam di halaman rumah bahkan dalam pot sekalipun.

1. Cabai

Cabai merupakan sayuran yang paling sering kita tanam di rumah. Selain karena kebutuhan sehari-hari, cabai juga dapat dikatakan sebagai tanaman yang mudah tumbuh dan tidak memerlukan perawatan khusus. Kamu bisa menanam cabai di dalam pot berukuran sedang. Selain itu, cabai juga termasuk sayuran yang cepat di panen. Siap-siap bikin sambel di rumah ya!

2. Tomat

Sama halnya dengan cabai, tomat juga bisa kamu tanam di dalam pot berukuran sedang hingga sedang. Tergantung tomat jenis apa yang kamu tanam. Catatannya, tomat merupakan tanaman yang sangat membutuhkan air. Jadi kamu harus jaga kelembaban tomat jangan sampai kekeringan dan malah mati.

3. Seledri

Seledri juga bisa kamu tanam dalam pot. Seledri yang kamu tanam bisa kamu ambil untuk menambah cita rasa pada makanan. Tanaman yang mungil ini juga tidak akan menganggu tanaman yang lainnya karena akarnya yang kecil. Jangan lupa untuk terus menyiram dan beri pupuk agar seledri dapat tumbuh maksimal dan sehat untuk kita konsumsi.

4. Bayam

Siapa bilang kamu tidak bisa menanam sayur semacam bayam? Sayuran kesukaan popaye ini bisa kamu tanam di dalam pot. Dengan bibit yang bisa kamu temui disetiap toko tani, bayam bisa kamu panen setelah 14 hari. Cepat sekali kan? Karena masa tumbuh yang cepat, bayam tidak akan memakan tempat pada masa pertumbuhannya.

Ternyata berkebun merupakan kegiatan yang bisa mengisi waktu luangmu menjadi lebih produktif dan juga memiliki dampak baik untuk tubuhmu tertutama kesehatan. Ditambah lagi caranya yang mudah yang bisa kamu mulai dengan tanaman apapun yang ada disekitarmu. Tidak perlu biaya yang mahal untuk menekuni suatu hobi. Maka berkebun bisa menjadi pilihan untuk menjalankan hobimu ya, guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *