Lezatnya Banding Bakar Marunda Sangat Tersohor, Begini Cara Membuatnya!

Posted on

Tahukah Anda tentang Bandeng Bakar Marunda ini? Ini adalah sejenis kuliner khas, dibuat dari bahan dasar ikan yang dibumbui kemudian dibakar. Rasanya? Rasanya sangat enak. Lalu, bagaimana cara Anda membuatnya?

Kuliner khas memang memberikan kekhasan sendiri. Tentu kekhasannya bisa berupa cara penyajian, bahan yang digunakan, sampai rasa yang dihasilkan. Kekhasan seperti ini memang dimiliki oleh masing-masing daerah.

Untuk kawasan Marunda sendiri, kekhasannya adalah kemunculan kuliner bernama banding bakar ini. Tentu bahan dasar ikan tersebut disajikan dengan cara yang berbeda, yakni setelah bahannya dibakar kemudian diberikan pelengkap yang membuat selera makan tergugah.

Sebelum mencari tahu bagaimana cara membuatnya, mari kenalan terlebih dahulu dengan kuliner yang dimaksud. Tak kenal maka tak sayang, sama seperti bahasa Inggris, kenali dulu bahasanya dengan kursus bahasa Inggris lalu baru gunakan dengan baik. Nah, mau tahu banding bakar itu apa? Mari kenali secara langsung di bawah ini!

Sekilas Mengenai Banding Bakar Marunda

bandeng bakar
blogspot.com

Banding Bakar Marunda merupakan jenis makanan khas. Biasanya dijadikan sebagai lauk pauk berdampingan dengan nasi. Rasanya yang enak membuat selera makan Anda semakin naik.

Banding sendiri merupakan jenis ikan. Banding yang dimaksud adalah ikan bandeng yang lazim Anda kenal saat ini. Tekstur ikan ini tentu sudah banyak yang mengenal. Bahkan rasanya juga sudah banyak yang tahu.

Normalnya, bandeng biasanya disajikan sebagai olahan digoreng. Ada juga yang dibuat menjadi pepes. Atau bisa juga diolah menjadi nama makanan lain yang enak.

Ikuti Video Wisata Jakarta bersama Iona dan Ebba (Sweden) : EF.ID/wisatajakarta

Sama seperti banding bakar, ikan yang digunakan adalah ikan bandeng. Proses memasaknya juga sangat sederhana. Dimulai dari membersihkan ikan bandeng, kemudian melumurinya dengan bumbu-bumbu.

Setelah dilumuri dengan bumbu khusus, ikan bandeng tersebut siap untuk dibakar. Proses pembakaran ini tidak perlu lama, karena ikan seperti ini mudah untuk terbakar. Jadi, pastikan agar tidak gosong saja.

Setelah selesai pembakaran, tinggal Anda menyajikannya di atas piring. Sebagai pelengkapnya, Anda bisa melengkapi bandeng bakar ini dengan sambal dan lalapan. Pastinya, rasanya akan semakin meriah.

Kenapa Disebut Dengan Banding Bakar Marunda?

bandeng bakar
detik.com

Sebenarnya penamaan sesuatu berangkat dari kebiasaan tertentu. Dan mengenai sejarah tentang penamaan Banding Bakar Marunda ini memang belum ada yang menceritakannya. Tapi jika dilihat dari kebiasaanya, Anda bisa memahaminya.

Banding merupakan sejenis ikan yang Anda kenali sebagai ikan bandeng. Sementara bakar adalah proses memasak ikan dengan cara dibakar dalam api yang sedang, mirip seperti sate atau ikan bakar.

Kemudian kata terakhir yaitu Marunda adalah sebuah tempat. Marunda adalah salah satu lokasi di kawasan Jakarta. Ini menjadi tempat dimana banyak ikan bandeng disajikan dengan dibakar sebagaimana penamaan kuliner tersebut.

Dengan kata lain, Banding Bakar Marunda ini adalah sejenis ikan bakar yang bahan bakunya dari ikan bandeng. Lokasi dimana ikan ini banyak diolah seperti itu ada di Marunda. Jadi, jika Anda berada di Marunda, maka Anda akan lebih gampang menemukan jenis kuliner khas tersebut.

Bagaimana Cara Membuat Banding Bakar Marunda?

bandeng bakar
blogspot.com

Dilihat dari bahan dasarnya, nampaknya sangat mudah. Toh, ikan bandeng sudah sangat mudah dijumpai. Bahkan lapisan masyarakat sudah sangat mengenali rasanya, bahkan pernah mencicipinya.

Ikan ini biasanya dimasak sesuai selera. Ada yang digoreng, ada juga yang membuat pepes bandeng. Dan sekarang, bandeng kemudian dijadikan olahan enak dengan mengikuti prosedur layaknya ikan bakar.

Buat Anda yang ingin mencoba suasana baru untuk menikmati ikan bandeng, bandeng bakar ini bisa menjadi alternatifnya. Cara membuatnya sangatlah mudah. Anda bisa menengoknya di bawah ini.

– Bahan-bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat bandeng bakar khas marunda in, sediakan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan yang dimaksud adalah ikan bandeng segar.

Sementara bahan pelengkapnya adalah bawang merah, bawang putih, air jeruk nipis, ketumbar, kunyit, jahe, margarin, kecap manis serta garam.

– Cara membuat bandeng bakar marunda

Cara membuatnya mirip seperti Anda membuat sate atau membakar ikan pada umumnya. bahan-bahan yang disebutkan di atas perlu dihaluskan semuanya. Kemudian campur menjadi satu.

Kemudian ikan bandengnya perlu dibersihkan. Buanglah bagian isi perut, kemudian cuci ikan sampai bersih. Baru setelah itu, lumuri ikan dengan bumbu yang telah Anda buat tadi.

Setelah pelumuran ikan, langkah selanjutnya adalah membakar ikan. Sambil membakar ikan, Anda juga bisa mengoleskan bumbu sisa dengan margarin. Bolak-balik ikan sampai menjadi ikan bakar yang matang.

– Cara membuat sambalnya

Nikmatnya ikan bakar tentu tidak bisa dilewatkan dengan adanya sambal. Sambal ini menjadi pendamping pas untuk ikan bakar. Maka dari itu, bandeng bakar di atas juga harus dilengkapi dengan sambal yang memadai.

Cara membuat sambalnya cukup mudah. Anda perlu menyediakan kecap manis serta cabe rawit yang dipotong-potong. Untuk urusan sedikit banyaknya cabe, Anda yang menentukannya.

Campurkan cabe dengan kecap. Kemudian sajikan di atas wadah kecil. Jika Anda ingin mengkonsumsi ikan, ikannya bisa dicelupkan dalam sambal tersebut.

Intinya, kelezatan Banding Bakar Marunda ini berasal dari rasa ikan yang enak, kemudian dipadukan dengan sambal yang agak pedas. Jika Anda ingin mencobanya, silahkan datang di Marunda atau bisa juga dengan membuatnya sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.