Lamang Tapai Sajian Istimewa Untuk Berbuka Puasa

lamang tapai khas padang

Apa itu Belajar Online

Lamang Tapai utamanya memang disajikan sebagai menu berbuka puasa. Paduan rasa manis dan asam membuat suasana berbuka lebih istimewa. Meskipun begitu, umumnya sajian khas ini tetap tersedia di tiap harinya dan menjadi salah satu makanan hits nih. Nah, gamau kalah hits kan sama sajian satu ini? Yuk tingkatkan kemampuan bahasamu dengan kursus bahasa inggris atau bahasa lainnya.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan!

Nah, ternyata santapan Nusantara yang terbuat dari bahan dasar ketan ini merupakan hidangan yang berasal dari Sumbar, dan sering menjadi hidangan pembuka ketika berbuka puasa. Karena terbuat dari ketan, hidangan ini memberikan kesan mengenyangkan sehingga kamu tidak perlu mengkonsumsi makanan lainnya.

Nah, Apa Itu Lamang Tapai dan seperti apa bentuk hidangan ini? Yuk mengenal lebih dekat Lamang Tapai, dimulai dari gambaran hidangan dan cara pembuatannya berikut ini!

Gambaran Singkat Mengenai Lamang Tapai

Lamang Tapai atau dikenal juga dengan lamang tape, merupakan hidangan populer di tanah Minang. Masyarakat setempat menikmati sajian ini ketika berbuka puasa, atau kurang lebih pada pukul 6 sore hari.

Hidangan ini bisa dibilang spesial. Bagi masyarakat Minang, hidangan ini disajikan khusus untuk mengembalikan energi sehabis puasa. Persis seperti kolak di pulau Jawa yang biasa muncul di bulan Ramadan.

Namun lamang ini memiliki kelebihan. Apa itu? Yakni bisa dijadikan sebagai makanan utama. Secara, hidangan ini termasuk makanan padat yang mengenyangkan perut. Tenaga yang hilang sepanjang hari pun bisa langsung kembali dengan mengkonsumsi sajian ini.

Mengenai rasanya, cita rasanya lebih nikmat. Karena dipadukan dari rasa asam dan manis. Paduan rasa inilah yang membuat masyarakat setempat menyukainya. Sekilas, pengolahannya dilakukan dengan dua cara. Yakni dengan membuat lamang, serta membuat tapai secara terpisah. Sementara cara menyajikannya dilakukan secara bersamaan. Artinya, kedua jenis sajian ini dikombinasikan sehingga namanya menjadi lamang tape.

Sajian ini akan mudah dijumpai di bulan puasa. Namun tak jarang juga kamu bisa menemukannya tiap hari. Terutama di warung-warung yang menjajakan sajian khas ini. Nah, daerah yang banyak menyajikannya adalah di Sumatera Barat. Terutama kalau kamu datang ke kota Padang. Di Kota inilah, kamu akan lebih mudah menjumpainya.

Harganya cukup terjangkau. Satu porsinya dihargai sekitar 20-30 ribu rupiah. Kamu sudah bisa menikmatinya, bahkan rasa lapar akan hilang lantaran mengkonsumsi lamang ini. Ketika hendak berbuka, tak ada salahnya untuk memilih menu tersebut.

Proses Pengolahan Lamang Tapai

lamang tapai khas minang
Image Source: Liputan6[dot]com
Bagaimana caranya membuat lamang tape ini? Mungkin inilah yang kadang ditanyakan. Terutama Kamu yang memiliki kegemaran untuk membuat hidangan nusantara.

Cara membuatnya tidaklah sulit, hanya saja perlu kesabaran. Karena pengolahan panganan ini dilakukan secara terpisah. Yakni mengolah lamang dan mengolah tape. Keduanya dilakukan secara terpisah, dan waktu membuatnya berbeda-beda.

Khusus untuk pembuatan lamang hanya memakan waktu kurang lebih 1-2 jam. Tergantung api yang digunakannya. Sementara untuk pembuatan tapenya, kamu butuh waktu kurang lebih 2 harian.

Untuk membuat sajian ini, urutannya adalah membuat tapai terlebih dahulu. Tape ini berbahan dasar beras ketan hitam dan ragi. Jika kamu ingin membuatnya, siapkan bahan utamanya dan belilah beras ketan hitam yang kualitasnya bagus.

Membuat Tapai

Pengolahannya cukup memakan waktu. Diawali dengan mencuci beras ketan hitam, kemudian memasakny sampai matang. Baru setelah itu, ketan hitam yang sudah jadi ditaburi dengan ragi.

Ragi fungsinya untuk membuat ketan terfermentasi. Biasanya, ketan akan ditutup rapat dan disimpan di dalam wadah selama dua hari. Setelah itu, jadilah tape ketan hitam yang rasanya legit.

Kalau di Pulau Jawa, beras ketan yang sudah dinanak dibungkus dengan daun pisang agar menjadi tape. Istilahnya, ditum atau dipincuk. Baru kemudian disimpan di tempat yang tertutup selama beberapa hari.

Membuat Lamang

Setelah tapenya sudah jadi, langkah keduanya adalah membuat lamang. Bahan dasarnya adalah beras ketan dan santan. Beras ketan dicuci, dan nantinya akan dinanak menggunakan air santan.

Langkah pertamanya adalah menyiapkan bahan dan alat untuk membuat lamang. Peralatannya adalah bambu yang masih muda. Tentunya harus dibersihkan. Kemudian daun pisang.

Memasak Beras Ketan

Memasak beras ketan, dimulai dengan memasukkan daun pisang ke dalam ruas bambu muda. Baru kemudian masukkan beras ketan yang telah dicuci. Setelah itu, masukkan pula air santan kedalamnya. Tutup rapat bagian atasnya agar bisa matang.

Membakar Bambu

Perlu diperhatikan, gunakan api sedang saja. Tujuannya agar ruas bambu tidak terbakar, dan ketan bisa matang sempurna. Setelah beberapa menit, lamang bisa diangkat.
Mengenai penyajiannya, lamang tapai ini bisa disajikan bersama-sama. Maksudnya, lamang diaduk dengan tapenya. Baru kemudian dinikmati.

Selain itu, lamang ini bisa dipotong-potong terlebih dahulu. Setelah itu, tapenya disajikan disampingnya. Atau air tape diguyurkan di atas ketan. Jadilah, lamang tape yang rasanya lebih nikmat.

Nah, kalau kamu datang di Padang Sumatera Barat, cobalah sajian ini. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya kurang lebih 20-30 ribu rupiah.

Kesimpulannya, sajian khas ini merupakan bentuk perpaduan dua jenis makanan yang punya cita rasa berbeda. Yaitu tape dengan rasa asam, dan ketan yang biasanya memiliki rasa manis. Jadi, tertarik untuk mencicipi Lamang tapai?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *