Legitnya Serabi Bogor Bikin Nagih, Penasaran Dengan Jajanan Khas Ini?

Serabi Bogor menjadi jajanan tradisional nusantara. Rasanya begitu nikmat. Membuat penikmatnya penasaran untuk terus menikmatinya. Sangat pas dinikmati saat Anda kursus bahasa Inggris.

Bogor terkenal dengan sejarah, juga tempat menariknya. Di lain sisi, bogor juga terkenal dengan kulinernya. Kuliner khas yang mirip dengan pancake ini bernama serabi.

BELI KURSUS, GRATIS KURSUS! Dan dapatkan hadiah merchandise menarik*. Buruan dapetin ▶ 💰 DISKON ◀ Belajar Inggris di EF English First. Belajar semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Dalam bahasa sunda, makanan ini dinamakan dengan surabi. Makna sura adalah besar. Kemungkinan makanan ini dinamakan dengan sebutan tersebut lantaran makanan tersebut muncul di perayaan-perayaan besar di masa lampau.

Salah satu perayaan besar yang biasanya memanfaatkan jajanan pasar tersebut adalah peringatan isra’ mi’raj. Ini adalah peringatan hari besar islam. Jatuhnya di bulan rojab, hari ke 27 di bulan hijriyah.

Sebelum mengulas mengenai nikmatnya kue tersebut, ada baiknya kenalan sedikit tentang asal usul Serabi Bogor ini. Seperti apa sejarahnya? Mari temukan jawabannya di bawah ini!

Sejarah Serabi Bogor

cdn1-a.production.liputan6.static6.com

Faktanya, tidak ada yang tahu dari mana asal usul kue tradisional ini. Buktinya, kue ini banyak tersebar di penjuru daerah. Diantaranya adalah bogor, bandung, bahkan solo yang juga tak kalah tenar dalam memperkenalkan jajanan khas ini.

Serabi sendiri diperkirakan lahir pada tahun 1923. Makanan ini dinobatkan sebagai jajanan khas di pulau jawa. Hal ini dikarenakan jajanan ini lebih banyak tersedia di pulau jawa, entah itu di jawa barat ataupun di jawa tengah.

Bentuknya mirip dengan martabak ukuran mini, yakni bundar. Ada juga yang mengatakan kalau serabi ini adalah jenis pancake. Tentunya pancake yang asli dibuat oleh masyarakat pribumi.

Bahan dasar untuk membuatnya adalah tepung beras. Tepung tersebut dibuat menjadi adonan. Setelah selesai dibuat adonan, tahap selanjutnya adalah proses pengolahan yang memanfaatkan cara tradisional.

Cara tradisional yang dimaksud adalah memanfaatkan bara api dalam proses pembakaran. Kemudian wadah untuk membuat pancake nusantara ini adalah tungku yang terbuat dari tanah liat. Tungku ini sebagai pencetak kue, sekaligus sebagai tempat pembakaran kue.

Dahulu surabi bogor ini biasanya dinikmati dengan kuah. Kuah yang dimaksud dinamakan sebagai kinca. Kinca ini adalah sejenis kuah, dibuat dari gula jawa yang telah dicairkan.

Kinca ini dibuat dan ditempatkan pada wadah yang berbeda. Ketika ingin mengkonsumsi serabi, Anda tinggal mengambil satu porsi serabi. Kemudian jangan lupa untuk mencelupkan serabi ke dalam kinca tersebut.

Selain pemanfaatan kinca, ada juga yang memanfaatkan taburan oncom. Oncom ditaburkan ke atas permukaan serabi. Sensasi rasa yang dihadirkan tentu saja rasa yang asin.

Sejauh ini, srabi bogor ini memiliki banyak varian. Varian ini hadir lantaran banyak pembuat yang melakukan sejumlah inovasi. Salah satunya adalah serabi duren yang menawarkan cita rasa legit.

Pemanfaatan rasa yang berbeda ini biasanya hadir dari penempatan topping serabi. Topping kue ini beraneka ragam. Diantaranya adalah memanfaatkan keju, kismis, irisan buah dan lain sebagainya.

Apapun topping yang ditempatkan di atas serabi, yang pasti serabi menghadirkan rasa yang nikmat. Bila Anda suka dengan cita rasa manis, pemanfaatan kinca sangat dibutuhkan. Berbeda jika Anda suka rasa asin, serabi dengan topping oncom bisa jadi pilihan.

Cara Pembuatan Serabi

img-global.cpcdn.com

Sebenarnya cara pembuatan serabi ini berbeda-beda di setiap daerah. Tentunya bahan utamanya juga akan beda. Namun hasilnya kurang lebih sama.

Di sini, kami akan tunjukkan bagaimana cara membuat kue serabi manis. Kue ini memanfaatkan kinca sebagai kuah. Nanti, serabi dicelupkan di dalam kuah sebelum dikonsumsi. Tanpa menunggu lagi, mari simak cara membuatnya di bawah ini!

– Bahan untuk membuat kue serabi

Bicara mengenai bahan, tentu ada dua bahan utama. Bahan utama untuk membuat kuenya adalah kelapa parut, air daun suji, garam, santan kelapa serta tepung beras.

Sementara bahan utama untuk membuat kinca/kuah manisnya adalah gula pasir. Di sini, Anda bisa menggunakan gula jawa. Selain itu, bahan pelengkapnya adalah daun pandan, gula merah, santan kelapa serta garam secukupnya.

– Cara membuat kue serabi

http://resephariini.com

Setelah menyediakan bahan-bahan secara menyeluruh, Anda bisa langsung membuatnya. Langsung saja campurkan tepung beras dengan kelapa parut. Jangan lupa tambahkan garam, lalu aduk sampai rata.

Langkah selanjutnya adalah merebus santan kelapa. Panaskan santan ini dengan api kecil saja. Baru setelah itu tuangkan rebusan santan ini ke dalam campuran tepung beras yang dibuat sebelumnya. Tuangkan sedikit demi sedikit sambil diaduk.

Tahap selanjutnya adalah menuangkan adonan tadi ke dalam cetakan tanah liat setelah dipanaskan. Tutup cetakan dan biarkan sampai matang. Pastikan pembakaran menggunakan bara api, jangan terlalu besar apinya. Barulah ketika matang, Anda bisa mengangkatnya.

Langkah terakhir adalah membuat kinca. Cara membuatnya cukup sederhana. Seluruh bahan pembuat kinca dicampur, kemudian direbus sampai gula encer, mirip kuah. Baru kemudian angkat dan sajikan di samping serabi yang telah jadi.

Demikianlah bagaimana cara Anda dalam membuat serabi. Bila ingin serabi yang rasanya legit, jangan lupa menambahkan kinca. Celupkan Serabi Bogor dengan kinca, dan rasakan nikmatnya serabi bersama keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.