Lumpia Basah Juaranya Khas Tanah Pasundan

Lumpia basah? Emang enak?” Mungkin hal itu muncul dipikiran kamu yang belum tahu ketika membayangkan bagaimana wujud makanan lezat dari Bandung ini. Selama ini sudah terkenal lumpia yang dibuat dengan cara digoreng sehingga meyajikan lumpia yang renyah. Sebenarnya seperti apasih lumpia basah yang sudah menjadi primadona street food Kota Bandung? Yuk kita cari tahu sama-sama!

Klik Link Temukan Cara Belajar Bahasa ▶ 🇬🇧 Inggrisdan Fun Learning English Terbaik di Indonesia hanya di EF!

Bandung memang terkenal dengan makanan-makanan unik hasil kreasi pemuda-pemudanya yang tidak pernah kehabisan ide untuk membuat inovasi dibidang apapun termasuk bidang kuliner. Eits jangan salah, lumpia basah ini termasuk kedalam makanan tradisional kota bandung loh walaupun sampai sekarang asal-usul munculnya makanan ini masih menjadi misteri yang sulit untuk dipecahkan. Seperti halnya belajar grammar Inggris terlihat sulit namun bisa dikuasai jika kita belajar dengan tekun.

Perbedaan lumpia basah terletak pada cara penyajiannya. Jika lumpia biasa disajikan dengan cara menggoreng lumpia yang sudah digulung berisi macam-macam isian, sedangkan lumpia basah menumis isiannya terlebih dahulu dan dituangkan ke lembaran kulit lumpia yang sudah dioles gula merah kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Karena bahan-bahan yang ditumis ini menggunakan minyak yang meresap di kulit lumpia mentah menyebabkan kulit lumpia menjadi lepek sehingga makanan ini dinamakan lumpia basah. Menarik bukan?

Ikuti Video Wisata Jakarta bersama Iona dan Ebba (Sweden) : EF.ID/wisatajakarta

Makanan ini berisikan tauge, rebung atau bengkoang, telor, gula merah yang sudah dicairkan sehingga bertektur kental, biasanya ditambahkan ayam, jamur, dan daging. Dimasak dengan cara menumis bumbu yaitu bawang putih, cabai, yang sudah diblender halus sampai harum kemudian masukan telur dan aduk. Lalu masukan tauge yang disusul rebung atau bengkoang dan tunggu hingga matang. Tumisan tersebut ditaruh diatas kulit lumpia mentah yang sudah dibaluri dengan gula merah kental dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Biasanya cara makannya dengan menggunakan sumpit bambu agar lebih terasa nikmat.

source: jabar[dot]tribunnews[dot]com
Jika kamu berkunjung kesana, jangan berharap menemukan makanan ini di restoran atau tempat makan kekinian lainnya. Sebaliknya, kamu bisa dengan mudah menikmatinnya dengan membelinya di mamang-mamang gerobakan disetiap jalan atau tiap taman di Bandung. Seporsinya biasanya dihargai 7-10 ribu rupiah saja tergantung tambahan bahan yang diberikan. Kamu juga boleh request alis minta ke mamangnya untuk menambahkan bahan yang kamu suka. Misalkan kamu suka tauge, kamu bisa untuk dilebihkan tauge. Biasanya pembeli minta untuk ditambahkan cabai dan gula merah agar rasa pedas dan manisnya seimbang. Memang rasa manis yang diberikan gula merah menghasilkan citra rasa untuk yang tidak bisa dirasakan di makanan lain.Yummy…..

Penikmat lumpia basah datang dari berbagai macam kalangan. Anak-anak, remaja, tua, muda, bapak-bapak, ibu-ibu, akang-akang, teteh-teteh, semuanya suka lumpia basah. Ini yang membuat lumpia basah mudah ditemui di Bandung. Rasanya memang membuat semua orang ketagihan. Ketenaran lumpia basah membuat wisatawan luar kota penasaran seperti apa wujud lumpia yang tidak biasa ini dan banyak dari mereka yang menyukainya. Beberapa orang sampai rela untuk ke Bandung sekedar menikmati lumpia basah yang asli dari Bandung.

Satu tahun terakhir ini, sepertinya lumpia basah semakin eksis bagi para penikmat kuliner. Terutama para pemburu street food yang mencari harga murah dengan mendapatkan makanan enak. Sekarang lumpia basah tidak hanya ada di Bandung, tetapi juga mulai ada di kota lainnya seperti Bogor, Sukabumi, bahkan Jakarta walaupun terkadang masih sulit untuk menemukan lumpia basah yang seenak di Bandung.

Untuk kamu yang ingin atau sedang berada di Bandung, kamu wajib mencicipi kuliner street food ini yang berada dikawasan Metro Buah Batu, Jalan Cihampelas, sekitar Alun-alun Bandung, dan kampus UNPAD Dipati Ukur. Tidak melulu tentang kopi, menikmati keindahan, keramahan warga Bandung sekaligus makan lumpia basah pedas manis hangat-hangat merupakan momen yang sangat santai dan syahdu.

source : bacaterus[dot]com
Jangan khawatir jika kamu tidak bisa menemukan mammang-mamang lumpia basah didaerahmu. Disini kita akan membagikan resep mudah membuat lumpia basah khas Bandung.

 

 

 

Bahan yang butuhkan untuk membuat Lumpia :

1. ¼ Tauge
2. ¼ Rebung atau Bengkoang
3. Gula merah
4. 2 butir telur
5. Kulit lumpia secukupnya
6. Minyak goreng
7. Bawang putih
8. Cabai
9. Daging ayam/sapi cincang
10. Jamur
11. Garam
12. Penyedap rasa

Persiapan Pembuatan Lumpia :

Proses Pembersihan

1. Bersihkan ujung tauge dan cuci bersih
2. Potong-potong kecil rebung atau bengkoang dan sangrai(goreng tanpa minyak) sampai warnanya berubah cokelat

Proses Pemanasan

3. Panaskan gula merah hingga mencair dan kental

Proses Penghalusan

4. Haluskan bawang putih dan cabai dengan cara diblender
5. Potong-potong jamur dengan ukuran sesuai selera

Cara membuat Lumpia :

1. Panaskan minyak goreng dengan api sedang
2. Masukan bawang putih dan cabai yang sudah dihaluskan. Tambahkan garam dan penyedap bumbu. Tunggu hingga harum
3. Setelah harum, masukan telur dan campur dengan cara dioseng-oseng
4. Masukan tauge dan tutup selama satu menit
5. Setelah itu tambahkan rebung atau bengkoang, daging cincang, dan jamur. Oseng-oseng hingga semuanya menyatu. Tutup selama 1 menit
6. Sambil menunggu, siapkan kulit lumpia dan oleskan dengan gula merah yang sudah kental tadi sesuai selera
7. Setelah semuanya matang, tuangkan diatas kulit lumpia. Lipat kulit lumpia.
8. (opsional) kamu bisa menyajikannya dengan bungkus daun pisang jika tersedia
9. Tada!! Lumpia basah khas bandung ala kamu siap dinikmati

Dilihat dari bahan dan bumbu yang digunakan memang sederhana ya tapi ternyata dari kesederhaan dapat menghasilkan kenikmatan yang bikin ketagihan. Kamu bisa coba resep ini dengan ibu atau orang-orang terdekatmu dan kenalkan mereka dengan makanan satu ini.

Setelah membaca ini kamu pasti ngiler dan mulai membayangkan kerenyahan dari tauge yang terdapat di dalam lumpia basah. Jika kamu belum pernah mencoba lumpia basah sebelumnya, sebaiknya silahkan coba langsung di Kota Bandung karena rasa terbaik ada di sana dan biasanya rasanya memang berbeda dengan yang ada di daerahmu diluar Bandung. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *